Dari Susu Hingga Bir Jawa, Ada Dalam Jamuan Kenegaraan Kraton Jogja

6 min read
0
82

genpijogja.com – Perayaan ulang tahun tokoh besar merupakan momen tahunan yang selalu ditunggu oleh kebanyakan orang, tak terkecuali oleh warga Jogja.

Salah satu momen ulang tahun paling ditunggu adalah ulang tahun orang nomor satu di Jogja, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang ke-75 tepat jatuh pada 2 April 2021 pada kalender masehi. Tahun ini, peringatan ulang tahun Ngarsa Dalem dirayakan bersama dengan peringatan 32 tahun Beliau naik takhta.

Fajar Widjanarko, Kurator Pameran BOJAKRAMA: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta

Terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum secara luring maupun daring. Secara luring, diselenggarakan pameran temporer bertajuk “Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta” yang digelar mulai tanggal 2 April 2021 – 27 Juni 2021 bertempat di Kompleks Kedhaton Kraton Jogja.

Hanya dengan tiket seharga Rp20.000 saja kalian bisa melihat berbagai koleksi peralatan makan dan minum yang digunakan untuk jamuan oleh Kraton Jogja lengkap dengan informasi terkait aturan protokoler yang menyertainya.

Pameran Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta dibuka tiap hari Selasa – Minggu mulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB dan memasuki bulan ramadhan akan dibuka hari Jumat – Minggu pukul 11.00 hingga 17.00 WIB.

Pameran Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta dibuka offline dengan tetap menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat, baik bagi penjaga pameran maupun bagi pengunjung yang datang.

Fajar Widjanarko, Kurator Pameran BOJAKRAMA: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta

Tradisi jamuan di Kraton Jogja sudah ada sejak pasca pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I (1755-1792) dan masih terus berkembang.

Beberapa perkembangan jamuan kenegaraan seperti hidangan teh dan susu muncul pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono II.

Ada pula tradisi Toya Memanis pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono VII, dan akulturasi budaya keraton dengan menu dari barat seperti Bir Jawa yang mulai berkembang pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono VIII.

Pameran Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta juga menampilkan catatan sejarah mengenai pasar utama yang ada di Jogja.

Terdapat catatan sejarah terkait Pasar Beringharjo yang pada kala itu sebagai pasar induk penyuplai bahan makanan bagi Kraton Jogja dan Pasar Kotagede sebagai tempat suplai kerajinan perak yang digunakan sebagai peralatan makan Kraton Jogja.

Pameran Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta yang telah dibuka secara resmi 2 April 2021 secara daring melalui kanal Youtube Kraton Jogja, dilengkapi dengan berbagai acara edukasi.

Sudut Kurator membahas koleksi perlengkapan makan dan minum Kraton Jogja. Virtual Tour menjajaki sudut-sudut penting yang pernah digunakan untuk perjamuan di Kraton Jogja dan Workshop Minum Teh yang memungkinkan antar peserta berinteraksi melalui zoom meeting dan nge-teh bersama.

Fajar Widjanarko, Kurator Pameran BOJAKRAMA: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta

Selain rangkaian acara di atas, ada 1 rangkaian kegiatan utama yaitu pementasan Yasan Dalem Enggal: Bedhaya Mintaraga yang akan ditayangkan Sabtu, 10 April 2021 pukul 20.00 WIB melalui livestreaming di kanal Youtube Kraton Jogja.

Bedhaya Mintaraga menjadi sangat istimewa karena diilhami langsung dari Serat Lenggahing Harjuna yang ditulis oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Bedhaya Mintaraga bercerita tentang Mintaraga, atau nama yang didapatkan Raden Harjuna ketika sedang bertapa yang mengandung pesan dan ajaran sebagai usaha mengendalikan hawa nafsu, baik fisik maupun psikis dalam memenuhi darma ksatria dalam tugas melindungi rakyat.

Tarian ini dimainkan oleh 9 orang yang memerankan Raden Harjuna dan delapan istrinya yang melambangkan kekuatan dari dirinya dengan karakter dan sifat yang berbeda-beda.

Bedhaya Mintaraga akan diiringi Gendhing Danasmara dan dibuka oleh Gendhing Gati Retnadi dan Gendhing Surendra yang dimaikan menggunakan Laras Slendro Pathet Sanga.

Rangkaian kegiatan Pameran Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta dapat dicari langsung melalui akun resmi Kraton Jogja di instagram @kratonjogja dan @kratonjogja.event lengkap dengan jadwal dan tautan pendaftaran kegiatan.

Kamu juga bisa berkunjung langsung ke pameran yang diadakan di Kompleks Kedhaton Kraton Jogja.

Load More Related Articles
Load More By vanderdwip
Load More In Event