Couvee “Showcar”, Tempat Ngopi Penuh Ketenangan di Pusat Jogja

7 min read
0
243

Ada banyak tempat ngopi tersebar di kota Yogyakarta, dari yang hanya di pinggir jalan seperti angkringan hingga tempat ngopi berkonsep café. Sebagai kota pelajar, tempat ngopi berkonsep co-working space sepertinya disambut hangat karena sepertinya pelajar di kota ini benar-benar butuh tempat yang bisa digunakan untuk nongkrong sekaligus mengerjakan tugas kuliah mereka.

Hampir setiap café selalu terlihat pengunjung yang sibuk dengan laptopnya atau sibuk mengerjakan tugas. Salah satu tempat ngopi yang menjadi rujukan adalah Couvee. Cafe yang memiliki beberapa cabang di Yogyakarta ini pada dasarnya berkonsep “Take Away Coffee”.

Yes. Couvee memang bukan jenis cafe untuk nongkrong berlama-lama. Penyajiannya tetap menggunakan gelas plastik yang disegel dengan plastik meskipun kita menikmati kopi di Couvee, tidak dibawa pulang. Sangat disayangkan sebenarnya karena disaat banyak orang mengurangi penggunaan plastik, Couvee tetap konsisten dengan plastik.  But, nevermind! Let’s talk about Couvee itself.

Couvee Cafe di jalan Wolter Monginsidi
Couvee Cafe di jalan Wolter Monginsidi

Di antara beberapa cabang gerai Couvee, ada satu cabang yang menjadi favorit saya karena memiliki suasana berbeda dengan cabang lain. Gerai Couvee yang saya maksud berada satu tempat dengan gerai “Showcar” di jalan Wolter Monginsidi. Ini merupakan salah satu tempat ngopi favorit saya sejak dua tahun lalu.

Seperti namanya, Showcar adalah tempat perawatan atau salon untuk mobil. Selain salon mobil, di sini juga ada barber shop atau tempat potong rambut khusus laki-laki. Kehadiran Couvee di gerai salon mobil ini sepertinya dirancang untuk melengkapi konsep “one stop maintenance”.  Sambil menunggu mobil selesai dirawat, kamu bisa merapikan rambut demi penampilan yang paripurna dan pastinya ditemani kopi enak. What a perfect!

Setidaknya itu kesan pertama yang saya dapatkan ketika dua tahun lalu pertama kali datang ke tempat ini. Tapi setelah beberapa kali datang, saya menemukan bahwa diantara cabang Couvee lainnya suasana Couvee di jalan Wolter Monginsidi lebih tenang dibandingkan cabang yang lain.

Tempatnya memang tidak instagramable karena dinding-dindingnya dicat putih dan dibiarkan kosong. Interiornya hanya dihiasi lampu-lampu bernuansa kuning dengan kabel menjulur panjang. Meja-meja menempel di dinding dengan kursi tingginya atau meja dan kursi sederhana di tengah-tengah ruangan.

Tidak ada yang istimewa, tapi buat kamu yang ingin mengerjakan tugas penuh konsentrasi sepertinya Couvee jalan Wolter Monginsidi bisa dijadikan pilihan. Tempatnya benar-benar tenang sekali pun dekat sekali dengan pusat kota. Selain itu tempat parkirnya juga luas.

Meskipun Couvee di jalan Wolter Monginsidi tempatnya sederhana, sajian kopi Couvee (di cabang manapun) rasanya selalu juara. Kopi favorit saya adalah melacca. Kopinya sangat terasa (karena bukan ngopi namanya kalau kopinya tidak terasa sedikit pahit) lalu dipadukan dengan manisnya gula aren membuat kopinya terasa berbeda. Buat penggemar kopi, it’s a must try!

Couvee Cafe di jalan Wolter Monginsidi
Couvee Cafe di jalan Wolter Monginsidi

Untuk yang baru mencoba kopi mungkin perlu berhati-hati meminum melacca coffe bisa jadi kandungan kafeinnya akan membuat mata kamu terjaga beberapa jam setelah meminumnya. Tetapi pengaruh kafein dalam menghilangkan rasa kantuk juga tergantung metabolisme tiap orang. Saran saya untuk menikmati kopi adalah di pagi hari agar kafein di dalam kopi bisa bekerja optimal tanpa mempengaruhi jam tidur malam.

Kalau mau menikmati kopi tanpa harus takut tidak bisa tidur mungkin kopi dengan racikan susu akan membantu. Campuran susu akan membuat kopi jadi lebih ringan. Salah satu kopi ringan di Couvee yang bisa kamu coba adalah salted caramel coffee. Bayangkan sensasi kopi yang lembut dan creamy dengan sedikit rasa gurih dan manis dari salted caramelnya, menciptakan kenikmatan kopi yang berbeda. Totally worth to siped!

Kalau tidak suka ngopi bagaimana? Worry not, karena seperti café lain yang ada di Yogyakarta, ada minuman lain yang wajib dicoba. Untuk penggemar minuman cokelat kamu bisa memilih dark chocolate. Rasanya yang nyoklat banget dengan sedikit pahit dan tidak terlalu manis benar-benar pas dinikmati ketika cuaca sedang panas.

Harga satu cup minuman di Couvee bervariasi. Mulai dari harga Rp8.000 untuk basic kopi espresso size regular hingga yang paling mahal adalah signature kopi dengan size besar yaitu Rp29.000. Tapi, sayangnya di Couvee tidak ada snack atau cemilan, jadi kalau kalian lapar disaat sedang asyik mengerjakan tugas. Itu tandanya kalian harus segera mengemasi laptop kalian dan meninggalkan Couvee. But after all, a pleasant place will always make you come over again, won’t you?

Alamat : Showcar jalan Walter Monginsidi No. 17

Jam operasional : 09.00 – 22.00 WIB

Baca juga artikel menarik lainnya Nurya Auris.

Load More Related Articles
Load More By Nurya Auris
Load More In Tempat Nongkrong