Genpi Jogja Launching Destinasi Digital Kedua di Ngingrong

5 min read
0
134
Launching Pasar Ngingrog
Launching Pasar Ngingrog

Yogyakarta adalah salah satu provinsi dengan jutaan destinasi wisata yang tersebar di setiap kabupaten/kota. Bagi pecinta pantai tentunya akan sangat familiar dengan Kebupaten Gunungkidul. Kabupaten yang memiliki makanan khas Tiwul ini juga mempunyai obyek wisata pantai yang sudah tersohor. Hampir setiap pantai di Gunungkidul pasti ramai dikunjungi wisatawan.

Destinasi Digital yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di antaranya Pasar Ngingrong, yang berlokasi di Geosite Ngingrong. Destinasi Digital merupakan produk pariwisata yang kreatif dan dikemas secara kekinian (zaman now). Jadi kehadiran salah satu Destinasi Digital di Gunungkidul ini diharapkann mampu mendongkrak kunjungan wisatwan, baik lokal maupun mancanegara.

Seperti diketahui, Pasar Ngingrong pernah dikunjungi oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya pada 31/7/2018. Dalam kesempatan tersebut Menpar Arief Yahya didampingi oleh Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono, Tenaga Ahli Bidang Nomadic Tourism Waizli Darwin, Ketua Tim Percepatan Wisata Desa Ria Ariani, dan Asdep Pengembangan Destinasi Regional 2 Reza Fahlevi, serta Direktur Badan Otorita Borobudur Indah Juanita.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Pariwisata menyatakan bahwa “harus tercipta kolaborasi dan sinergi antara pemerintah dan masyarakat pengelola wisata agar tercapai program kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019”. Maka diharapkan berbagai pihak yang terkait dapat bersatu padu untuk mensukseskan pembangunan Destinasi Digital tersebut.

Akhinya setelah melewati proses yang panjang dan melelahkan, Destinasi Digital Pasar Ngingrong pun akan diresmikan pada akhir pekan ini, yaitu Sabtu 8 September 2018. Rencananya pada peresmian ini akan hadir perwakilan dari Kementerian Pariwisata RI.  Rangkaian acara pun dipersiapkan untuk memeriahkan launching ini, di antaranya lomba kreativitas lapak serta lomba masakan.

Tak ketinggalan beragam pengisi acara mulai dari tari dan musik akustik akan ikut mensukseskan acara tersebut. Selain itu dalam rencananya akan diadakan juga lomba foto medsos yang bisa diikuti semua pengunjung. Tentunya akan disediakan hadiah menarik bagi pemenang. Sepertinya keinginan generasi milenial yang hobi “berbagi dan bercerita” di media sosial akan lebih tersalurkan dengan adanya acara tersebut.

Pasar ini menawarkan ragam menu kuliner yang spesial dan limited edition, karena mungkin hanya di pasar ini kalian akan mendapatkan menu kuliner tradisional namun lezat. Pasar Ngingrong sendiri hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu mulai jam 06.00 – 12.00 WIB, tapi pada akhir pekan ini spesial akan buka hingga malam, dan menunya akan lebih komplet karena akan ada Festival Kuliner Gunungkidul.

Seluruh lapisan masyarakat pun dilibatkan dalam acara tersebut, di antaranya komunitas serta lembaga, serta Dimas Diajeng Kabupaten, Dinas Pariwisata terkait. Acara ini dibuka untuk umum, jadi bagi yang ingin menjadi saksi launching Destinasi Digital Pasar Ngingrong, silakan datang pada Sabtu 8 September 2018 mulai jam 14.00 W!B. Serangkain kegiatan dan keseruan sudah siap menyambut kamu lho.

Diharapkan dengan adanya Destinasi Digital Pasar Ngingrong ini selain untuk meramaikan dan meningkatkan kunjungan ke daerah wisata, dapat juga menambah penghasilan bagi warga sekitar dengan cara ikut berdangang. Hal tersebut selaras dengan yang dikemukakan Menteri Desa (Mendes) Eko Putro Sandjojo yang menyatakan bahwa dengan pembangunan Destinasi Digital seperti ini dapat mempercepat pemerataan pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama di desa-desa, sehingga dapat meminimalisir arus urbanisasi yang selama ini masih menjadi fenomena hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Load More Related Articles
Load More By Rohmad Dangu Purwanto
Load More In Destinasi Digital