Home Destinasi Digital Jagongan Destinasi Digital Pasar Kakilangit

Jagongan Destinasi Digital Pasar Kakilangit

6 menit waktu baca
184

Pernah terbayang untuk menikmati suasana Pasar Kakilangit di sore hari yang hangat? Tenang, impian tersebut akan bisa dirasakan dalam waktu dekat kok. Sebab, pada 31 Juli 2018 nanti, Pasar Kakilangit akan buka di kala senja dalam acara “Jagongan Destinasi Digital Pasar Kakilangit” mulai pukul 14.00 – 18.00 WIB. Menteri Pariwisata Arief Yahya juga dijadwalkan akan ikut meramaikan gelaran yang spesial ini dengan menjadi tamu utamanya.

Sejak dibuka pada Desember 2017 lalu, bisa dibilang Pasar Kakilangit cukup sukses dalam mencuri perhatian masyarakat, utamanya masyarakat yang datang ke Jogja untuk berlibur. Destinasi digital binaan Komunitas GenPI Jogja ini berhasil memberi warna baru bagi kawasan wisata di sekitar Mangunan, Imogiri.

Setiap akhir pekan, Pasar Kakilangit akan ramai dengan para pengunjung yang bertandang; entah untuk sekadar mencicipi kuliner tradisional ataupun sambil menyaksikan atraksi budaya yang sedang digelar di panggung keseniannya. Suasana pagi hari yang dingin serta sambutan ramah para pedagang dari masyarakat sekitar membuat kita merasa senyaman di rumah sendiri.

Nah, di gelaran khusus yang akan digelar senja hari nanti, para pengunjung akan dimanjakan dengan penampilan dari Kesenian Karawitan dan Gejog Lesung yang dimainkan langsung oleh simbah-simbah penduduk setempat. Kabarnya, Keroncong Sorlem dari Komunitas Kerontjong Muda pun akan ikut menyemarakkan acara dengan permainan langgam keroncong asli serta langgam keroncong pop yang bikin penasaran.

Kegiatan Jagongan yang didukung oleh Dinas Pariwisata DIY serta Desa Wisata Kakilangit ini nanti juga akan dimeriahkan dengan tari flashmob untuk menyambut datangnya Asian Games 2018. Setidaknya, flashmob ini akan diikuti oleh sekitar 50 orang yang diantaranya ada Dimas-Diajeng & Koko-Cici se-DIY, anggota GenPI Jogja serta masyarakat sekitar. Ramai sekali, bukan?

Keterlibatan banyak pihak dalam penyelenggaraan yang spesial ini terjadi berkat Tim Pasar Kakilangit yang semakin dikenal dan terus melakukan inovasi. Bahkan, komunitas Jogja Automotive Club (JAC) juga tertarik untuk melepas bibit ikan nila di sungai kecil yang berada dekat dengan lokasi pasar.

“Memang saya selalu berpesan kepada teman-teman GenPI agar selalu inovatif dan selalu fresh dalam menyelenggarakan kegiatan aktivasi komunitas”, ujar Menpar Arief Yahya. Dimana kemudian kalimat ini menjadi pegangan bagi pengurus destinasi digital Pasar Kakilangit yang selalu berusaha menyajikan ide-ide segar dalam setiap penyelenggaraannya.

Tidak heran jika kemudian segenap pengurus pasar bersama warga setempat menghadirkan wajah baru di Pasar Kakilangit. Pasar ini menjadi terlihat lebih seru dengan adanya penempatan panggung yang lebih luas serta dipasangnya beberapa tempat duduk baru yang bisa menampung lebih banyak pengunjung.

Selain itu, perbedaan lain yang cukup mencolok adalah dipasangnya spot foto di beberapa titik dengan berbagai jenisnya. Dengan spot foto baru ini, para pengunjung tidak perlu bingung lagi ketika mencari lokasi terbaik untuk mengabadikan momen dan membagikan kebahagiaan selama berada di Pasar Kakilangit ke teman-teman terdekat.

Hadirnya wajah baru di Pasar Kakilangit ini juga menjadi penanda bahwa sekarang lokasi tersebut tidak hanya terbatas pada rutinitas pasar di tiap akhir pekan saja, akan tetapi juga bisa digunakan untuk agenda lain seperti outbond wisata edukasi, maupun kegiatan sejenis lainnya. Sehingga dengan ini pula, Pasar Kakilangit membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi semua pihak yang ingin bekerja sama dan mengadakan kegiatan di sekitar lokasi Desa Wisata Kakilangit.

“Harapannya dengan wajah baru dapat memberikan angin segar bagi banyak pihak. Orang-orang khususnya generasi milenial lebih tertarik lagi untuk berkunjung ke Pasar Kakilangit, yang pada akhirnya juga akan berdampak pada ekonomi masyarakat di sekitarnya”, begitu kata Reza Rizky selaku lurah online Pasar Kakilangit.

Ini adalah bukti keseriusan Pasar Kakilangit untuk memastikan kita mendapatkan pengalaman terbaik ketika menyambanginya. Serius nih kamu mau melewatkannya begitu saja? Yuk, main-main lagi ke sini. Sampai jumpa di Jagongan Destinasi Digital Pasar Kakilangit nanti ya!

Muat Lagi Dari Pandu Rijal
Muat Lebih Banyak Di Destinasi Digital