Goenawan Mohamad dan Lamaran 50 Seniman dalam ARTJOG 2023

8 min read
0
39

genpijogja.com – Usung tema “Motif: Lamaran” ARTJOG kembali digelar di Jogja National Museum, Yogyakarta. Pameran yang melibatkan 73 seniman yang terdiri dari 51 seniman dewasa serta 22 seniman anak ini akan berlangsung mulai tanggal 30 Juni hingga 27 Agustus 2023.

Tahun ini, ARTJOG 2023 juga hadirkan program dan platform pendukung lainnya bagi publik seperti performa ARTJOG, Young Artist Award, ARTJOG Kids, Exhibition Tour, Meet The Artist, Artcare, dan Jogja Art Weeks.

Pemukulan saron oleh Heri Pemad, Hilmar Farid, dan Goenawan Mohamad menandai resminya pembukaan ARTJOG 2023 Jumat sore (30/6). Pembukaan ARTJOG dihadiri tamu undangan dari jajaran pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta, seniman, rekan dan kolega, pecinta seni, serta awak media yang disambut hangat oleh Heri Pemad selaku Direktur ARTJOG.

ARTJOG 2023-Opening Ceremony-Pemukulan saron penanda pembukaan ARTJOG 2023
ARTJOG 2023-Opening Ceremony-Pemukulan saron penanda pembukaan ARTJOG 2023

Dian Lakshmi Pratiwi, yang hadir mewakili Gubernur DIY, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan ARTJOG yang terus memberi inspirasi dan membangun perkembangan seni di tanah air, dan khususnya kemajuan kebudayaan Yogyakarta untuk Indonesia. ARTJOG, ujar Dian, mengambil peran aktif dalam memajukan ekonomi kreatif.

Dian juga menyampaikan pesan dari Gubernur yang berharap ARTJOG dapat terus eksis memberi semangat dan dampak karena kreativitas dan ide adalah aset dan modal yang penting.

Ada yang special di pembukaan ARTJOG tahun ini, yaitu kehadiran dari Budayawan Nasional: Goenawan Mohammad. Goenawan Mohammad atau yang sering disebut GM dalam sambutannya menceritakan betapa Yogyakarta sejak dulu merupakan Kota Budaya. Beliau merunut bagaimana majalah-majalah Budaya terlahir dari Rahim Yogyakarta yang kemudian tidak saja mewarnai alam kebudayaan Indonesia, tapi juga memberikan jalan bagi lahirnya proses kebudayaan itu sendiri.

Pembekalan wacana tentang kesenian dan kebudayaan juga turut menyambut ARTJOG 2023, dilanjutkan oleh Hilmar Farid, Ph.D. selaku Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Hilman menyampaikan orasi budaya yang sekaligus menjadi penanda resmi dibukanya gelaran ARTJOG 2023. Hilmar Farid menegaskan agar multiplying effect dari ARTJOG yang telah diungkapkan oleh Heri Pemad dapat diapresiasi secara proporsional terlebih oleh pemerintah, tidak hanya secara ekonomi tetapi juga dampaknya terhadap sosiokultural masyarakat. Bagaimana keterkaitan dunia seni dengan pendidikan kritis yang harus dimulai sejak usia dini. Pada akhirnya Hilmar mengajak semua komponen masyarakat pecinta seni yang hadir memulai gotong royong kebudayaan untuk Indonesia.

Pada gelaran ke-16 ini, ARTJOG kembali memberikan penghargaan kepada seniman muda melalui Young Artist Award (YAA) dengan dukungan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Provinsi DIY. YAA 2023 dianugerahkan kepada tiga seniman, yaitu Audya Amalia dengan karyanya Things Left Unsaid on the Edge of Her Fingers, Condro Priyoaji dengan karyanya Gelap di atas Gelap, dan Yosep Arizal dengan karyanya El Monstruo.

Pengumuman serta penyerahan hadiah dilakukan oleh Agung Kurniawan dan Sudjud Dartanto sebagai perwakilan Tim Juri YAA, bersama Dian Lakshmi Pratiwi, S. S., M.A., dan Tim Kurator ARTJOG.

Rangkaian pembukaan ini dilanjutkan dengan kunjungan ke ruang pamer. Selain menikmati beragam karya rupa, para tamu undangan juga disuguhi karya performance dari seniman partisipan: Mella Jaarsma, Yosef Arizal, serta Brahma Tirta Sari (Agus Ismoyo dan Nia Fliam).

Turut memeriahkan malam pembukaan, ARTJOG menghadirkan penampilan dari Saron Groove, Sri Panggung, dan Pulang x Prontaxan. Kemeriahan pembukaan ARTJOG 2023 masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan dan tentunya dapat dinikmati publik.

ARTJOG KIDS

ARTJOG 2023-Exhibition View-ARTJOG KIDS
ARTJOG 2023-Exhibition View-ARTJOG KIDS

Program ARTJOG Kids akan menampilkan sebuah pertunjukan kolaborasi dari seniman Erwin Windu Pranata dengan Rumah Belajar Ummasa dan MishaBaron berjudul The Bayan Tale pada Sabtu, 1 Juli 2023. Berikutnya mengawali performa ARTJOG pada 2 dan 3 Juli 2023 akan hadir sebuah pertunjukan silang-media oleh Garasi Performance Institute berjudul Waktu Batu. Rumah yang Terbakar.

ARTJOG Kids merupakan wadah yang memfasilitasi karya dan aktivitas anak-anak. Diluncurkan perdana pada tahun 2022, karya anak-anak dilibatkan sebagai bentuk inisiatif untuk mencapai tujuan kebersamaan dan kesetaraan yang diusung oleh ARTJOG.

Dengan perspektif unik tentang masalah budaya dan sosial, karya seni anak-anak seringkali menawarkan perspektif segar. Di saat yang bersamaan, karya tersebut berhasil menciptakan hubungan emosional yang mendalam dengan audiens, serta membuka dialog dan pertukaran dengan kelompok usia yang berbeda di ruang pamer.

ARTJOG 2023 secara khusus mengundang Mella Jaarsma sebagai Commissioned Artist. Mella dipilih dengan berbagai pertimbangan, terutama pada perkembangan

ARTJOG secara khusus juga mengundang Erwin Windu Pranata, seorang seniman asal Bandung, untuk membuat karya yang melibatkan anak-anak dalam proses dan presentasinya. Nuansa cerah khas anak-anak pada karyanya menjadi salah satu faktor pemilihan Erwin untuk menjadi bagian dari program ARTJOG Kids tahun ini. Erwin mengkhususkan diri pada berbagai media, terutama tiga dimensi yang menggunakan benda-benda temuan dan siap pakai serta memanfaatkan budaya populer sebagai subjek.

“The Bayan Tale” merupakan karya interaktif hasil kolaborasi bersama anak-anak dari Rumah Belajar Ummasa, Bandung yang merespon keberadaan pohon beringin. Pada area karya ini nantinya akan diadakan berbagai aktivitas yang melibatkan anak-anak.

Untuk mengunjungi pameran ARTJOG 2023, publik dapat membeli tiket seharga Rp75.000,00 bagi orang dewasa dan Rp50.000,00 untuk anak berusia 6-16 tahun. Sedangkan untuk anak-anak di bawah 6 tahun dibebaskan dari biaya tanda masuk.

Tiket pameran dapat diperoleh melalui pembelian langsung di lokasi setiap harinya pada jam operasional pukul 10.00 – 21.00 WIB. Informasi dan pendaftaran Program Publik ARTJOG 2023 dapat diakses melalui www.artjog.id.

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In Event