Diskominfo Coworking Space: Ruang Kerja Ramah Difabel

6 min read
0
60

Genpijogja.com – Di era yang serba digital ini, semua lini kehidupan bergeser menjadi berbasis digital. Perubahan tersebut menyebabkan munculnya kebutuhan-kebutuhan baru yang terkait dengan perkembangan zaman. Berdasarkan hal itu, masyarakat terutama yang aktif di komunitas, membutuhkan sebuah ruang kerja yang berbasis digital untuk digunakan sebagai tempat berproduktif dan berproses kreatif dengan nyaman.

Diskominfo Coworking Space: Ruang Kerja Ramah Difabel
Diskominfo Coworking Space: Ruang Kerja Ramah Difabel

Melihat kebutuhan tersebut, Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Daerah Istimewa Yogyakarta membuat sebuah ruang terbuka untuk berkolaborasi yang sering disebut dengan co-working space. Bertajuk Diskominfo Coworking Space (DCS), ruang kerja ini mengusung konsep inklusif, mudah diakses dan open space yang sangat mendukung produktifitas. Diskominfo Coworking Space dibentuk sedemikian rupa untuk mewujudkan ruang berkarya ideal bagi masyarakat dan yang lebih istimewanya lagi, co-working space ini didesain untuk ramah terhadap teman-teman difabel.

Diskominfo Coworking Space didesain ramah difabel karna dilansir dari laman Diskominfo DIY, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki disabilitas yang cukup tinggi terutama setelah bencana gempa sehingga perlu membuat sebuah ruang terbuka yang ramah bagi semua orang. Disebut ramah difabel karena banyaknya fasilitas yang menunjang termasuk desain khusus kamar mandi, tangga serta pintu yang dibuka dengan cara digeser untuk memudahkan teman-teman difabel.

Selain ramah difabel, ada banyak sekali ruang yang dapat menambah kenyamanan beraktifitas. Ada beberapa ruang yang disediakan. Contohnya ruang kelas yang dapat diisi 15-20 orang untuk keperluan seminar, pelatihan, ataupun diskusi. Meja dan kursi pun nyaman untuk difabel.

Diskominfo Coworking Space: Ruang Kerja Ramah Difabel
Diskominfo Coworking Space: Ruang Kerja Ramah Difabel

Tersedia juga ruang komputer yang dilengkapi dengan ruangan ber-AC. Tersedia delapan komputer yang sudah terkoneksi dengan internet yang super cepat. Bagi yang ingin menikmati suasana di luar dengan hembusan angin sepoi-sepoi, bisa memilih ruangan outdoor dengan meja dan kursi nyaman serta banyak stop kontak yang tersedia. Tempat ini juga disediakan bagi teman-teman komunitas yang ingin bekerja sambil merokok.

Ada juga ruang studio bagi teman-teman yang menyukai tentang film dan animasi namun sayangnya ketika berita ini naik, ruangan tersebut masih dalam tahap renovasi. Sedangkan bagi yang ingin mengadakan acara, Diskominfo Coworking Space menyediakan mini theatre yang bisa digunakan sebagai panggung untuk acara seperti orasi, talkshow, bahkan panggung kesenian.

Selain fasilitas ruangan, Diskominfo Coworking Space juga memiliki koneksi internet yang cepat, pelayanan informasi yang begitu responsif, serta disediakan dispenser sehingga teman-teman yang haus, bisa bekerja tanpa repot membeli air mineral. Semua fasilitas tersebut bisa diakses tanpa membayar sepeserpun.

Dengan banyaknya fasilitas yang tersedia, sejak diresmikan pada 24 Agustus 2018 oleh Ir. Rony Primanto Hari MT selaku Kepala Diskominfo DIY, sudah banyak sekali kegiatan yang dilangsungkan di Diskominfo Coworking Space ini. Komunitas bekerja sama untuk mengadakan acara mulai dari seminar, workshop, pelatihan, sertifikasi, temu komunitas dan event tematik.

Diskominfo Coworking Space berlokasi di jalan Brigjen Katamso, Keparakan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Coworking Space ini buka dengan jam operasional senin-kamis pukul 07.30 WIB hingga  16.00 WIB dan di hari jumat dibuka sejak pukul 07.30 WIB hingga 14.30 WIB, sedangkan untuk hari sabtu-minggu libur. Diskominfo Coworking Space bisa dikunjungi dengan gratis di jam operasional namun jika ingin mengadakan acara selain di jam tersebut dan menggunakan ruangan lebih dari tiga jam, harus membayar biaya kompensasi.

Diskominfo Coworking Space: Ruang Kerja Ramah Difabel
Diskominfo Coworking Space: Ruang Kerja Ramah Difabel

Informasi mengenai Diskominfo Coworking Space ini bisa diakses di twitter, instagram dan facebook dengan username @dcskominfodiy atau melalui laman dcs.diskominfo.jogjaprov.go.id dan surel dikominfo@jogjaprov.go.id  sedangkan untuk peminjaman tempat bisa menghubungi ESTI di 08994522213.

Dengan dibukanya Diskominfo Coworking Space ini, diharapkan bisa menjadi wadah untuk mengembangkan jiwa kolaborasi dan menjadi tempat untuk saling berinteraksi serta dapat mengoptimalkan proses kreatif yang ada di masyarakat khususnya DIY.

Load More Related Articles
Load More By sekardewig
Load More In CoWorking Space