Foto Ala Pendaki dengan Pemandangan Hamparan Awan Kebun Buah Mangunan

6 min read
0
144

Matahari masih temaram, malu-malu di balik perbukitan kaki gunung Sewu. Hawa dingin menerobos pakaian, menyegarkan badan dan pikiran. Bumi mulai terang bersanding fajar, menampakkan eloknya wajah perbukitan berpadu kelokan sungai Oyo. Langit gelap perlahan berubah biru cerah. Hamparan kabut putih sejauh mata memandang. Di sini, di tempatku berdiri, serasa negeri atas awan.

Begitulah sensasi kalau kamu berkunjung ke Kebun Buah Mangunan di pagi hari. Tidak perlu mendaki untuk dapat melihat pemandangan awan putih ala pendaki gunung. Praktis. Berkunjung saja ke kebun buah Mangunan. Tempat ini terletak di gardu pandang dengan ketinggian mencapai 200 mdpl di Pegunungan Sewu.

Pegunungan sewu yang artinya pegunungan seribu, merupakan deretan pegunungan karst di bagian selatan pulau Jawa yang membentang dari pantai Parangtritis, di Kabupaten Bantul hingga ke Teluk Pacitan di Kabupaten Pacitan. Daerah ini menyimpan beragam tempat wisata eksotis dan indah, salah satunya adalah kebun buah Mangunan.

Kebun buah Mangunan termasuk wisata murah meriah dengan beragam fasilitas. Hanya dengan membayar tiket masuk Rp 5.000 kamu bisa menikmati pemandangan indah baik pagi atau sore. Tempatnya cukup terbuka, tidak disarankan pergi siang hari, panas pastinya.

Biaya kedua adalah parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 4.000 untuk mobil. Jam bukanya dari pukul 04.30 WIB untuk kamu yang ingin mendapatkan pemandangan matahari terbit dan tutup pukul 18.00 WIB untuk para penikmat senja.

Waktu paling bagus untuk mendapatkan pemandangan kabut adalah pukul 05.00 WIB. Kamu bisa berangkat sekitar pukul 04.00 WIB dari kota Jogja. Demi foto cantik yang instagramable pastikan kamu rela bangun pagi sekali.

Kalau kamu datang dari Jogja langsung saja menuju Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jaraknya sekitar 35 Km dari kota Jogja. Rute yang bisa ditempuh dari kota Jogja adalah melalui ringroad menuju terminal Giwangan. Dari terminal Giwangan terus saja ke selatan melewati jalan Imogiri Timur.

Dari jalan Imogiri Timur lurus hingga sampai pertigaan. Dari pertigaan itu belok ke kiri (timur) sampai menemukan papan pertigaan yang ada penunjuknya. Dari pertigaan itu terus saja mengikuti papan-papan penunjuk selanjutnya ke arah selatan. Kalau masih bingung, gunakan google maps.

Belum ada fasilitas kendaraan umum menuju kebun buah Mangunan, jadi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja. Sesampainya di kebun buah Mangunan, dari tempat parkir kamu harus berjalan 300 meter menuju puncak. Perjalanan ini tidak akan terasa melelahkan, karena kamu bisa sembari menikmati pemandangan sekitar berupa pepohonan.

Bukan hanya sajian pemandangan indah yang akan menyambutmu di kebun buah Mangunan. Dibangun di atas lahan 23,34 ha, kebun buah Mangunan menyimpan banyak koleksi tanaman buah. Koleksinya mencapai ribuan tanaman dari berbagai jenis. Diantaranya durian, mangga, jeruk, jambu air, dan aneka tanaman buah lainnya.

Jika sedang musim panen kamu bisa membeli buah dengan harga yang lebih murah dari pada harga pasar. Di sini pengunjung tidak diperbolehkan memetik sendiri, jadi hanya bisa membeli secara langsung saja.

Tidak hanya tanaman, di kebun buah Mangunan ini juga terdapat pembibitan sapi dan pemeliharaan rusa. Rusa di kebun buah Mangunan berasal dari Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta. Tujuannya agar mampu meningkatkan jumlah wisatawan.

Fasilitas di kebun buah Mangunan ini termasuk lengkap dan banyak. Area parkir luas untuk motor dan mobil. Untuk tempat beristirahat ada gazebo yang dilengkapi dengan mushola kecil dan toilet.

Ada beberapa wahana permainan juga yang tersedia seperti kolam renang untuk anak-anak, jembatan gantung, flyingfox hingga arena pemancingan. Untuk yang ingin menginap atau mengadakan kegiatan juga tersedia penginapan serta ruang pertemuan dengan kapasitas 100 orang dan 300 orang.

Kamu juga bisa menikmati suasana tenang bersama kawan dengan camping di kebun buah Mangunan. Untuk bertanya mengenai harga, mekanisme sewa atau apa saja seputar fasilitas kebun buah Mangunan silakan menghubungi Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul di jalan Ring Road Timur, Manding, Bantul, Yogyakarta di (0274) 6460182 / 6460236.

 

Load More Related Articles
Load More By Kazebara
Load More In Destinasi Wisata