Home Destinasi Digital Berburu Senja yang Eksotis di Pasar Ngingrong

Berburu Senja yang Eksotis di Pasar Ngingrong

6 menit waktu baca
44
Launching Pasar Ngingrong
Launching Pasar Ngingrong. Foto milik Hardy Wiratama.

Angin sejuk membelai wajahku. Perlahan langit berwarna merah tembaga. Pepohonan menjelma siluet seiring dengan matahari yang temaram. Malam menjelang dan angin semakin dingin. Kontras dengan susana alam yang semakin tenang. Lampu-lampu dinyalakan, orang-orang berdatangan. Aku masih meresapi ketenangan menyambut malam. Aroma jahe menyeruak dari dari semangkuk wedang ronde hangat. Kuhirup dalam-dalam paduan harmonis kuah jahe, kolang-kaling, kacang tanah dan bulatan ronde yang kenyal. Sungguh hidup terasa menyenangkan.

Lembah Ngingrong merupakan satu dari 16 kawasan geosite Gunungsewu Geopark Network di Gunungkidul. Destinasi lain yang terkenal adalah Gunung Api Purba Nglangeran. Luasnya sekitar 10 hektar dengan kedalaman 80 meter. Sejak tahun 2015 Lembah Ngingrong mulai dikenal wisatawan.

Tak jauh dari lembah Dinas Pariwisata Gunungkidul membangun Taman Batu atau Taman Geopark di sebelah barat Lembah Ngingrong. Geosite adalah sebuah wisata yang terbentuk dari susunan geologi, biologi dan kebudaayan, atau singkatnya adalah wisata alam. Selain wisata kuliner kamu bisa mencoba flying fox atau menyusuri gua.

Pasar Ngingrong yang terletak di Mulo, Wonosari, mudah dijangkau karena berada di tepi jalan. Dari arah Jogja posisinya berada di kanan jalan. Area depan adalah tempat parkir yang cukup luas dan sebagian beratap. Masuk ke dalam pasar ada pintu gerbang dari batang bambu bertuliskan Destinasi Digital Pasar Ngingrong. Berhentilah sejenak untuk mengambil foto sebagai bukti kamu sudah berkunjung di Pasar Ngingrong.

Sebelum membeli makanan kamu harus menukar uang Rupiah ke mata uang khas pasar Ngingrong terlebih dahulu. Mata uang pasar Ngingrong terbuat dari kayu berbentuk bulat dengan dengan konversi pecahan 1000 Rupiah menjadi uang bertuliskan 1. Tukarkan uang sesuai dengan kebutuhan.

Fasilitas yang ada di area pasar selain lapak dan tempat makan ada toilet dan kesekretariatan. Jika kamu mau sholat di tempat ini belum ada mushola, jadi sholat di masjid yang ada di dekat pasar Ngingrong.

Kawasan geosite pasar Ngingrong memiliki pemandangan alam yang sangat indah di sore hari. Cuaca yang semakin sejuk berpadu dengan senja menimbulkan suasana romantis dan menenangkan. Area belakang pasar dekat dengan lembah yang bertuliskan Ngingrong menjadi area yang sangat direkomendasikan untuk mengambil foto di sore hari dan menjelang senja datang.

Ketika masih sore latar foto adalah langit biru cerah berhiaskan awan dengan balutan deretan pohon-pohon jati berwarna perak tanpa daun, membuat pemandangan semakin eksotis. Menjelang senja, latar foto berubah menjadi langit jingga dengan siluet pepohonan yang tampak menghitam. Kamu juga bisa mencoba mengambil foto siluet untuk diposting di media sosial. Foto bertemakan senja ini bisa menjadi koleksi foto yang kece dan instagramable.

Selain mengambil foto kamu juga bisa menikmati senja sembari mengobrol santai bersama teman ditemani dengan makanan daerah yang dijual para pedagang. Ketika hari semakin malam dan dingin cobalah semangkuk wedang ronde yang bisa menghangatkan badan. Bisa dipadukan dengan makanan berkuah seperti bakso dan soto.

Kalau tidak terlalu lapar kamu juga bisa memesan aneka camilan seperti singkong goreng, jadah tempe, atau kue-kue kukus. Suasana yang tenang ini bisa juga kamu manfaatkan untuk sekadar berkontemplasi dan menenangkan pikiran.

Selain menikmati makanan tradisional di dekat tebing, kamu juga bisa duduk santai dibawah pohon jati berhiaskan atap kain berwarna-warni. Ketika hari masih siang dan matahari sedang terik, area dekat dengan lapak pedagang cukup teduh untuk beristirahat.

Pada acara peluncuran pasar 9 September 2018 lalu, juga ada pertunjukkan tari, jathilan dan ditutup dengan musik akustik. Acara ini berlangsung dengan meriah dan ramai pengunjung. Kedepannya diharapkan pasar Ngingrong menjadi salah satu destinasi unggulan Gunungkidul di bidang kuliner.

Muat Lagi Dari Kazebara
Muat Lebih Banyak Di Destinasi Digital