Ini Dia, Satu-Satunya Maskapai Direct Flight Makassar – Kulon Progo

9 min read
0
22

genpijogja.com – PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan bahwa maskapai Lion Air mulai 23 Juli 2019 Sultan Hasanuddin Airport (UPG) di Ujung Pandang (Makassar) membuka rute baru tujuan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo.

Rute penerbangan baru Lion Air dari Makassar menuju Kulon Progo dan sebaliknya saat ini baru dilayani sekali penerbangan dalam satu hari. Penerbangan perdana rute Makassar – Kulon Progo – Makassar ditandai dengan pesawat bernomor penerbangan JT-643 yang lepas landas dari Sultan Hasanuddin Airport (UPG) di Ujung Pandang (Makassar) pada pukul 08.35 WITA dan mendarat di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo pukul 09.35 WIB.

Baca juga: Ingin Menjelajah Palangkaraya? Batik Air Buka Rute Direct Flight dari YIA
Asik! Lion Air Buka Rute Kulon Progo Tarakan Mulai 25 September
Asik! Lion Air Buka Rute Makassar ke Kulon Progo Mulai 23 Juli 2019

Corporate Communiation Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menyampaikan bahwa Lion Air menjadi maskapai pertama dan satu-satunya maskapai domestik yang saat ini menghubungkan Sultan Hasanuddin Airport (UPG) di Ujung Pandang (Makassar) dengan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo.

Pada penerbangan perdana tersebut, Lion Air menggunakan pesawat Boeing 737-800NG berkapasitas 189 kursi kelas ekonomi. Untuk penerbangan Kulon Progo-Makassar dilayani Lion Air pukul 10.00 WIB dan jadwal tiba di Makassar pada pukul 12.55 WITA. “Penerbangan efektif mulai 24 Juli 2019 dan seterusnya sesuai jadwal yang ditetapkan seperti penerbangan perdana”, ujar Danang dalam siaran pers resmi Lion Air.

Untuk koneksi penerbangan lebih banyak lagi dari Makassar, Lion Air melayani sejumlah rute ke wilayah Indonesia Timur. Wilayah tersebut antara lain Batulicin, Bau-Bau, Bima, Luwuk, Mamuju, Palangkaraya, Palopo, Poso, Raha, Selayar dan Wangi-Wangi.

Setelah itu, tersedia lanjutan penerbangan ke Ambon, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Gorontalo, Jayapura, Kendari, Manokwari, Merauke, Palu, Sorong, Ternate, Manado, Lombok, Pontianak dan Tarakan.

Baca juga: Berencana Liburan Ke Samarinda? Ada Direct Flight Dari YIA
Lion Air Direct Flight Ujung Pandang ke Yogyakarta Internasional Airport
Lion Air Direct Flight Ujung Pandang ke Yogyakarta Internasional Airport

Dalam laman resmi Lion Air tertera harga tiket pesawat dari Sultan Hasanuddin Airport (UPG) di Ujung Pandang (Makassar) menuju Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo tanggal 16 Desember 2019, book tanggal 9 Oktober 2019.

Tiket Promo: Sold Out
Kelas Ekonomi: Rp1.039.100
Kelas Bisnis: Sold Out

Baca juga: Lion Air Buka Rute Baru Medan Kulon Progo Per 25 September, Ini Harga Tiket Promonya!
Lion Air Direct Flight Yogyakarta Internasional Airport ke Ujung Pandang
Lion Air Direct Flight Yogyakarta Internasional Airport ke Ujung Pandang

Sedangkan harga tiket pesawat dari Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo menuju Sultan Hasanuddin Airport (UPG) di Ujung Pandang (Makassar) tanggal 16 Desember 2019, book tanggal 9 Oktober 2019.

Tiket Promo: Sold Out
Kelas Ekonomi: Rp1.024.100
Kelas Bisnis: Sold Out

Pembukaan rute baru Makassar – Kulon Progo ditandai dengan inaugural flight dari Makassar ke Kulon Progo. Tiba di YIA, pesawat disambut dengan prosesi seremoni water salute dan pengalungan bunga untuk penumpang oleh pengelola bandara.

“Selain membuka akses alternatif menuju Yogyakarta, pembukaan rute baru ini meningkatkan potensi trafik wisatawan ke destinasi wisata di wilayah Jawa bagian Selatan dan berpotensi mendongkrak perekonomian Yogyakarta dan Jawa bagian Selatan”, jelas Faik Fahmi Direktur Utama PT Angkasa Pura I dalam siaran pers resmi.

Tambahan informasi, sejak awal beroperasi pada 6 Mei hingga 23 Juli 2019, YIA telah melayani 52.567 penumpang. Dengan rute baru ini, maka jumlah penerbangan di YIA saat ini ada 10 penerbangan per hari dengan kapasitas sekitar 1.100-an kursi per hari.

10 penerbangan tersebut adalah Batik Air dengan rute Cengkareng-Kulon Progo- Cengkareng (CGK-YIA-CGK), Citilink dengan rute Halim-Kulon Progo-Halim (HLP-YIA-HLP), Batik Air dengan rute Palangkaraya-Kulon Progo-Palangkaraya (PKY-YIA-PKY), Lion Air dengan rute Makassar-Kulon Progo-Makassar (UPG-YIA-UPG) dan Batik Air dengan rute Kulon Progo-Samarinda-Kulon Progo (YIA-AAP-YIA).

“Dengan dibukanya rute baru Makassar – Kulonprogo–Makassar, Lion Air menawarkan alternatif baru dalam bepergian serta berharap dapat membantu menyediakan berbagai pilihan layanan penerbangan untuk mendukung mobilitas travelers”, ungkap Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro.

Menurut Danang, pilihan perjalanan menuju Yogyakarta melalui Kulonprogo akan melengkapi jaringan Lion Air ke Yogyakarta. Saat ini maskapai memiliki dua frekuensi terbang pergi pulang ke Adisutjipto Internasional Airport (JOG) dari Sultan Hasanuddin Internasional Airport (UPG).

Rute baru yang terhubung dengan bandar udara baru YIA merupakan salah satu langkah strategis Lion Air dalam mengembangkan bisnis, memperkuat network, memperluas pasar dan upaya menjawab permintaan perjalanan dari Kulonprogo dan sekitar serta Makassar dan sekitar. Jaringan di kedua kota juga bagian upaya mendukung program pemerintah guna meningkatkan pengembangan pariwisata nasional dan pemerataan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Sulawesi Selatan memiliki sejumlah spot populer antara lain Pantai Losari dan Trans Studio. Untuk kuliner bisa cicipi Coto Makassar, Sop Konro, Pallubasa dan Sop Saudara. Sulawesi Selatan juga memiliki wisata bahari, seperti di Kanipang dan Pinrang.

“Gowa menyuguhkan air terjun Leang Pa’niki, sedangkan pemandangan aliran air di atas bebatuan ditemukan di Kabupaten Barru. Sensasi lainnya, meniti jembatan gantung Helena Sky Bridge di Taman Nasional Bantimurung”, lanjut Danang.

Beranjak dari Sulawesi Selatan, travelers wajib menambahkan pengalaman di Kabupaten Kulonprogo yang memiliki destinasi wisata istimewa antara lain Kalibiru dengan view point pohon pinus sambil menunggu sunset, Gunung Ijo puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh dengan panorama dari ketinggian sekitar 1.000 mdpl.

Mengusung “Kulonprogo the Jewel of Java”, kabupaten ini juga menyuguhkan hutan bakau, Puncak Suroloyo, Waduk Mini Kleco dan Embung Banjaroya Kalibawang.

Pecinta kuliner bakal disuguhkan geblek, jajanan tradisional khas terbuat dari tepung kanji, bawang putih dan garam growol. Makanan lezat ini dicampur parutan kelapa dinikmati sembari minum teh sangrai beraroma sangit yang konon berhasil membuat orang ingin kembali.

Penasaran dengan destinasi wisata di Sulawesi Selatan dan Kulonprogo yang luar biasa? Segera jelajahi keduanya karena Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group telah membuka penerbangan baru Makassar ke Kulonprogo.

Baca juga artikel terkait Tips Traveling atau tulisan menarik lainnya pacarkecilku.
Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In Tips Traveling