Frau Menenun Rindu di Balkonjazz Festival 2019

6 min read
0
48

genpijogja.com – Lama tidak terdengar kabarnya, Frau kembali tampil di atas panggung. Bersama beberapa band indie dari Jogja dan Bali, Frau memeriahkan panggung Balkonjazz Festival 2019, Sabtu (14/9) sore di Balkondes Tuksongo, Kabupaten Magelang.

Tampil sebagai musisi kedua di perhelatan Balkonjazz Festival 2019, Frau yang dimotori oleh Leilani Hermiasih atau yang dikenal dengan Lani dan keyboardnya yang diberi nama Oskar mengawali aksi panggung membawakan lagu berjudul I’m A Sir.

Baca juga: Warga Borobudur Bangga Rio Febrian Tampil di Balkonjazz Festival 2019
Frau Menenun Rindu di Balkonjazz Festival 2019
Frau Menenun Rindu di Balkonjazz Festival 2019 | Fotografer Zakaria Saputra

Lani yang tampil cantik dengan kebaya warna hijau dan rok hitam panjang. Bersama Oskar, Lani membuat penonton berdendang menikmati suaranya yang khas nan syahdu.

“Terima kasih sekali, akhirnya bisa ada di Balkonjazz 2019. Senang banget bisa bertemu semua penonton di Desa Tuksongo yang membanggakan saya” ucap Lani sambil tersenyum.

Penonton memberi tepuk tangan riuh saat Frau melanjutkan dengan lagu kedua berjudul Berdiri Aku. Lagu ini diciptakan oleh Lani tahun 2011 dan merupakan musikalisasi dari puisi berjudul sama karya milik Tengku Amir Hamzah.

Baca juga: Balkonjazz 2019: Festival Musik di Negeri Tembakau
Frau Menenun Rindu di Balkonjazz Festival 2019
Frau Menenun Rindu di Balkonjazz Festival 2019 | Fotografer Zakaria Saputra

Frau kemudian menyanyikan lagu-lagu berjudul Berita Perjalanan, Empat Satu, Kupandang Langit. Beberapa penonton memilih berdiri menonton dekat panggung. Tapi, ada pula yang memilih duduk-duduk santai beralaskan rumput. Cuaca yang terik menjadi adem berkat lantunan suara Frau.

Frau juga menampilkan lagunya yang berjudul Tarian Sari dan Sepasang Kekasih yang Bercinta di luar Angkasa di panggung Balkonjazz Festival 2019.

Bagi penikmat musik indie nama Frau sudah tidak asing lagi. Lagunya yang berjudul Mesin Penenun Hujan hingga duet mautnya dengan sastrawan Ugoran Prasad dalam lagu berjudul Sepasang Kekasih yang Pertama Bercinta di Luar Angkasa, menjadi lagu paling epik dan digandrungi oleh banyak orang.

Lani, wanita berambut ikal ini mengaku sempat rehat di tahun 2018. “Istirahat sebentar, karena enggak ada ide juga mau ngapain? Terakhir manggung itu Mei 2018. Setelah itu manggung lagi di Festival Sastra di Jakarta, Agustus 2019,” ucapnya kepada rekan media dalam jumpa pers di Balkondes Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (13/9) sore.

Baca juga: Sukses, Balkonjazz Festival 2019 Menarik Ribuan Pengunjung 
Frau Menenun Rindu di Balkonjazz Festival 2019
Frau Menenun Rindu di Balkonjazz Festival 2019

Lani juga bercerita bahwa dirinya lama tak bermusik karena sibuk menempuh pendidikan strata tiga di Freie Universitat, Berlin, Jerman dan mengurus anak. Lani mengaku deg-degan berada di atas panggung lagi. Apalagi sejumlah fotografer bakal mengabadikan aksinya bermain keyboard.

“Saya nervous sekali, grogi difoto oleh fotografer-fotografer terbaik yang ada di depan saya ini. Saya baru kembali lagi bernyanyi di atas stage di Balkonjazz Festival ini. Semoga kalian terhibur semua”, ungkap Lani.

Lani mengaku rindu menghibur penggemarnya di atas panggung. Apalagi saat ini, dia vakum karena fokus menuntaskan disertasinya di sana.

“Fokusnya hanya studi, musik cuma sesekali, untuk main-main aja. Karena memang aku sedang nyelesaikan S3. Kangen panggung juga ya, reuni dengan teman-teman Frau”, imbuhnya.

Direktur PT Manajemen CBT Nusantara, Jatmika Budi Santoso melanjutkan, gelaran Balkonjazz Festival 2019 menjadi momen memperkenalkan banyak potensi yang dimiliki kawasan candi Borobudur, sekaligus mendistribusikan produk-produk yang telah mereka hasilkan kepada khalayak yang lebih luas.

Baca juga: Kemeriahan Pasar Balkon Tuksongo di Balkonjazz Festival 2019
Frau Menenun Rindu di Balkonjazz Festival 2019
Frau Menenun Rindu di Balkonjazz Festival 2019 | Fotografer Zakaria Saputra

“Masyarakat sekitar sini (Balkonjazz Festival 2019) merasa begitu senang akan adanya festival ini di tengah-tengah mereka. Apa yang terjadi pada hari ini pasti akan menjadi pembelajaran bagi kami untuk membuat sesuatu yang lebih meriah lagi pada kesempatan selanjutnya. Selain itu, banyak sekali pengunjung yang datang ke sini menikmati secara langsung berbagai fasilitas yang disajikan oleh Balkondes. Hari ini, seluruh kamar yang ada di seluruh Balkondes sold out”, tutur Jatmika.

“Kami senang bisa memberdayakan perekonomian lokal. Semoga bisa sungguh-sungguh”, pungkas Lani menutup wawancara.

Baca juga artikel terkait Balkonjazz Festival atau tulisan menarik lainnya pacarkecilku.
Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In Event