Festival MocoSik 2019 Hadir, Catat Tanggal Presale Tiketnya!

7 min read
0
197

Perhelatan Festival Musik dan Buku MocoSik kembali berlangsung pada Jumat Sabtu Minggu 23, 24, 25 Agustus 2019 di Jogja Expo Center Yogyakarta. Ini adalah tahun ketiga sejak diselenggarakan pada 2017 silam.

“MocoSik adalah satu-satunya festival yang mengkolaborasikan dalam panggung besar yang sama antara buku dan musik” ujar Anas Syahrul Alimi, Founder MocoSik Festival dan CEO Rajawali Indonesia Comm dalam presscon Festival Musik dan Buku MocoSik kemarin di Medpresso Coffee Garden, Sleman (1/8/19).

Festival Musik dan Buku MocoSik 2019 mengangkat tema “Buku, Musik, Kamu”. Festival ini adalah usaha yang di satu sisi memersonifikasikan dua pencinta dari dua entitas budaya (baca dan dengar), namun di sisi lain juga menyapa dengan persuasif dia yang rajin baca sekaligus cinta musik.

Festival Musik dan Buku MocoSik 2019
Festival Musik dan Buku MocoSik 2019

“Konsepnya masih sama dengan 2 tahun sebelumnya. Konsep MocoSik #3 paling umum, bagaimana antara musik dan buku punya satu keterkaitan sangat erat. Hal ini didasari oleh keprihatinan kita bagaimana buku menjadi semakin jauh dari kehidupan saat ini”, ungkap Anas. “Sebagaimana kita bisa lihat, orang lebih asyik dengan sosmed, dengan gadget dan mulai lupa ada peradaban bernama buku. Dan kami melihat, musik menjadi bahasa universal sebagai daya ingat”.

Festival Musik dan Buku MocoSik menjadi salah satu CSR bagi Rajawali Indonesia karena semua uang hasil penjualan buku, tidak masuk ke MocoSik Foundation, akan tetapi masuk ke pihak penerbit. “Buku tersebut dibeli untuk pengunjung sendiri. Jadi, acara ini sebenarnya free” jelas Anas kepada rekan media.

Sebagai pembeda dengan festival lain, salah satu ciri khas Festival Musik dan Buku MocoSik adalah ketika buku dijadikan bukti tanda masuk. Para penonton diwajibkan membeli buku dengan nominal tertentu sebagai syarat masuk dalam panggung besar konser musik.

Hinu OS, Penanggung Jawab Pameran Buku Festival Musik dan Buku MocoSik 2019 menyampaikan bahwa mulai awal agustus, ratusan kelompok penerbit yang menjadi peserta pameran besar MocoSik membuka loket tiket presale dengan menampilkan buku-buku produksi di akun media sosial masing-masing.

“Buku-buku dari penerbit peserta yang bertanda TIKET BUKU MOCOSIK itulah yang bakal menjadi bukti memasuki panggung konser musik yang seru,” jelas Hinu OS.

Lebih terperinci, Hinu menjelaskan harga tiket presale adalah Rp75.000 (UNTUK SATU HARI). Tiket buku tersebut bisa didapatkan di penerbit-penerbit yang tercatat sebagai peserta. “Jika buku yang dibeli memiliki nominal 150 ribu rupiah, misalnya, berarti bisa mendapatkan dua tiket. Terserah pembeli, apakah tiket untuk pertunjukan hari pertama, kedua, dan ketiga. Soal pengiriman buku sampai ke rumah pembeli, mekanismenya diserahkan sepenuhnya kepada penerbit yang bersangkutan,” papar Hinu.

Tiket Buku MocoSik akan mulai dijual secara online mulai Sabtu 3 Agustus 2019, pukul 11.59 WIB, melalui www.tiketapasaja.com dan penerbit-penerbit yang ikut dalam MocoSik Festival.

Irwan Bajang yang pada MocoSik #3 ini dipercaya menjadi Direktur Program, mengungkapkan akan ada 68 orang penampil dalam tiga hari penyelenggaraan Festival Musik dan Buku MocoSik. “Jumlah itu dua kali lebih banyak dari dua tahun sebelumnya. Artinya, pencinta buku dan penikmat musik mendapatkan suguhan yang beragam dari panggung literasi maupun musik,” jelasnya.

Di panggung musik, misalnya, selain menampilkan Tulus, Yura Yunita, Pusakata, bakal tampil juga musisi-musisi gaek dan legendaris seperti Ebiet G. Ade. Ada pula Dialog Dini Hari, Galabby, NoStress, Sudjiwo Tedjo, Tashoora, Langit Sore, Ecoutez hingga konser puisi cinta yang melow yang “dikonduktori” sastrawan dan sutradara teater Agus Noor.

Irwan Bajang juga merinci sejumlah nama yang bakal mengisi sepuluh sesi obrolan maupun lokakarya musik, film, dan seni rupa yang memiliki korelasi dengan dunia buku dan literasi. Nama para penampil itu, antara lain Yoris Sebastian, Zen RS, Joko Pinurbo, Eko Prasetyo, Edi Mulyono, Aguk Irawan M.N., Windy Ariestanty, Iqbal Aji Daryono, Mas Aik, Anton Kurnia, Pepeng, Kalis Mardiasih, Hengki Herwanto, Erie Setiawan, Nuran Wibisono, David Tarigan, Okky Madasari dan masih banyak lainnya.

Nama-nama seperti Ugo Untoro, Jumaldi Alfi, Dipo Andy, Samuel Indratma, Dodo Hartoko, Buldanul Khuri menemani para pengunjung festival pada sesi seni rupa yang berbasis buku dan literasi.

“Musik bagi kami jadi salah satu bahasa paling pas dan paling komunikatif untuk menyatukan buku dan musik. Semoga MocoSik kali ini bisa diterima dan sesuai target di tanggal 23-25 Agustus 2019”, tutup Anas mengakhiri presscon Festival Musik dan Buku MocoSik.

Baca juga artikel menarik lainnya pacarkecilku.

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In News