Es Tape Sompel, Cita Rasa Lokal Yang Bikin Ketagihan

5 min read
0
173

“Dahulu pernah ada yang mau beli resep es tape Sompel, berapa puluh juta gitu, Mas. Tetapi bapak saya menolak”, ujar anak pertama bapak Sularno pemilik warung es tape Sompel.

Menurut pemilik warung es tape Sompel sekitar tahun 80-an es tape ini disebut es tape Buk Sompel karena berjualan di Buk Sompel. Ini bukan nama resmi, julukan ini hadir karena diberi nama oleh para pembeli sendiri.

Sekarang warung es tape Sompel bertempat di jalan Gatotkaca No.40 RT. 21/RW. 35 Banguntapan, Bantul. Berdiri di bangunan permanen sehingga pelanggan tidak kepanasan atau kehujanan lagi seperti dulu, tutur pemilik warung es tape Sompel.

IMG_5005

Es tape Sompel bertekstur lembut dengan campuran kelapa muda. Perpaduan serasi yang menyegarkan dan bikin nagih. Meski bentuknya sederhana, es tape Sompel memiliki rasa yang luar biasa nikmat. Aroma di satu mangkuk tape bakal membuat siapa saja tergugah mencicipinya.

Setiap sendok es tape yang di lahap, tidak ditemui sumbu ketela. Semua habis tertelan. Hal ini karena es tape Sompel melalui proses pemilihan tape dengan teliti. Alhasil, pembeli bisa menikmati es tape dengan lebih nikmat dan nyaman dimulut.

Lembut dan dinginnya es tape benar-benar memanjakan pecinta es dengan rasa lokal yang begitu khas Indonesia, yaitu tape. Kesegaran yang tercipta dari es tape Sompel bisa menjadi pilihan yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke Jogja.

Selain segar dan lembut, es tape Sompel punya rasa khas lainnya, yaitu gurih. Ini berkat campuran santan yang tepat pada semangkuk es-nya. Barangkali ini yang menakjubkan dari es tape Sompel, sederhana dalam penampilan tapi luar biasa soal rasa.

Harga untuk satu mangkuk es tape Sompel yaitu Rp 5.000. Harga yang terbilang murah untuk membeli semangkuk es tape Sompel yang luar biasa.

Warung es tape Sompel buka dari hari Senin hingga Jum’at. Mulai pukul 11.00-16.30 WIB. Saya sarankan kamu berkunjung lebih awal untuk mendapatkan satu mangkuk es tape Sompel yang luar biasa ini. Biasanya sekitar jam 13.00 WIB, es tape sudah habis dibeli pelanggan.

Selain berjualan es tape ada menu mie ayam yang bisa dicoba untuk menu makan siang. Hidup di Jogja memang begitu. Semangkuk es tape dan mie ayam sudah membuat hatimu senang sekaligus perutmu kenyang.

IMG_5006

Dibalik menu es tape Sompel yang sudah puluhan tahun eksis hingga saat ini. Bapak Sularno adalah sosok yang menemukan racikan es tape yang digemari berbagai kalangan ini. Kini Bapak Sularno lebih sering di rumah dan digantikan oleh anak-anak dan menantunya untuk berjualan es tape Sompel.

Es tape Sompel Bapak Sularno tidak memiliki cabang, warung yang berlokasi di perempatan jalan Gatotkaca, Banguntapan, Bantul jadi satu-satunya warung yang harus kamu tuju jika kamu ingin menjajal rasanya yang membuat banyak orang ketagihan.

Es Tape Sompel wajib untuk dicoba bersama teman maupun keluarga. Pada jam makan siang, warung es tape Sompel akan dipenuhi oleh pelanggan yang mengantre untuk membelinya.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba es tape Sompel? Jangan lupa untuk datang lebih awal supaya bisa mendapatkan seporsi es tape Sompel. Dalam satu hari ratusan mangkuk es tape bisa habis terjual di tempat ini.

Jika kamu bingung lokasi warung es tape Sompel ikuti saja Gmaps.  Cukup mudah menemukan lokasinya. Cari saja perempatan jalan Gatotkaca, di depan warung es tape Sompel ada banner yang bertuliskan es tape Sompel. Selain itu, banyaknya kendaraan yang berjejer di depan warung menjadi ciri khas dari warung es tape Sompel yang legendaris ini.

Load More Related Articles
Load More By monyoku
Load More In Kuliner