Gurih Segar Bebek Goreng & Nasi Rawon Bu Sudi Gejayan

6 min read
0
52

genpijogja.com – Setelah lelah berkeliling bersama kawan di sepanjang Jalan Affandi Gejayan, tiba-tiba ada warung yang menarik hati saya, namanya Bebek Goreng Nasi Rawon dan Nasi Pecel Bu Sudi.

Berlokasi tak jauh dari kampus UNY, posisi warung di tepi jalan, sekitar 100 meter ke utara dari Gang Guru atau tepatnya samping Yellow Star Hotel.

Kalian wajib pelan-pelan jika mencari warung Bebek Goreng Nasi Rawon dan Nasi Pecel Bu Sudi, meleng sedikit bisa terlewat. Warung Bebek Goreng Nasi Rawon dan Nasi Pecel Bu Sudi sederhana, warungnya tidak terlalu besar.

WhatsApp Image 2021-04-25 at 09.22.43

 

Tepat di muka warung terdapat spanduk Bebek Goreng Nasi Rawon & Nasi Pecel Bu Sudi berwarna hijau dan kuning. Kemudian di bawahnya ada gerobak untuk meracik masakan.

Sebenarnya saya ingin mencoba menu pecel di warung Bebek Goreng Nasi Rawon & Nasi Pecel Bu Sudi, tapi karena harus menunggu beberapa waktu, saya putuskan untuk memesan bebek goreng, nasi rawon, es teh dan teh panas.  Di warung ini kalian bisa memilih bagian bebek yang kalian suka.

Di dalam warung Bebek Goreng Nasi Rawon & Nasi Pecel Bu Sudi terdapat sederet kursi, meja panjang dan televisi untuk sekedar menghibur pembeli.

Sembari menunggu menu yang saya pesan jadi, kawan saya ternyata tertarik dengan gosip yang ditayangkan di televisi. Sayang, sore itu begitu ramai, kendaraan lalu lalang di depan warung sehingga suara televisi sedikit terganggu.

Menu gosip teralihkan dengan datangnya sepiring bebek goreng dengan nasi hangat, dua iris tempe goreng, sambal dan lalapan. Nasi rawon pun datang juga lengkap bersama dua iris tempe goreng, kerupuk udang dan sambal terasi.

Gurih Segar Bebek Goreng & Nasi Rawon Bu Sudi Gejayan

Kawan saya langsung melahap bebek goreng Bu Sudi dengan lahap. Saya lirik menanyakan bagaimana rasanya.

“Bebek gorengnya gurih, empuk, gak ada amisnya. Eh, ini apaan sih yang dekat sambal?” tanyanya penasaran.

Si ibu penjaga warung menjelaskan bahwa bumbu tersebut adalah rempah-rempah khas dengan sambal. Inilah khasnya Bebek Goreng Nasi Rawon & Nasi Pecel Bu Sudi. Sedangkan di depan saya ada rawon daging berkuah hitam tidak terlalu pekat. Ahh… tak sabar mencoba rasanya.

Segera, sendokan pertama kuah rawon bersama daging saya santap. Cocok di lidah saya. Rasa dan warnanya pun sesuai, hitam manis. Hmm… nikmat sekali.

Tauge mentah saya masukkan ke mangkok kuah rawon, tak lupa irisan telur asin dan sepiring nasi putih hangat. Rasa manis dari kuah rawon perlahan menyatu dengan gurih asin telur asin.

Seporsi bebek goreng termasuk minuman di warung Bebek Goreng Nasi Rawon & Nasi Pecel Bu Sudi dibandrol dengan harga Rp31.000 sedangkan untuk seporsi nasi rawon seharga Rp26.000. Cukup terjangkau, bukan?

Gurih Segar Bebek Goreng & Nasi Rawon Bu Sudi Gejayan

 

Dari cerita ibu penjaga warung Bebek Goreng Nasi Rawon & Nasi Pecel Bu Sudi, pemilik warung adalah orang Surabaya. Namanya Bu Harmi dan Pak Agung.

Sedangkan Bu Sudi yang menjadi nama warung adalah nama ibu mertua dari pasangan suami istri Bu Harmi dan Pak Agung. Warung Bebek Goreng Nasi Rawon & Nasi Pecel Bu Sudi ini ternyata sudah berdiri selama 2 (dua) tahun.

Bebek Goreng Nasi Rawon & Nasi Pecel Bu Sudi ini sangat laris di layanan online Go Food dan Grab Food. Jam operasional warung sebelum puasa, buka dari jam 7.00 hingga 24.00 WIB. Sedangkan saat puasa buka mulai pukul 9.00 WIB hingga habis.

Warung Bebek Goreng Nasi Rawon & Nasi Pecel Bu Sudi termasuk salah satu warung yang terkena dampak pandemi corona. Pelanggan warung yang kebanyakan mahasiswa dan tamu dari hotel di samping Warung Bebek Goreng Nasi Rawon & Nasi Pecel Bu Sudi.

“Terdampak, Mbak. Kalau malam, di sini biasanya ramai tamu-tamu dari hotel. Sekarang kan sepi”, ungkap ibu pejaga warung Bebek Goreng Nasi Rawon & Nasi Pecel Bu Sudi sembari memotong bawang merah.

Warung Bebek Goreng Nasi Rawon & Nasi Pecel Bu Sudi ini termasuk bersih. Sayangnya belum ada penanda untuk duduk jaga jarak di kursi-kursinya. Jadi jika kalian ingin makan di warung ini, harus tetap jaga jarak dengan sadar diri ya.

Tetap patuhi protokol kesehatan. Selamat makan!

Load More Related Articles
Load More By Sany Maya
Load More In Kuliner