Bhumi Merapi, Agrowisata Sleman yang Sarat Edukasi Satwa

6 min read
0
39

genpijogja.com – Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal melalui sektor pariwisata. Melalui pariwisata, Jogja menyuguhkan berbagai macam budaya serta ciri khasnya. Ada banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi di daerah yang terkenal dengan kuliner gudegnya ini.

Mulai dari wisata yang challenging memicu adrenalin hingga tempat wisata family time untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Tak hanya itu, ragam destinasi wisata di kota pelajar ini juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mengedukasi anak-anak, salah satunya adalah Bhumi Merapi.

Spot Foto di Bhumi Merapi
Spot Foto di Bhumi Merapi

Bhumi Merapi merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok untuk keluarga, khususnya kalau kamu sudah memiliki anak-anak. Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang mengusung konsep gabungan yaitu edukasi dan agrowisata ini berada di kaki gunung Merapi.

Oleh karena itu, tak heran apabila kesejukkan selalu terasa di Bhumi Merapi. Berlokasi di jalan Kaliurang KM.20 Sawungan Hargobinangun Pakem Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, Bhumi Merapi menyuguhkan pemandangan yang indah dan spot menarik yang dapat dipakai sebagai sarana edukasi atau sekedar berfoto.

Tempat wisata yang memiliki lahan seluas 5,2 Ha ini juga dimanfaatkan untuk perkebunan, pertanian dan peternakan. Masuk ke dalam area Bhumi Merapi wisatawan akan disambut dengan pemandangan sebuah tempat peristirahatan berbentuk joglo atau rumah Jawa.

Mengingat bahwa Bhumi Merapi mengusung konsep eduwisata, yaitu perpaduan edukasi dan juga pariwisata. Maka setiap wahana yang ada selalu memiliki nilai-nilai penting yang ingin disampaikan kepada para pengunjungnya. Wahana edukasi yang ada di Bhumi Merapi ada bermacam-macam seperti area budidaya binatang peliharaan, area kebun hidroponik, area pacuan kuda, area outbond, area camping dan juga wisata sejarah yaitu goa Ponggolo.

Goa Ponggolo merupakan situs bersejarah yang cukup tua di Bhumi Merapi. Goa ini memiliki panjang kurang lebih sekitar 350 meter dan berusia sekitar 200 tahun. Oleh karena itu, tak heran apabila banyak sekali wisatawan yang tertarik mengunjungi Bhumi Merapi. Tidak hanya wisatawan dalam kota namun juga luar kota, terutama rombongan sekolah.

Baca juga: Mau Bermain ke Dunia Bajak Laut? Ayo ke Jogja Bay!
Area di Bhumi Merapi
Area di Bhumi Merapi

Mengapa kamu harus ke Bhumi Merapi ?

Tempat wisata di Sleman yang dibuka sejak tahun 2015 ini banyak memberikan kesempatan kepada para pengunjungnya, tidak hanya untuk berlibur namun juga belajar. Di Bhumi Merapi, para pengunjung dapat belajar tentang budidaya ternak kambing dan kelinci.

Selain itu, pengunjung juga bisa belajar untuk memberi pakan ternak, memerah susu kambing, memberi minum susu pada anak kambing Ettawa melalui dot atau botol susu, juga menyentuh kura-kura.

Baca juga: Wisata Puri Mataram, Piknik Hemat Bagi Keluarga Muda

Kelinci di Bhumi Merapi

Bagi para wisatawan yang tertarik untuk menghabiskan masa liburan di Bhumi Merapi, caranya mudah saja. Agrowisata Bhumi Merapi buka setiap hari, mulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Selain itu, berwisata ke Bhumi Merapi tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Bermodalkan uang Rp20.000, para pengunjung sudah bisa menikmati liburan yang sarat dengan nilai-nilai edukasi wisata di Bhumi Merapi.

Untuk mencapai lokasi Bhumi Merapi, wisatawan dapat memulai perjalanan dari jalan Kaliurang lalu meneruskan rute menuju ke arah utara. Setelah memasuki KM.19, tak jauh dari sana akan terlihat baliho besar pada sisi kiri jalan bertuliskan Bhumi Merapi.

Setelah Balai Desa Hargobinangun yang berlokasi di sebelah kanan jalan Kaliurang, kamu akan memukan jalan kecil menuju Bhumi Merapi. Dari tepi jalan Kaliurang, wisata Bhumi Merapi hanya berjarak sekitar 50 meter saja.

Selamat berlibur bersama keluarga!

Baca juga artikel tentang Destinasi Wisata atau tulisan menarik lainnya Bayu.
Load More Related Articles
Load More By Bayu
Load More In Destinasi Wisata