Cherrypop Festival 2023 Hadirkan Band-Band Lokal Yogyakarta

7 min read
0
21

Cherrypop Festival kembali hadir untuk kedua kalinya, setelah tahun lalu menjadi festival musik pertama yang diselenggarakan dalam masa pandemi. Tahun ini Cherrypop hadir selama dua hari, tanggal 19-20 Agustus 2023 di Asram Edupark, Yogyakarta. Di tahun kedua ini, Cherrypop semakin meriah dengan hadirnya tiga panggung berkolaborasi penuh dengan Mojok.co.

“Secara konsep, kurang lebih Cherrypop Festival tahun ini masih sama dengan tahun lalu, tetapi kali ini kita gandeng Mojok.co untuk berkolaborasi,” kata Ahmad Sobirin, Director of Cherrypop Festival 2023.

Kali ini dengan membawa tema besar “Swasembada Musik”, Festival yang diselenggarakan oleh iKonser Channel ini hendak mengajak seluruh pengunjung untuk lebih survive dalam menghadapi kehidupan.

“Kata Swasembada sendiri sangat erat kaitannya dengan kemandirian terhadap kebutuhan pangan, dan dirasa cocok untuk menggambarkan gaya hidup anak muda masa kini yang cenderung santai, ‘leha-leha’ untuk lebih giat lagi mandiri menjalani hidup,” jelas Arsita Pinandita, Creative Director Cherrypop 2023.

Pemilihan Asram Eduparkpun dirasa sesuai dengan tema tersebut. Sebuah tempat yang masih asli dan alami. Pengunjung akan menikmati musik dan seluruh rangkaian agenda Cherrypop di tempat terbuka.

“Tahun ini kita bikin dua hari, kalau tahun lalu bikin satu panggung kali ini kita bikin tiga panggung. Cukup representatif, outdoor, bisa tiga panggung, nature dekat dengan kita, kelokalan. Juga masih perawan waktu itu karena belum ada yang pernah bikin konser di sana. Pilihannya adalah karena representatif dengan apa yang kita kerjakan,” ungkap Program Director ‘Rekam Skena’ dan ‘Penaskena’

Arsita Pinandita, Creative Director Cherrypop 2023 menegaskan bahwa penampil Cherrypop Festival 2023: ‘Swasembada Musik’ ini seperti berjalan di lintasan kaum urban penuh gegap gempita, namun tetap terjaga agar tidak tergelincir di pinggiran arus utama. Hal ini yang menjadikan Cherrypop Festival sebagai perhelatan kemandirian untuk memberi jeda dalam kontradiksi perjalanan hidup kita.

Beberapa nama yang sudah dipastikan tampil di panggung Cherrypop Festival 2023 antara lain; Seek Six Sick, DOM 65, Jenny, Lomba Sihir, Bangkutaman, Nonaria, Rumahsakit, Monkey To Millionare, Southern Beach Terror, Krowbar, Perunggu, The Adams, The Jansen, Gabber Modus Operandi, Jumat Gombrong, Agus Magelangan Electonan, Agatha Pricilla & Rayhan Noor, The Kick, The Bunbury, Untitled Joy, The Blend-id, Jono Terbakar, dan masih banyak lagi.

“Yang pasti adalah lokalnya, terutama dari Jogja. Kan Jogja banyak band bagus yang sangat dihormati di kancah musik, sedunia bahkan. Yang kedua memang popular hari ini dikalangan anak muda. Terakhir adalah yang mau diajak main. Yang pasti pertama lokalitas,” ujar Kiki menjelaskan proses pemilihan band yang akan tampil.

Tahun ini, salah satu program andalan Cherrypop Festival juga kembali dilaksanakan, yakni ‘Rekam Skena’. Program ini melibatkan penyuka musik dan film untuk melakukan riset, menata arsip, dan produksi film tentang skena musik di daerah mereka masing-masing. Hasil dari proyek ini bakal ditayangkan di Bioskop Cherrypop, selama festival digelar.

Di sisi lain, masih terkait dengan eksosistem skena musik, Cherrypop Festival menggelar ‘Pasar Populer’, yakni sebuah pop up market yang dikurasi oleh Flea Market, di sini pengunjung bisa berburu pernak pernik adibusana anak muda. Selain itu, di ‘Toko Rilisan Fisik’ yang berkolaborasi dengan Jogja Record Store Club, pengunjung bisa mengetahui seberapa penting rilisan fisik, guna mendukung kemandirian sebuah band. Tak sampai disitu, pengunjung juga bisa menikmati ‘Pameran Seni Rupa’ karya Ahmad Oka selama festival berlangsung.

Ahmad Oka ialah illustrator yang telah hijrah mendedikasikan hidupnya bergelut dalam olahan hasil bumi di puncak perbukitan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Maka jangan heran bila secara visual, Cherrypop Festival kali ini bernuansa agraris. Di sini, Oka hendak mempertemukan hilir aktivitas ketahanan pangan, untuk menuju hulu gegap gempita ekosistem lifestyle musik yang mandiri.

Di Tahun ini, Rekam Skena  kembali digelar dalam program menuju Cherrypop Festival 2023. Rekam Skena yang dilaksanakan tahun ini  kembali melanjutkan gerilya independensinya, mengekspansi dan menularkan semangat ke kota di luar Yogyakarta.

Produksi Rekam Skena kedua ini melibatkan kolaborator dari Jawa Tengah yang identik dengan logat “ngapak” yakni Banjarnegara, Purwokerto, Purbalingga, dan Cilacap. Ke empat Kabupaten tersebut merupakan bagian dari Karesidenan Banyumasan. Aktivasi kali ini sekaligus menjawab tantangan dari fasilitator di tahun sebelumnya.

Load More Related Articles
Load More By Kazebara
Load More In News