Java Summer Camp 2018 Kenalkan Pariwisata Sleman ke Internasional

6 min read
0
135

“Kami ingin pariwisata Sleman naik ke level Internasional”, terang Shavitri Nurmala Dewi, Kepala Bagian Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Sleman saat ditemui ditengah kesibukannya mempersiapkan Java Summer Camp 2018. “Indonesia nggak ada Summer, yang punya kebiasaan Summer Camp adalah Eropa, Amerika dan Australia. Harapan kami, mereka menghabiskan liburan dengan cara nge-camp di Jogja karena mereka familiar dengan konsep Summer Camp”.

Java Summer Camp merupakan salah satu event tahunan dari Dinas Pariwisata Sleman dalam rangka mencapai target 7.650.000 wisatawan nusantara dan 350.000 wisatawan mancanegara. Seperti diketahui, tahun ini Java Summer Camp memasuki tahun ke-7. Acara yang akan berlangsung 31 Agustus – 2 September 2018 ini diselenggarakan di bumi perkemahan Candi Prambanan.

Lebih dari 250 peserta dari seluruh dunia akan mengikuti kegiatan Java Summer Camp 2018 yang berlangsung selama 3 (tiga) hari. Anak-anak muda berusia 18-25 tahun, berpikiran terbuka, mencintai alam dan tertarik mempelajari budaya baru merupakan target Java Summer Camp.

“Dalam Java Summer Camp diharapkan ada interaksi antara mahasiswa Indonesia dan asing, saling bertukar potensi wisata dan kebudayaan masing-masing, juga belajar banyak pengetahuan serta wawasan dalam dunia pariwisata”, jelas Sudarningsih, Kepala Dinas Pariwisata Sleman.

Peserta yang datang dari Jakarta, Solo, Jogja, Batam, Papua, Australia, Rwanda, Jerman bakal berbagi pengalaman seru seperti cultural learning, workshop fotografi, workshop menulis, field visit, dan ancient trip, menonton Ramayana Ballet yang spektakuler selama di Java Summer Camp 2018.

“Kami selalu punya thema yang berbeda. Thema tahun ini adalah Explore The Amazing Sleman”, tegas Shavitri Nurmala Dewi.”Peserta Java Summer Camp 2018 akan diajak mengexplore destinasi wisata baru yang sedang naik daun di Sleman, yaitu Studio Alam Gamplong dan Lava Bantal”.

Seperti diketahui, studio alam Gamplong merupakan lokasi syuting film “Sultan Agung The Untold Love Story” yang di sutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dimainkan oleh artis-artis terkenal seperti Ario Bayu, Andinia Wirasti, Putri Marino, Lukman Sardi, Anindya Kusuma Putri, serta Christine Hakim.

Studio alam seluas 2 hektar ini dibangun atas dukungan dana dari Mooryati Soedibyo Cinema (MSC) di desa Sumberrahayu Kecamatan Moyudan, Sleman dan diresmikan oleh Presiden Jokowi 15 Juli 2018 yang lalu. Studio alam Gamplong langsung mencuat menjadi destinasi wisata di DIY karena memiliki banyak sekali spot instagramble seperti Pendapa Keraton Mataram, Benteng VOC, Kantor VOC, Kampung Pecinan, Kampung Mataram, Sungai Ciliwung, Jembatan Intan dan Pasar Mataram.

Sedangkan Lava Bantal merupakan kawasan geo heritage andalan Kabupaten Sleman. Kawasan yang 60 juta tahun lalu ini diperkirakan terbentuk karena lahar yang keluar dari gunung api bawah laut. Lahar panas yang berkontak langsung dengan air dingin menyebabkan mineralnya mengalami pembekuan yang membentuk geometri mirip tumpukan bantal.

Wisata Lava Bantal masuk menjadi salah satu nominasi di kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018.

“Tahun lalu, Tebing Breksi Sleman menjadi juara dalam kategori yang sama, yaitu Tujuan Wisata Baru Terpopuler”, terang Shavitri Nurmala Dewi. “Tahun ini kami berharap Sleman menjadi juara lagi. Event Java Summer Camp sekaligus upaya kami memperkenalkan destinasi baru ke wisatawan yang lebih luas”.

“Pariwisata memberi kontribusi sebesar 33,79% ke PAD Sleman di tahun 2017”, ujar Sudarningsih. “Setiap tahun kami berupaya membuat event-event unggulan yang bisa membuat wisatawan tinggal lebih lama di Sleman, salah satunya Java Summer Camp”.

Ini senada dengan pernyataan Mentri Pariwisata Arief Yahya dalam Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah yang di selenggarakan 27 – 30 Agustus 2018 di Hotel Ambarukmo, Yogyakarta. “Pariwisata adalah pilihan yang tepat untuk memperkuat ekonomi Indonesia, di mana pariwisata mampu meningkatkan cadangan devisa negara secara cepat”, tegas pak Menpar.

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In News