Es Dawet Sonosewu Yang Ngangenin

6 min read
0
43

genpijogja.com – Jogja sebagai daerah melting pot bagi banyak budaya memiliki kekayaan kuliner. Macam-macam jajanan dari berbagai belahan wilayah di Indonesia bisa dijumpai di Jogja. Dari yang murah hingga yang mahal, ada. Mau yang panas atau yang nyegerin pun, ada.

Cendol dawet lima ratusan misalnya. Masih ingat? Bukan lagu, tapi es dawet legendaris yang terkenal sejak dulu karena harganya murah dan memiliki rasa yang legit.

Masih ingat nih, sekitar tahun 2003-an saya sering dibelikan es dawet yang enak banget, manis, nyegerin dan pasti minta tambah lagi. Saking seringnya, pernah waktu itu hampir tiap hari minta dibelikan karena memang benar-benar doyan. Apalagi lokasi penjualnya dekat dengan rumah.

Baca juga: Mencicipi Soto Lenthok Pak Sadari Yang Melegenda

Sebenarnya di kota Yogyakarta sendiri banyak jenis es dawet yang dijual, misal saja dawet ayu dan dawet ireng. Nyegerin semua sih, tapi ada satu es dawet yang jadi favorit saya. Es dawet Pak Slamet Sonosewu namanya.

Beberapa kali sempat berpindah tempat, lokasi berjualannya masih sama seperti dulu. Berada di sisi timur Universitas PGRI Yogyakarta, lokasi es dawet Pak Slamet Sonosewu tepatnya di depan Raf Carwash.

Seiring berjalannya waktu, es dawet Pak Slamet Sonosewu yang dulu harganya Rp500, sekarang berubah menjadi Rp2.000 satu porsinya. Masih murah, kan? Saat ini Pak Slamet Sonosewu berjualan dibantu oleh dua orang anaknya. Antrian panjang pun tidak masalah, karena bakal di layani dengan cepat.

Begitu larisnya, kadang es dawet Pak Slamet Sonosewu sudah habis duluan sebelum jam dua siang. Banyak juga pelanggan es dawet Pak Slamet Sonosewu yang kecewa lantaran dianggap tidak buka karena datang terlalu sore.

Meski sudah lebih dari tiga puluh tahun lamanya berjualan, es dawet Pak Slamet Sonosewu tidak dijual di warung maupun tempat makan lainnya. Yah , meskipun kadang es dawet Pak Slamet Sonosewu juga bisa dijumpai di acara-acara hajatan, setidaknya sejak dahulu sampai saat ini Pak Slamet menjajakan dagangannya di tepi jalan dengan menggunakan gerobak yang dipikul.

Inilah yang membuat es dawet Pak Slamet Sonosewu selalu membekas di ingatan. Gerobak pikulan berwarna hijau, pak Slamet mengenakan caping dan kursi-kursi kecil dari kayu yang berjejer. Begitu banyaknya antrian, kadang Pak Slamet yang sibuk melayani pembeli tidak nampak. Semua tidak ada yang berubah hingga kini.

Soal rasa, es dawet Pak Slamet Sonosewu masih konsisten tidak menggunakan bahan pengawet membuat es dawetnya hanya bertahan hingga malam menjelang. Cendol putihnya berbeda dengan cendol lainnya, lebih kecil dan langsung lumat begitu masuk ke mulut.

Begitupun dengan santannya yang benar – benar gurih karena direbus dengan daun pandan. Es dawetnya manis dengan sentuhan gula jawa yang telah dicairkan. Selain taste es dawet Pak Slamet Sonosewu yang manis, gurih dan nyegerin, saya menemukan satu rasa yang berbeda, yakni rasa nostalgia.

Bagaimana tidak, taste es dawet Pak Slamet Sonosewu yang khas mampu membuat orang ingin kembali menikmatinya dan tetap eksis meski zaman sudah banyak berubah.

Baca juga: Pucuk Dicinta, Mie Lethek Mbok Cempluk Pun Tiba
Es Dawet Sonosewu Yang Ngangenin
Es Dawet Sonosewu Yang Ngangenin

Es dawet Pak Slamet berlokasi di jalan Sonosewu No.139 Sonosewu, Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Bagi yang masih bingung atau belum menemukan lokasi bisa lihat di google maps dengan nama Dawet Tradisional atau Dawet Sonosewu.

Jadi, tidak ada alasan lagi kan untuk tidak mencoba minuman nusantara ini? Apalagi Jogja sedang panas – panasnya, harga seporsi es dawet Pak Slamet pun murah. Cukup bayar Rp2.000 sudah dapat satu mangkuk es dawet tanpa takut kantong bolong. Tidak salah lagi jika es dawet Pak Slamet ini semakin banyak penggemarnya. Tips bagi kamu agar tidak kehabisan es dawet Pak Slamet Sonosewu, saya sarankan datanglah sebelum jam dua siang.

Selamat menikmati.

Baca juga artikel tentang Kuliner atau tulisan menarik lainnya IKA.
Load More Related Articles
  • Panen Raya Setiap Akhir Pekan Di Raminten

    Panen Raya Setiap Akhir Pekan Di Raminten

    genpijogja.com – Weekend Alert! Sudah tahu dimana tempat yang cocok menghabiskan akh…
Load More By ika
Load More In Kuliner