Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang

10 min read
0
148

genpijogja.com – Separuh manusia di muka bumi ini mungkin setuju kalau liburan memang tidak menyelesaikan masalah seutuhnya. Tapi, jangan sekali-kali meremehkan kekuatan liburan. Pengalaman hidup dan akses stress release yang ditawarkan dari setiap liburan punya dampak berbeda buat masing-masing jiwa dan tidak bisa dinilai dengan apapun.

Menurut Professor Adam Galinsky dari Columbia Business School, selain menyenangkan, liburan juga berfungsi meningkatkan fleksibilitas dan kedalaman kognitif otak manusia. Semakin fleksibel cara kerjanya, semakin banyak ide kreatif yang dihasilkan.

Makanya tidak heran kalau ada asumsi, orang yang paling kreatif di dunia adalah orang yang tidak pernah berhenti liburan! Entah kamu sekaya pakdhe Bill Gates atau sejenius mas Elon Musk, kita semua butuh liburan.

Baca juga: Kopi Badhek, Tempat Nongkrong di samping candi Borobudur
Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang
Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang

Kalau kamu termasuk yang anti liburan capek, pengen rebahan tapi sekaligus liburan. Jangan khawatir. Nusantara tercinta ini menyediakan berbagai jenis liburan, salah satunya destinasi wisata rebahan.

Apa sih wisata rebahan? Ini sebuah petualangan rohani, dimana fisikmu tidak hanya bisa menikmati rebahan dengan cara-cara paling nyaman, tapi juga eksotis.

Mari kita mulai berkelana. Destinasi wisata rebahan yang akan kita bahas kali ini adalah Balkondes Tuksongo. Yes. Kamu pasti sering dengar namanya karena tiba-tiba saja balkondes Tuksongo nge-hits berkat kesuksesan Balkonjazz Festival 2019 kemarin Sabtu (14/9/2019).

Baca juga: Sukses, Balkonjazz Festival 2019 Menarik Ribuan Pengunjung
Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang
Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang

Seperti yang kamu tahu, Balai Ekonomi Desa (Balkondes) adalah salah satu program prestisius dari Kementerian BUMN yang dibangun dengan tujuan menumbuhkan perekonomian pedesaan melalui sektor pariwisata. Salah satu caranya melalui balai ekonomi dan homestay yang dikelola langsung oleh masyarakat yang berada di sekitar area candi Borobudur.

Desa Wisata Tuksongo sendiri terletak di kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang. Balkondes ini berjarak sekitar 2km dari kawasan kompleks candi Borobudur. Tepatnya di dusun Pulon, Tuksongo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Balkondes Tuksongo merupakan CSR dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT Telkom) dan diresmikan secara langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Sumarno.

Terus apa sih yang berbeda antara wisata rebahan di balkondes Tuksongo dengan wisata rebahan di tempat lain?

Baca juga: Balkondes Karanganyar, balkondes di desa gerabah Borobudur
Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang
Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang

Ok, Gaes. Ini gunanya saya menginap di sana. Menurut beberapa cerita dari pegawai balkondes, Tuksongo merupakan nama samaran kyai Ahmad Abdussalam dari Keraton Surakarta. Beliau ini salah satu murid Pangeran Diponegoro. Tapi ada juga tetua yang bercerita, kalau Tuksongo berasal dari kata tuk dan songo, yang artinya sumber mata air berjumlah 9.

Ini wajar saja, begitu memasuki desa wisata Tuksongo, sejauh mata memandang, kita akan menemukan gambaran desa yang ijo royo-royo, gemah ripah loh jinawi. Subur banget.

Balkondes Tuksongo dibangun di atas tanah seluas 18.000m2 lengkap dengan rumah Joglo, amphitheatre, dua bangunan limasan sebagai gallery hasil UMKM, restoran dan satu limasan kecil yang berfungsi sebagai lokasi workshop para pekerja UMKM.

Amphitheatre ini ikonik banget, Gaes. Setelah berkeliling ke 18 balkondes lain, hanya Tuksongo yang memiliki amphitheatre seluas itu. Saat sore menjelang, biasanya warga sekitar balkondes akan jalan-jalan, bersepeda, momong sampai nyuapin anak di area ini. Jika sedang tidak di sewa untuk event, bagian tengah amphitheatre yang di dominasi rumput hijau itu disulap jadi tempat dinner romantis. Meja – kursi kayu di pindah ke tengah area amphitheatre, di atasnya lampu-lampu kecil memberi kesan romantis.

Baca juga: Sensasi rebung dalam balutan mi Jawa Kembanglimus Magelang.
Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang
Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang

Itu saja? Tentu saja tidak. Balkondes Tuksongo ini jadi rujukan pemuda pemudi sekitar untuk mencari wifi gratis. Mungkin karena balkondes Tuksongo merupakan CSR dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT Telkom) sehingga kebutuhan wifi diperhatikan sejak awal oleh pemrakarsanya.

Hal unik lainnya adalah pintu gerbang khas Trowulan di balkondes Tuksongo. Gerbang dari batu bata merah lengkap dengan pohon Maja. Memasuki homestay, atmosfer tiba-tiba seperti berpindah ke zaman Majapahit yang keratonnya identik dengan batu bata merah. Pokoknya instagramable!

Cottage yang disewakan pun, harganya beragam. Untuk tipe family room diharga Rp1.200.000 sedangkan single room diharga Rp400.000. Kamu bisa memesan cottage lewat aplikasi online seperti agoda, traveloka atau bahkan lewat web resmi balkondes. Tapi saran saya sih, mending langsung datang sendiri. Jika tidak ada event besar, biasanya selalu tersedia kamar di balkondes.

Baca juga: Kerajinan gerabah Karanganyar Borobudur, warisan nenek moyang yang harus terus lestari
Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang
Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang

Family room terdiri dari 3 kamar tidur dan 1 kamar tamu, sedangkan standard room berisi kamar tidur lengkap. Fasilitas cottage antara lain, kamar mandi lengkap dengan pemanas air, shower, toilet duduk serta cleaning kit seperti dental tools, sabun dan handuk. Masing-masing kamar tidur ber-AC dengan spring-bed empuk, lemari pakaian, meja rias, TV led kabel digital.

Cottage-cottage ini umumnya berbentuk limasan, dengan kombinasi tembok batu bata merah, dinding kayu dan lantai cottage berkeramik.

Overall, fasilitas yang dimiliki balkondes Tuksongo cukup komplit dan memuaskan. Selain rumah Joglo, amphitheatre, restoran, ada juga kamar mandi umum untuk pengunjung restoran dan beberapa cottage lengkap dengan free wi-fi.

Bangunan Balkondes Tuksongo dikelilingi sawah hijau yang masih digarap warga. Jika beruntung, Anda bisa langsung memetik cabai, timun, terong, pare yang sedang berbuah. Akan tetapi, hal terbaik dari balkondes Tuksongo adalah balkondes ini satu-satunya tempat di mana Anda bangun tidur – melekngopi dan langsung bisa melihat puncak candi Borobudur, tanpa usaha berarti.

Baca juga: Kampoeng Joglo Boutique Cottage, serasa berkunjung ke rumah eyang.
Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang
Destinasi Wisata Rebahan di Balkondes Tuksongo Magelang

Dengan segala perpaduan unik yang dimiliki oleh balkondes Tuksongo, bisa dipastikan pengalaman wisata rebahanmu bakal tak terlupakan. Kesempatan untuk menikmati wisata rebahan dan wisata alam khas Borobudur anti capek jadi pelarian hidup yang menarik.

Jadi bagaimana, kamu sudah siap rebahan di tempat yang eksotis?

Baca juga artikel terkait Penginapan atau tulisan menarik lainnya pacarkecilku.
Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In Penginapan