Home CoWorking Space CoHive Jogja, Satu-Satunya Coworking Space di Dalam Mall

CoHive Jogja, Satu-Satunya Coworking Space di Dalam Mall

7 min read
0
0
31

Model kantor coworking space sebagai tempat untuk bekerja semakin populer akhir-akhir ini. Bagi yang mungkin belum familiar dengan konsep coworking. Apa sih itu coworking? Tempat kerja anak IT? Kreatif? Meeting room? Tempat komunitas bikin acara?

Nah, coworking adalah sebuah gaya bekerja yang melibatkan lingkungan kerja bersama dan independent activity. Tidak seperti kantor yang biasanya, orang yang bekerja di sini datang dari organisasi yang berbeda-beda.

CoHive Jogja, Satu-Satunya Coworking Space di Dalam Mall
CoHive Jogja, Satu-Satunya Coworking Space di Dalam Mall

Coworking space tidak ditujukan untuk satu profesi saja. Di dunia yang serba modern dan digital, banyak profesi yang tidak dituntut harus selalu berada di kantor. Profesi yang biasanya sering kamu temui bekerja di coworking space ialah programmer, desainer grafis, project manager, akuntan publik, broker saham, auditor, researcher/ peneliti, blogger, writer, jurnalis, mahasiswa dan masih banyak lagi.

Di coworking space, akan ada banyak orang lain yang menempati lokasi yang sama dengan kamu dan jumlah itu kemungkinan akan berubah setiap bulan. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bertemu orang-orang baru di dunia profesional, sangat menguntungkan bagi para milenial memilih coworking space untuk bekerja karena dapat memperluas jaringan profesional mereka.

Salah satu alasan terbesar yang mendongkrak tumbuhnya coworking space adalah munculnya generasi milenial di dunia profesional kerja. Mereka menjadi wirausahawan, membangun dan bergabung dengan startup dan mulai membentuk tren tentang bagaimana dan di mana mereka bekerja.

Sebagian besar milenial menyukai gagasan untuk memulai bisnis mereka sendiri. Berkat ketersediaan sumber daya online dan perkembangan teknologi startup yang cukup pesat, membuat startup dari nol bisa terjadi sangat cepat hari ini, dan dapat dilakukan dengan tim yang lebih kecil.

Coworking space sangat ideal bagi wirausahawan dan penggiat startup dengan anggaran kecil dan cocok untuk mengembangkan koneksi dengan pemilik bisnis lain.

Mengingat generasi milenial lebih suka tinggal di pusat kota, di mana akses ke sumber daya seperti mini market, restoran, dan tempat hiburan sangat mudah untuk dicapai. Coworking space biasanya berlokasi di pusat kota. Sangat strategis, dan mudah dicari.

CoHive Jogja, Satu-Satunya Coworking Space di Dalam Mall
CoHive Jogja, Satu-Satunya Coworking Space di Dalam Mall

Berada tak jauh dari pusat kota, CoHive hadir di Hartono Mall Yogyakarta, 3rd Floor, Kaliwaru, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Coworking space ini pun menjadi yang pertama sebuah platform penyedia ruang kerja yang berada di dalam mall.

CEO dan Co-Founder CoHive, Carlson Lau memandang masyarakat kota Yogyakarta dikenal memiliki semangat guyub yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan berkelompok, berkumpul atau pun berkolaborasi. Faktor ini menjadikan alasan CoHive memutuskan membuka space di Yogyakarta tepatnya di Hartono Mall Lantai 3 yang telah menggelar soft launching pada 22 November 2018.

Dipilihnya Yogyakarta sebagai kota invasi bisnis yang kini telah merambah pada lini Co-Living dan Co-Hive Marts (retail), tak lain karena kota ini memiliki banyak potensi, kultur dan budaya yang positif terkait startup, UMKM dan Komunitas.

CoHive Jogja, Satu-Satunya Coworking Space di Dalam Mall
CoHive Jogja, Satu-Satunya Coworking Space di Dalam Mall

Selain Yogyakarta, Lau menyatakan pihaknya juga membidik ekspansi ke Bali, Bandung, dan juga Makassar. Lau menambahkan dari coworking space yang dikelola CoHive, hingga saat ini sudah memiliki 5000 member yang terdiri dari 500 perusahaan. Di mana dari jumlah itu 80 persen adalah startup yang meliputi bidang teknologi, sumber daya manusia, logistik, dan e-commerce.

Sedangkan 20 persen bergerak di bidang usaha tradisional meliputi usaha agensi, makanan dan minuman serta manufaktur. Perusahaan menargetkan kelolaan 100.000 meter persegi coworking space di berbagai lokasi di Indonesia pada tahun 2019.

“Melalui konsep sharing economy, generasi pengusaha muda dapat mengakses sumber daya dan dukungan komunitas yang mereka butuhkan untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka,” ujar Carlson Lau.

Yogyakarta yang menjadi kota pendidikan dan gudang mahasiswa identik dengan kegiatan berkelompok, berkumpul atau pun berkolaborasi. “Coworking space bukan sekedar menjadi ruang bekerja dan menciptakan ide-ide baru, tetapi juga sebagai wadah saling terkoneksi satu sama lain untuk mengembangkan bisnis,” ujarnya.

Hadirnya coworking space yang ada di Hartono Mall Yogyakarta ini seolah menjawab kebutuhan zaman sekarang yang memiliki kultur untuk bekerja secara berkelompok, berkumpul maupun berkolaborasi.

Hal ini pun segaris dengan semangat CoHive yang ingin menjadi medium setiap lapisan masyarakat untuk saling berkolaborasi. Yogyakarta pun sekaligus menjadi kota ketiga yang menjadi tempat singgah penyedia bisnis coworking space ini setelah Jakarta dan Medan.

Baca juga artikel menarik lainnya Tikha Novita Sari.

Load More Related Articles
Load More By Tikha Novita Sari
Load More In CoWorking Space