Buka Rute Baru Ke Kulon Progo, AirAsia Ajak Jelajahi Lombok

6 min read
0
41

genpijogja.com – Maskapai AirAsia telah membuka rute penerbangan baru dari  Lombok – Kulonprogo – Lombok  mulai 1 Agustus 2019.

“Maskapai AirAsia membuka penerbangan perdana Lombok – YIA dan Batik Air menambah rute YIA – Denpasar,” jelas Pelaksana Tugas Sementara (PTS) GM Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA)  Agus Pandu Purnama kepada rekan media.

Baca juga: Mulai 25 September, Lion Air Buka Penerbangan Pontianak – Kulon Progo
Buka Rute Baru Ke Kulon Progo, AirAsia Ajak Jelajahi Lombok
Buka Rute Baru Ke Kulon Progo, AirAsia Ajak Jelajahi Lombok

Dua rute ini sebenarnya sudah ada di Adisutjipto Internasional Airport Yogyakarta. Namun dengan tawaran harga tiket dari Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulonprogo yang lebih murah daripada Adisutjipto Internasional Airport, Pandu yakin pembukaan rute baru dari YIA menuju Zainuddin Abdul Madjid International Airport di Lombok akan menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler untuk memilih penerbangan dari YIA.

Apalagi Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulonprogo, banyak diminati traveler tujuan DIY dan Jawa Tengah selatan, seperti Purworejo, Kebumen, Cilacap, Temanggung dan Banjarnegara.

Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulonprogo akan mendapatkan pelimpahan rute penerbangan yang selama ini ada di Adisutjipto Internasional Airport Yogyakarta. Setidaknya ada 65 penerbangan yang akan dipindah, ketika YIA nanti sudah full operasional.

“Bulan Oktober ini akan ada 65 penerbangan dari Adisutjipto yang akan dipindah ke YIA,” jelas Pandu.

Selama bulan Mei, tercatat ada 62 penerbangan di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulonprogo dengan jumlah penumpang mencapai 2.935 penumpang. Sedangkan untuk bulan Juni melonjak dengan 290 penerbangan dengan total penumpang 27.717 orang.

Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulonprogo didukung dengan pelayanan kargo dengan kapasitas per hari mencapai 500 ton. Kapasitas ini jauh dari ketersediaan layanan kargo di Adisutjipto Internasional Airport Yogyakarta yang sangat terbatas. Ini akan membuka peluang ekspor dan impor, di wilayah DIY meningkat.

“Kapasitas ini nantinya 200 ton untuk penerbangan internasional dan 300 ton domestik,” jelas Airport Operation and Services Senior manager PT Angkasa Pura I Nyoman Nur Rohim.

Rute baru Lombok – Kulon Progo – Lombok tahap awal menghadirkan satu frekuensi terbang setiap hari. Dalam penerbangan Lombok – YIA, pesawat AirAsia akan lepas landas dari Zainuddin Abdul Madjid International Airport Lombok pukul 08.05 WITA dan sesuai jadwal mendarat pukul 08.35 WIB di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulonprogo.

Untuk rute sebaliknya tetap dilayani pada hari yang sama, maskapai AirAsia akan berangkat dari Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulonprogo pukul 09.00 WIB, diperkirakan tiba di Zainuddin Abdul Madjid International Airport Lombok pukul 11.25 WITA.

Baca juga: Ini Dia, Satu-Satunya Maskapai Direct Flight Makassar – Kulon Progo
Buka Rute Baru Ke Kulon Progo, AirAsia Ajak Jelajahi Lombok
Harga tiket AirAsia Lombok menuju YIA. Sumber: airasia.com.

Dalam laman resmi AirAsia tertera harga tiket pesawat dari Zainuddin Abdul Madjid International Airport Lombok menuju Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo tanggal 26 Oktober 2019, book tanggal 15 Oktober 2019, di harga Rp521.940.

Baca juga: Ingin Menjelajah Palangkaraya? Batik Air Buka Rute Direct Flight dari YIA
Buka Rute Baru Ke Kulon Progo, AirAsia Ajak Jelajahi Lombok
Harga tiket AirAsia Lombok menuju YIA. Sumber: airasia.com.

Sedangkan harga tiket pesawat dari Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo menuju Zainuddin Abdul Madjid International Airport Lombok tanggal 26 Oktober 2019, book tanggal 15 Oktober 2019, di harga Rp433.840.

Travelers yang menggunakan maskapai AirAsia dihimbau untuk check-in lebih awal, kalau bisa 120 menit sebelum jadwal keberangkatan pesawat sudah standby di airport. Himbauan ini untuk berjaga-jaga menghindari antrean panjang saat check-in. Untuk informasi, counter check-in maskapai AirAsia ditutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan penerbangan domestik.

Anda dipersilakan check-in di airport jika memiliki keterbatasan gerak atau membutuhkan bantuan khusus, bepergian dengan bayi berumur 8 hari ke bawah atau Anda berumur diantara 12 hingga 16 tahun dan bepergian sendiri.

Anak-anak berumur 12 hingga di bawah 16 tahun pada tanggal penerbangan harus check-in di konter check-in airport bersama orangtua atau wali dengan membawa kartu identitas dari pemerintah. Disarankan juga untuk menunjukkan surat keterangan sehat dari dokter kepada pegawai konter atau pintu boarding jika Anda hamil atau memiliki kondisi medis tertentu.

Untuk hampir semua penerbangan, check-in web dibuka 14 hari sebelum keberangkatan. Untuk penerbangan AirAsia, tutup 1 jam sebelum keberangkatan dan untuk penerbangan AirAsia X tutup 4 jam sebelum keberangkatan.

Baca juga artikel terkait Tips Traveling atau tulisan menarik lainnya pacarkecilku.
Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In Tips Traveling