Home Destinasi Wisata Ingin Traveling Hemat dan Bumi Selamat? Bisa dong!

Ingin Traveling Hemat dan Bumi Selamat? Bisa dong!

6 menit waktu baca
48

Melakukan perjalanan kini bukan lagi hal yang mahal bagi kantong pelajar. Buktinya menurut sebuah penelitian, dalam 20 tahun terakhir tren berlibur bukan lagi milik mereka yang ada di usia dewasa tetapi berpindah ke anak-anak muda.

Ada banyak cara yang bisa disiasati untuk bersenang-senang selama perjalanan hingga ke tempat tujuan. Kamu yang saat ini berusia 18 – 25 tahun dan mau liburan berbagai tempat mungkin perlu menerapkan beberapa cara di bawah ini untuk menghemat dana yang kamu miliki.

Beberapa cara ini juga menjadi langkah menjaga bumi, lho.

Cari Teman Seperjalanan

Foto di ambil dari pinterest
Foto di ambil dari pinterest

Liburan sendiri memang terlihat lebih bebas dan tak terikat pada orang lain, tapi kalau tempat itu baru sekali kamu kunjungi tak ada salahnya pergi bersama teman. Teman di sini bukan hanya sahabat-sahabat yang kita kenal bertahun-tahun atau teman kuliah yang kadang tak sepaham, ya. Kamu bisa memulai mencari teman baru melalui platform jejaring sosial sesuai kebutuhanmu.

Kamu dan teman-temanmu bisa berbicara banyak hal selama berjam-jam di atas transportasi umum untuk membunuh waktu yang cukup lama. Jika kamu berniat menyewa kendaraan, teman seperjalanan tentu saja juga menguntungkan. Kalian bisa membagi biaya sewa, tol, bensin, hingga parkir. Lebih hemat bukan? Tentu saja, ini juga akan mengurangi jejeak karbon yang harus kamu tinggalkan.

Sampai di tempat tujuan, kamu bisa mencari teman yang menetap di tempat itu. Kirimlah kabar atau mulai lah berkenalan, siapa tahu kamu jadi punya pengalaman liburan yang lebih dekat dengan warga lokal.

Kalau kamu beruntung, kamu mungkin diizinkan menginap di tempatnya secara cuma-cuma. Jika pergimu memang sudah dalam rombongan, kamu bisa menyiasatinya dengan menyewa kamar di hostel yang berisi banyak tempat tidur agar tak terpisah dan bisa lanjut bercerita atau menyususn rencana hingga pagi buta.

Beli dan bawa yang dibutuhkan

Young man in supermarket comparing bottles of oil, rear view, close-up
Young man in supermarket comparing bottles of oil, rear view, close-up

Urusan berpergian dan jauh dari rumah tentu akan membuat kita lebih waspada kan? Biasanya ini tejadi saat kita berkemas hingga sebelum perjalanan. Rasanya semua hal ingin dibawa atau dibeli, padahal sampai pulang beberapa benda tak tersentuh sama sekali. Hayo, siapa yang begini?

Mulai saat ini rutinlah membuat daftar barang yang harus dibeli sebelum pergi. Melalui cara ini, kamu bisa jelas melihat semua barang yang akan kamu jejalkan di dalam ransel. Sayang lho pundak dan tanganmu jika harus menanggung beban benda-benda yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan selama perjalanan.

Kamu kan mau bersenang-senang. Setiap kali membeli sesuatu, perhatikanlah apakah benda tersebut multifungsi dan sesuai dengan kegiatanmu. Hal ini bukan hanya akan meringankan isi tasmu tetapi juga mengurangi sampah plasti dari setiap kemasan yang kamu beli.

Jangan Lupa Tempat Minum Kesayangan

Foto di ambil dari pinterest
Foto di ambil dari pinterest

Jika tujuan liburanmu amsih di tempat-tempat tropis seperti Indonesia kamu pasti paham betapa berlimpahnya sinar matahari. Seharian berkeliling kota atau menjelajah hutan tentu saja akan membuatmu mudah dehidrasi jika tidak diimbangi dengan air minum yang cukup.

Eits tunggu dulu, sebelum kamu membeli air minum kemasan ada baiknya kamu persiapkan botol minummu sendiri sebelum berangkat. Ini tentu akan jauh lebih murah, apalagi beberapa pedagang di tempat wisata masih kerap kali melambungkan harga minuman menjadi tidak terkira.

Kebiasaan ini bukan lagi hal tabu atau kekanak-kanakan, buktinya beragam model dan desain botol minum kini justru dikhususkan untuk pengguna dewasa. Saat ini, berbagai jenis penginapan pun mendukung treveler yang membawa botol sendiri dengan menyediakan dispenser untuk para tamunya mengisi ulang air minum mereka.

Jika kebetulan di hotel tempatmu menginap tak ada, kamu bisa membeli air minum kemasan ukuran paling besar sekalian. Lalu kamu tuangkan ke botol minum kesayanganmu agar tidak berat dibawa.

Muat Lagi Dari rizkaita
Muat Lebih Banyak Di Destinasi Wisata