Bersinar dalam Kegelapan di Opening Ceremony SUMONAR 2022 “Metamorpholux”

4 min read
1
21

Opening Ceremony SUMONAR 2022 “Metamorpholux” pada Senin, 4 Oktober 2022 dibuka dengan sambutan meriah dari Jogja Video Mapping Project (JVMP) sebagai pihak penyelenggara.

Hari pertama sekaligus opening ceremony ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), para seniman, sponsor, tamu undangan lain, dan 150 pengunjung.

Terdapat kurang lebih 40 (empat puluh) seniman seni cahaya nasional yang terlibat dalam sumonar kali ini. Mulai dari Blamco Benz Atelier dari Tangerang, Octo Cornelius dari Yogyakarta, Kae dari Jakarta, hingga Okular Project dari Bali.

Karya yang ditampilkan pun beragam, antara lain video mapping, instalasi cahaya, dan motion. Ruang pamer yang paling diminati oleh pengunjung adalah karya-karya yang bersifat interaktif.

Seperti “Festival Relics” berupa piano interaktif dengan visual yang dihadirkan secara generatif. Atau karya milik Kae yang dinamai “Pixelviridae 2.0” yaitu instalasi digital mapping bersifat interaktif berupa perpindahan virus piksel/titik warna kecil dari gerak dan gestur manusia yang diproses dan kemudian dibaca melalui visual dari piksel yang saling terkoneksi.

Pengunjung bahkan diajak untuk melukis dengan cat warna yang menyala dalam video mapping interaktif di ruang pamer “Merekam Rupa Imajinasi” karya milik Artclass Cikgu Indonesia.

Ini jadi karya menarik bagi anak-anak sehingga mereka tertarik belajar tentang seni cahaya di pameran. Tiket masuk pameran SUMONAR 2022 untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak dipungut biaya sehingga mereka dapat berkunjung sebagai kelas edukasi.

“Yang dimaknai dalam sektor kebudayaan adalah cahaya menjadi titik tuju dalam kegelapan. Selamat datang sumonar, semoga seniman akan selalu bercahaya.” Ucap Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menutup sambutannya dalam Open Ceremony SUMONAR 2022. Beliau berharap cahaya di festival sumonar kali ini mampu menerangi, menyenangkan, dan membahagiakan masyarakat.

SUMONAR 2022 bertajuk Metamorpholux “Theatrica Realismus” menghadirkan program Video Mapping Gallery & Exhibiton selama 9 hari mulai Selasa, 4 Oktober hingga Rabu, 12 Oktober 2022 nanti. Wisatawan dapat berkunjung setiap hari mulai pukul 13.00-21.00 di gedung Jogja National Museum (JNM). Akan ada Art Performance setiap pukul 15.00-19.00 WIB.

Selain itu, ada program yang diadakan secara terbatas diantaranya Workshop yang akan dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 7-8 Oktober pukul 14.00-17.00 WIB. Disusul oleh program Creative Talk & Gathering pada tanggal 10 Oktober 2022 pukul 14.00-17.00 WIB dan Sumonium pada tanggal 11 Oktober dengan waktu yang sama.

Sementara itu, ada Video Mapping Show yang akan diputar pada tanggal 5-11 Oktober 2022 mulai pukul 19.00-21.00 WIB pada gedung heritage di kawasan Nol KM Malioboro, Yogyakarta. Jangan khawatir, para wisatawan di sekitar dapat menikmatinya secara gratis.

Jadwal program SUMONAR 2022 yang lebih lengkap dapat kamu akses melalui media sosial instagram @sumonarfest.

Selamat menikmati cahaya dalam kegelapan di SUMONAR 2022 dan jangan lupa ajak orang tercinta untuk diajak pergi bersama!

Load More Related Articles
Load More By Dzatarisa Almas
Load More In Event