Home Destinasi Digital Destinasi Digital Untuk Generasi Milenial

Destinasi Digital Untuk Generasi Milenial

6 menit waktu baca
75

Kalau kamu search di instagram dengan hastag destinasi digital maka akan muncul beragam foto tempat wisata. Apa sebenarnya destinasi digital itu? Destinasi digital merupakan produk wisata dengan konsep kekinian yang mulai diluncurkan oleh Kementrian Pariwisata bekerjasama dengan GenPi. Destinasi digital adalah destinasi yang heboh di dunia maya, viral di media sosial dan hits di Instagram. Dijamin ketika kamu berkunjung ke destinasi digital bisa bawa pulang banyak foto instagramable. Seperti yang pernah hits beberapa waktu ini, taman bunga matahari yang disusul dengan banyak taman bunga lain mulai bermunculan.

Destinasi digital adalah konsep wisata yang memang dipersiapkan untuk kaum milenial dengan menyajikan tempat wisata yang unik dan instagramable. Bedanya destinasi digital GenPi dengan destinasi hits lain adalah salah satu tujuannya untuk mengangkat kekayaan serta tradisi masyarakat lokal dengan cara yang lebih menarik dan tidak terkesan kuno. Di Jogja sendiri, sudah ada 8 destinasi digital yang dikelola oleh GenPi Jogja yaitu, Pasar Kakilangit di Bantul, embrio Pasar Muntuk di Bantul, embrio Pasar Laguna Depok dengan keindahan sunset pantai Depok Bantul, embrio Pasar Nglinggo di Kebun Teh Kulon Progo, embrio Pasar Pampang di Gunungkidul, embrio Pasar Ngingrong di Gunungkidul, embrio Pasar Telaga Jonge di Gunungkidul, dan embrio Pasar Banyunibo yang terletak di kawasan candi Banyunibo Sleman.

Foto milik Kennedy Rahmat (Anggota Genpi Jogja)
Foto milik Kennedy Rahmat (Anggota Genpi Jogja)

Pada acara Jagongan Digital yang diadakan di Pasar Kakilangit tanggal 31 Juli 2018 lalu, Menteri Pariwisata Arief Yahya datang berkunjung untuk melihat suasana Pasar Kakilangit. Selain jajaran kementrian pariwisata turut hadir pula artis cantik Yuki Kato yang membuat suasana semakin meriah. Banyak sekali makanan tradisional yang bisa kamu nikmati di Pasar Kakilangit. Ada gudeg manggar, sego thiwul dan aneka jajanan pasar, juga tidak ketinggalan wedang seruni dan wedang uwuh yang menyehatkan badan. Menyantap sajian khas Jogja menjelang sore di Pasar Kakilangit membuat kamu bisa merasakan sensasi damainya suasana pedesaan. Kamu juga bisa mendapatkan cerita menarik dengan bercakap bersama ibu-ibu penjual di sana. Mereka semua ramah.

Tidak hanya makanan saja, ada beberapa pertunjukan khas yang ditampilkan oleh masyarakat setempat. Salah satu yang jarang kamu jumpai di kota adalah Gejog Lesung. Gejog Lesung dimainkan oleh ibu-ibu dengan seragam lurik dan jarik khas Jawa. Lagu-lagu daerah terdengar lebih meriah dan bersemangat diringi dengan tabuhan lesung dengan irama tertentu. Selain Gejog Lesung juga ada karawitan anak-anak dan keroncong. Kamu juga bisa bermain permainan tradisonal seperti egrang dan panahan di Pasar Kakilangit ini. Uang untuk transaksi di Pasar Kakilangit ini juga tidak kalah unik. Pertama kamu harus menukarkan uang di Gubuk Lurah yang ada di dekat pintu masuk Pasar Kakilangit. Tukarkan uang rupiah sesuai jumlah yang kamu inginkan dengan uang yang terbuat dari bahan kayu dengan pecahan 3, 5 dan 10. Nilai 1 pada uang kayu setara dengan Rp 1000 rupiah. Para pedagang di Pasar Kakilangit hanya menerima uang tersebut.

Pasar Kakilangit
Pasar Kakilangit

Sembari menikmati keindahan suasana alam dan makanan jangan lupa berfoto, mengambil video atau membuat vlog lalu share di media sosial kamu. Biar hits sekalian ajak teman-teman untuk berkunjung ke Pasar Kakilangit. Kunjungan kalian ke Pasar Kakilangit termasuk salah satu action untuk memajukan pariwisata lokal Jogja. Selain itu juga untuk membantu para pedagang dan pengelola pasar agar pasarnya terus ramai dan mereka selalu bersemangat untuk mengelola Pasar Kakilangit. Salah satu hal mulia yang bisa kamu lakukan untuk membantu perekonomian masyarakat setempat adalah dengan membeli produk lokal yang mereka hasilkan. Meskipun tampak tidak seberapa, percayalah itu membuat ibu-ibu penjual itu merasa bahagia dagangannya laris manis pasar mereka ramai dan meriah.

Jadi ajak temanmu ke Pasar Kakilangit sekaligus untuk mendukung terciptanya destinasi digital Jogja yang hits dan kekinian. Selain berkunjung ke Kakilangit kamu juga bisa mencoba destinasi digital lain yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Muat Lagi Dari Kazebara
Muat Lebih Banyak Di Destinasi Digital