BOB bersama GenPI Jogja, Explorasee Destinasi di Kotagede

6 min read
1
18

Badan Otorita Borobudur (BOB) rangkul Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jogja dalam program Eksplorasi destinasi wisata terpilih yang bertajuk eXploraSEE. Pada eXploraSEE pertama ini akan menelusuri Kotagede sebagai destinasi pertama. Acara ini akan dilaksanakan pada Sabtu (21/1).

Bapak Ramlan Kamarullah selaku Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik, Badan Otorita Borobudur, berharap, semoga acara ini sebagai salah satu media pengenalan Badan Otorita Borobudur ke berbagai stakeholder yang terlibat.

“Mungkin banyak orang yang mengenal Badan Otorita Borobudur mengurusi Candi Borobudur. Padahal kami tidak terlibat secara langsung dalam hal pengelolaan Candi Borobudur.” Tukas Ramlan.

Badan Pelaksana Otorita Borobudur merupakan satuan kerja di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia sesuai dengan Keputusan Menteri Pariwisata nomor 10 Tahun 2017. BOB mempunyai tugas Otoritatif mencakup pengelolaan lahan seluas 309 ha di perbukitan Menoreh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pengembangkan Zona Otorita seluas 309 Hektar yang merupakan kawasan pariwisata eksklusif yang bernuansa alam akan dikembangkan dengan konsep culture and Adventure Eco-Tourism, tentunya dengan mengembangkan aspek kelestarian dan keramahan pada alam.

Zona Otorita ini akan dibangun dengan menyediakan berbagai fasilitas wisata bertaraf Internasional seperti hotel dengan konsep Glamorous Camping, Eco Resort, Fine Dining Restaurant, MICE, dan didukung dengan kawasan di sekitarnya yang sudah mulai berkembang, sehingga dapat meningkatkan nilai investasi di Zona Otorita Badan Otorita.

Tugas dan Fungsi BOB ini bersifat tugas koordinatif yang meliputi 3 kawasan Destinasi Pariwisata Nasional (DPN), antara lain Borobudur – Yogyakarta dan sekitarnya, Solo – Sangiran dan sekitarnya, Semarang – Karimun jawa dan sekitarnya yang mencakup 30 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, DIY dan sebagian Jawa Timur.

Untuk itu BOB selalu melakukan koordinasi, sinkronisasi dan fasiitasi perencanaan, pengembangan, pembangunan, dan pengendalian kepariwisataan dan ekonomi kreatif di wilayah 3 DPN.

Terselenggaranya acara eXploraSEE ini berkat dukungan penuh dari BOB. Kehadiran Badan Otorita Borobudur dalam koordinasi, sinkronisasi dan kolaborasi di sektor kepariwisataan dan ekraf di wilayah 3 DPN, memiliki peran yang sangat positif bagi pemerintah daerah, swasta, stakeholder, dan masyarakat.

Kegiatan ini melibatkan berbagai macam stakeholder yang ada di kotagede, mulai dari para peserta sebagai wisatawan, para pokdarwis, pemerintah daerah setempat, pelaku umkm hingga anak-anak yang terlibat dalam berbagai kegiatan di Kotagede. Para peserta akan menyusuri gang-gang di wilayah kotagede dalam berbagai permainan yang disusun secara tematik dalam satu rute tertentu.

Besar harapan BOB bagi perkembangan dunia pariwisata dan ekraf di Indonesia. BOB berharap dengan adanya acara ini dapat mendekatkan BOB dengan berbagai stakeholder yang ada di lapangan secara langsung.

”Kami berharap dengan adanya kegiatan eXploraSEE ini, masyarakat mendapatkan berbagai manfaat secara langsung, baik dari segi edukasi maupun ekonomi.”ungkap Ramlan Kamarullah.

Semua kegiatan dan edukasi mengenai Badan Otorita Borobudur dapat diakses melalui semua kanal media sosial BOB.
”Untuk mengetahui lebih banyak tentang Badan Otorita Borobudur masyarakat dapat mengikuti di sosmed BOB @boborobudur maupun website: bob.kemenparekraf.go.id”, tambah Ramlan Kamarullah.

Ketua Harian GenPI Jogja, Hardy Wiratama menyampaikan bahwa acara ini merupakan langkah konkrit kolaborasi Pemerintah dengan pihak swasta yang sama-sama ingin memajukan pariwisata. Kegiatan eXploraSEE Destinasi perdana ini semoga dapat menginspirasi para penggiat pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melakukan kegiatan serupa. “Konsep eXploraSEE Destinasi ini tidak hanya menghadirkan wisata yang monoton, tapi juga memberikan pengalaman secara langsung. Para wisatawan harapannya dapat mengenang sehingga bisa kembali lagi kesini.” ungkap Hardy.

“BOB sudah menjadi partner yang luar biasa, menunjukkan bahwa pemerintah memiliki perhatian yang besar dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif. Harapannya kolaborasi yang terjalin saat ini dapat terus berlangsung kedepannya,”ujar Hardy.

Load More Related Articles
Load More By Pras Chandrawardhana
Load More In News