Belasan Tahun Merawat Vespa Jogja, Intip Ketangguhan Komunitas Tawon Lanang Scooterace

6 min read
0
128

genpijogja.com – Vespa merupakan kendaraan scooter asal Italia, dengan perusahaan induk bernama Piaggio. Usut punya usut, asal muasal nama Vespa ternyata berasal dari bahasa Italia yang berarti Tawon.

Makna ‘Tawon’ tersebut tampaknya menginspirasi nama komunitas Vespa di Jogja yang tangguh berdiri sejak belasan tahun lalu. Ya, ini dia Tawon Lanang Scooterace.

Nama tersebut dipilih karena anggota komunitas Vespa tersebut rata-rata lanang atau laki-laki dan juga suka ngentup (menyengat).

Tawon Lanang Scooterace (TLS YK) 12 tahun Merawat Vespa Jogja

 

“Tawon kan juga ngentup, Mbak. Terbangnya cepat. Jadi biar bisa balapan dan ngentup yang lain alias menang,” canda Mas Bento.

Pada 15 April 2021,  Tawon Lanang Scooterace tepat berulang tahun yang ke-12. Tawon Lanang Scooterace atau yang lebih akrab disapa TLS YK sudah berdiri sejak tahun 2009.

Berdirinya TLS YK dipelopori oleh empat orang mahasiswa waktu itu, salah satunya ialah Andinnahar lebih dikenal dengan panggilan Mas Bento. Belasan tahun berlalu, kini anggota TLS YK sudah sekitar 100-an orang.

Beberapa waktu lalu, saya beruntung bisa bertemu dengan komunitas TLS YK. Anggotanya ramah-ramah, gokil, solid, dan kompak bahagia. Serasa tanpa beban di hidupnya. Pas malam minggu saya ikut kopdar dengan TLS YK di parkiran Toko An Nisa Jalan Urip Sumoharjo seberang Mie Ayam Kamehame.

“Dulu kopdarnya enggak di sini, Mbak. Kopdar anak vespa di Nol Kilometer sudah terkenal sebelum ada perbaikan tata ruang.”cerita Mas Bento.

Tawon Lanang Scooterace (TLS YK) 12 tahun Merawat Vespa Jogja

“Mulanya jadi komunitas waktu itu bulan puasa kami berempat memakai vespa sering bagi-bagi takjil pas bulan ramadhan, Mbak. Lama kelamaan banyak yang ikut datang bergabung, akhirnya jadi keluarga.” papar Mas Bento.

Pada tahun 2010, mereka mengikuti kontes vespa dari Mataram Scooter Community . Vespa modif berwarna ungu waktu itulah yang membuat nama TLS YK dikenal. Iya, sebelum TLS YK sudah ada beberapa komunitas vespa yang lahir waktu itu seperti Mataram Scooter Community (MSC).

Selain menjadi komunitas, TLS YK juga mendirikan bengkel vespa sejak tahun 2011. Berlokasi di Jalan Sukun No. 94, Karangbendo, Banguntapan, Bantul, DIY. Bengkelnya sederhana namun penuh tawa ramah dan kehangatan.

Saat ini TLS YK lebih fokus merawat vespa balap dan klasik. Dilansir dari instagramnya, bengkel TLS YK juga memberikan edukasi untuk merawat vespa para pecinta vespa. Selain itu TLS YK juga memproduksi knalpot khusus vespa.

“Dulu kan masih mahasiswa sering kumpul, daripada tidak menghasilkan akhirnya buatlah bengkel.”jelas mas Bento, si Presiden TLS YK ini.

Bengkel TLS YK buka setiap Senin-Minggu pukul 9.00-17.00 WIB jika tidak lembur. Mereka menerima service rutin motor vespa.

Mulai dari 90 ribu rupiah, vespa kalian sudah bisa diganti oli. Seperti bengkel lainnya, jika ada sparepart yang butuh diganti maka akan dikenakan tambahan biaya.

Beberapa kali TLS YK selalu mengikuti perlombaan vespa balap. Seperti di Sirkuit Mijen Semarang, dan kemarin juga sempat mengikuti ajang di Sirkuit Sentul, Bogor. Tak main-main piala mereka pun sudah banyak.

Tawon Lanang Scooterace (TLS YK) 12 tahun Merawat Vespa Jogja

Di bulan puasa kali ini karena pandemi covid-19 TLS YK tidak mengadakan bagi-bagi takjil, namun tetap bakti sosial ke panti asuhan melalui beberapa perwakilan. Hal ini dikarenakan supaya tidak mengakibatkan kerumunan massa.

Komunitas TLS YK juga sering mengikuti rolling keliling kota bersama komunitas vespa lain seperti Jogja Rolling Scooter (JRS). Mereka selalu berpartisipasi di depan sendiri dan nge-gasss.

Meskipun begitu TLS YK mempunyai motto Road, Speed, Freedom. Maknanya yaitu kebebasan kecepatan di jalanan.

“Di jalan arep alon banter sing penting gass poll.”tegas Mas Bento.

TLS YK juga aktif di media sosial, jika kalian penasaran akan komunitas vespa ini, bisa dikepoin IG-nya @tawonlanangscooterace dan Youtube Channelnya di TLS YK Channel.

TLS YK juga sering mengadakan give away di youtube channel mereka. Ada kaos, knalpot, topi, dan lainnya. Semoga kalian beruntung ya. Jadi, kapan kita rolling lagi?

Load More Related Articles
Load More By Sany Maya
Load More In Community