Bedog Art Festival: Semangat Kebaikan Untuk Semesta

4 min read
0
51

Sebagai festival seni yang selalu dekat dengan alam, Bedog Art Festival atau yang dikenal dengan BAF kembali hadir di tahun 2023. Bedog Arts Festival (BAF) adalah festival yang diselenggarakan di lingkungan sungai sebagai ruang kreatif dengan keunikan tersendiri yang telah hadir sejak tahun 2007. 

Festival ini merupakan perayaan keberagaman di ranah seni dan budaya sekaligus menjalin kembali hubungan budaya antara masyarakat dan sungai. BAF sendiri diinisiasi oleh alm Dr. Martinus Miroto, M.FA. Pelaksanaan BAF ini akan selalu berada di sungai Bedog kawasan studio Banjarmili yang berlokasi di Kradenan, Banyuraden, Kecamatan Gamping, Sleman.

Pelaksanaannya setiap tahun pun selalu berbeda-beda. Sejak pelaksanaan BAF yang pertama selalu mengusung tema yang bervariasi, seperti pada tahun tahun lalu misalnya (2022) yang mengangkat tema “Memayu Hayuning Sukma”. Pada tahun 2023 ini BAF kembali hadir di tahun ke 13, dengan mengangkat tema “Spirit Baik Untuk Semesta”. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2023 pukul 19.00 WIB.


BAF 13 kali ini akan menampilkan 11 penampil dari berbagai sanggar dan artis lokal. Diantaranya  Sanggar Tari Kembang Sakura, Omah Cangkem Mataraman, Syafmanefi Alamanda, Kinanti Sekar Rahina, Keroncong Roti Bakar feat Seo, Martina feiertag, Mila Ro x Mila Art Dance, New Zuguz Gedroex, Imin & Friends, Miroto Dance Company, Pulung Dance Company.

Cukup berbeda dengan tahun sebelumnya yang menggunakan konsep indoor, tahun ini BAF memakai
konsep outdoor dan disiarkan di Youtube Channel Bedog Arts Festival.

Dengan konsistensi terhadap pelaksanaan yang dilakukan BAF saat ini merupakan bagian dari salah event kebudayaan yang sudah menjadi agenda rutin tahun bagi pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Serta BAF telah turut menjadi ‘part of’ dari Jogja Festival Forum & Expo dan Sleman Creatif Week.


Bedog Arts Festival (BAF) merupakan perhelatan pementasan seni pertunjukan ‘site specific’ karena dilaksanakan di panggung di atas sungai Bedog, wilayah Dusun Kradenan, Banyuraden, Gamping, Sleman.

Melalui penyelenggaraan BAF maka akan terjalin silaturahmi yang baik antara Studio Banjarmili sebagai pemangku festival dengan instansi pemerintahan: Dinas Pariwisata Sleman, sanggar dan kelompok seni, seniman, dan masyarakat lokal dalam rangka merawat dan melestarikan budaya, serta memberikan ruang ekspresi bagi para pencipta seni muda untuk mewujudkan karya cipta mereka ke dalam sebuah karya seni pertunjukan.

Spirit almarhum pak Miroto sebagai pendiri BAF menjadi spirit positif dan dasar kekuatan kami dalam penyelenggaraan BAF#13 ini dan BAF selanjutnya. Nyuwun pangestu.  Untuk dapat menyaksikan Bedog Arts Festival 2023 “Spirit Baik Untuk Semesta”, para pengunjung dapat hadir secara langsung di lokasi acara tanpa dipungut biaya apapun. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk menjaga kebudayaan juga melestarikan kebudayaan yang hakikatnya milik semua masyarakat dan memang gratis untuk ditunjukkan. 

 

Load More Related Articles
Load More By Pras Chandrawardhana
Load More In Event