Hadiah Spesial Hari Pahlawan: KMT Terintegrasi untuk Pembayaran Tiket Bus Trans Jogja

5 min read
1
62

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2022, Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter bersama Pemerintah Daerah (Pemda) DIY melalui Dinas Perhubungan DIY dan PT Anindya Mitra Internasional (operator bus Trans Jogja) melakukan kolaborasi integrasi pembayaran pada moda angkutan publik di wilayah Yogyakarta. Mulai hari ini, Kamis (10/11) Kartu Multi Trip (KMT) dari KAI Commuter sudah dapat digunakan untuk transaksi pembayaran tiket bus Trans Jogja.

20221110_103656

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, mengatakan dengan adanya KMT dapat memudahkan penumpang moda transportasi publik di DIY dan sekitarnya. Menurut Made, kemudahan akses diharapkan memacu masyarakat untuk menggunakan transportasi umum untuk mobilitasnya.

“Kami akan usahakan agar bisa naik langsung dari halte di stasiun Yogyakarta. Penggunaan angkuta  masal harus menjadi sesuatu yang kita utamakan,” ungkapnya saat peluncuran di Loko Coffee Shop Malioboro.

20221110_105256

Dengan KMT, masyarakat dan para pelajar dapat langsung mengakses bus Trans Jogja tanpa harus berganti-ganti alat pembayaran lagi.

Wawan Ariyanto, Direktur Operasi dan Pemasaran KAI Commuter menambahkan, kerja sama ini tentu menjadi hal yang dapat memudahkan pergerakan mereka. Apalagi nantinya jika Trans Jogja bisa memiliki halte di stasiun.

“Ini akan sangat memudahkan bagi penumpang, turun bus ada KRL begitu pula turun KRL bisa langsung naik bus. Kami mendukung penggunaan angkutan umum yang lebih maju, untuk mengurangi limbah karbon,” ungkap beliau.

Pembelian KMT seharga Rp30.000 dengan saldo Rp10.000 dapat dilakukan di seluruh loket KAI Commuter yang berada di wilayah Daop 6 Yogyakarta, di antaranya Kutoarjo, Wates, Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Solo Balapan dan beberapa stasiun KRL/Prameks lainnya.

IMG-20221110-WA0015

Dengan menggunakan KMT, masyarakat cukup membayar Rp2.700 saja. Sedangakan untuk para pelajar, terdapat harga khusus, Rp60 untuk setiap perjalanannya. Cara penggunaannya cukup mudah. KMT hanya perlu ditempelkan pada alat penjualan tiket yang berada di halte atau di bus Trans Jogja, otomatis saldo KMT akan terpotong sesuai dengan harga tiket bus Trans Jogja.

“Kartu ini dapat dimanfaatkan dari Kutoarjo sampai dengan Palur, kemudian dari Pakem hingga Palbapang. Khusus untuk p<span;>elajar tarifnya hanya Rp60 untuk setiap perjalanan. Ini tentu sangat murah. Kami minta, cetak sebanyak-banyaknya untuk memudahkan untuk mendapatkan. Siapa saja yang mau naik transportasi umum harus dipermudah,” pungkas Huda Tri Yudiana, Wakil Ketua DPRD DIY, yang juga turut hadir dalam peresmian tersebut.

Dengan 17 koridor, Trans Jogja dapat melayani masyarakat dengan jam operasional mulai dari jam 06.00 sampai dengan 19.00 WIB. Selain itu, Trans Jogja juga memiliki 117 halte yang tersebar di berbagai wilayah Yogyakarta dan 128 armada bus. Penumpang cukup membawa KMT ke halte, kemudian petugas akan membantu proses pembayaran tiket bus dengan KMT.

Untuk KRL, PT KAI Commuter mengoperasikan 20 perjalanan pada hari kerja dan perjalanan akan ditambah pada saat week end dan hari libur hingga 24 kali perjalanan.

Selain Yogyakarta, masyarakat dapat menggunakan KRL untuk menjangkau wilayah Klaten, Sukoharjo, Solo, dan yang terbaru perjalanan KRL Jogja-Solo sudah menjangkau hingga stasiun Palur di Karanganyar.

KRL yang sudah memasuki tahun kedua di wilayah Daop 6, selain berkolaborasi antar moda di Yogyakarta, KAI Commuter juga berharap dapat melakukan hal yang sama untuk transportasi umum lainnya di wilayah Solo. Harapannya adalah agar menarik lebih banyak lagi minat masyarakat untuk menngunakan fasilitas transportasi publik untuk menunjang aktivitas kesehariannya.

Load More Related Articles
Load More By Dewangga Liem
Load More In Destinasi Wisata