Home Destinasi Digital Camping Guyub Rukun Migunani Lintas Komunitas Sinergi untuk Kemajuan Pariwisata Jogjakarta

Camping Guyub Rukun Migunani Lintas Komunitas Sinergi untuk Kemajuan Pariwisata Jogjakarta

5 menit waktu baca
18

 

Jogjakarta merupakan kota yang istimewa, bukan hanya terkenal sebagai kota pendidikan dan wisata namun Jogjakarta juga surganya komunitas. Banyak sekali komunitas yang terbentuk dengan beragam kegiatan. Seni budaya, olahraga, lingkungan, astronomi, wisata, pertanian, literasi, kuliner dan banyak lagi hobi dan kegiatan yang memiliki komunitas. Hal ini juga ditunjang oleh banyaknya mahasiswa dan pemuda di Jogjakarta sebagai kota pendidikan. Kreativitas dan hobi disalurkan dalam kegiatan di komunitas. Maka dari itu dibentuklah Lintas Komunitas agar menjadi wadah yang menyatukan beragam latar belakang komunitas untuk turut serta mempromosikan pariwisata Jogjakarta dan menjadi ajang silaturahmi.

“Kami bersama-sama berkumpul untuk bisa saling support dan saling dukung disetiap kegiatan masing-masing guna mempromosikan wisata di Yogyakarta,” ungkap Ketua Lintas Komunitas Yogyakarta usai menggelar deklarasi, pada Sabtu 22/09/18 lalu. Diharapkan dengan adanya Lintas Komunitas terbentuklah sinergi dari para pegiat di komunitas untuk berperan aktif mempromosikan dan memajukan pariwisata di daerahnya masing-masing. Jogjakarta memiliki banyak sekali tempat wisata yang tersebar di kota dan kabupaten. Setiap tempat wisata memiliki tema yang berbeda dan akan cocok pula untuk komunitas yang berbeda.

Lintas Komunitas menjadi forum komunikasi komunitas yang telah berdiri sejak 2015. Beberapa agenda bersama telah terselenggara. Lintas Komunitas sendiri tiga tahun sebelumnya sudah memberikan bantuan yang mensinergikan antara kegiatan pembangunan destinasi, pendampingan serta promosi secara menyeluruh di destinasi wisata Tlatar Seneng, tebing breksi. Sampai saat ini telah tercatat sebanyak 62 komunitas dari bermacam hobi bergabung menjadi satu wadah di Lintas Komunitas. GenPi Jogja bekerjasa dengan Dinas Pariwisata DIY mengadakan acara Weekend Camp bersama Lintas Komunitas. Acara ini diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 6-7 Oktober bertempat di Watu Mabur Mangunan dan Pasar Kakilangit. Akan ada 20 tenda dome dan 2 tenda regu bagi perwakilan anggota komunitas yang telah terdaftar di Lintas Komunitas.

 Puncak  acara pada tanggal 7 Oktober akan diselenggarakan di salah satu destinasi digital Jogja yaitu, Pasar Kakilangit. Pasar Kakilangit merupakan pasar kuliner tradisional yang dikelola GenPi Jogja bersama dengan masyarakat setempat. Acara tanggal 7 Oktober ini dimulai dari pagi pukul 05.30 hingga selesai dan akan dimeriahkan dengan berbagai macam atraksi dan pertunjukkan. Ada deklarasi ulang lintas, atraksi komunitas, penampilan beberapa band indie, tari tradisional dan pertunjukan Tebanglah Daku Kau Berenang oleh wayang kampung sebelah. Acara ini diharapkan akan berlangsung dengan meriah sekaligus untuk mempromosikan wisata Watu Mabur dan pasar Kakilangit. Meskipun digunakan untuk acara Lintas Komunitas, masyarakat umum juga tetap diperbolehkan untuk mengunjungi pasar Kakilangit. Jangan lewatkan kesempatan ini, karena pasar Kakilangit hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu.

Tahun lalu Lintas Komunitas juga mengadakan gathering yang bertajuk “Genreaksi Mangunsari” dengan tema kegiatan Aksi Peduli Wisata Lintas Komunitas di desa Mangunsari. Tahun ini camping bersama Lintas Komunitas ini bertemakan “Semangat Guyup Rukun Migunani” merupakan representasi dari semangat kepedulian dan kecintaan akan Jogjakarta melalui kegiatan-kegiatan positif yang  mendukung program pemerintah sesuai dengan visi dan misi khas komunitas. Guyub rukun artinya kebersamaan dalam keselarasan dan migunani artinya berguna. Acara camping bersama ini akan mempererat hubungan antar komunitas sehingga tercipta kebersamaan dan keselarasan, akhirnya akan memaksimalkan manfaat untuk Jogjakarta. Menjadikan Jogjakarta menjadi destinasi wisata yang aman dan nyaman.

Muat Lagi Dari Kazebara
Muat Lebih Banyak Di Destinasi Digital