Bakpia Salak Alris, Oleh-oleh Khas Jogja yang Wajib Banget Dicoba

7 min read
0
49

genpijogja.com – “Bakpia asli Jogja yang enak, cocok buat oleh-oleh, dan harga bersahabat kira-kira apa ya?” – Teman yang berlibur ke Jogja.

Sebagai akamsi alias anak kampung sini, pertanyaan seputar bakpia rasanya tak pernah habis. Apalagi kalau musim liburan tiba, sehari saja bisa beberapa orang bertanya soal bakpia.

Maklum saja, dalam benak orang-orang, oleh-oleh khas Jogja yang terkenal praktis dan mudah dicari, ya bakpia. Apalagi bakpia telah dimodifikasi sedemikian rupa menjadi oleh-oleh kekinian.

Dulu, kalau ada teman bertanya soal bakpia, biasanya langsung aku arahkan ke sentra terkemuka di Jogja. Pasalnya, kalau coba-coba yang lain, takutnya mereka malah bakal kecewa dengan rasa.

Namun, kini aku punya rekomendasi baru bakpia yang patut untuk dicoba. Sebab tak cuma enak, bakpia satu ini juga diproduksi UMKM penggerak perekonomian warga.

Baca juga: Lebaran bersama Gudeg Manggar

Bakpia Salak Alris

Bakpia Salak Alris, begitulah nama produk oleh-oleh Jogja yang baru pertama kali aku coba baru-baru ini. Bakpia Salak Alris merupakan salah satu produk unggulan UMKM Sleman.

Eh terus rasanya gimana tuh?” tanya teman ketika aku mengabarkan tentang keberadaan bakpia salak.

Kamu penasaran? Wajar. Sebab biasanya sentra oleh-oleh bakpia menawarkan rasa-rasa mainstrem saja, seperti kacang hijau, coklat, maupun keju. Meski beberapa sudah mencoba berinovasi menghadirkan rasa lain, termasuk durian dan green tea.

Sebagai informasi, Bakpia Salak Alris merupakan camilan khas Kabupaten Sleman, Jogja yang menggunakan olahan pasta buah Salak Pondoh segar.

Mengusung tagline oleh-oleh khas Jogja, Bakpia Salak Alris sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan camilan manis teman minum teh.

Penghujung petang kala itu, Bakpia Salak Alris tiba di tangan. Kemasannya serupa dengan produk bakpia yang dijajakan di tempat lainnya. Warna yang dipakai merah hati, seakan-akan berani menggebrak kuliner lokal di tengah situasi pandemi.

Baca juga: Bakso Kelor Teges, Bakso Sehat Marai Teges

Bakpia Salak Alris

Satu kemasan produk UMKM Sleman ini berisi 15 pcs bakpia. Menurut informasi yang turut disematkan di akun media sosial, Bakpia Salak Alris tahan sampai 2 bulan apabila dikemas dengan vacuum sealer atau sedot udara.

Akan tetapi, jika diletakkan dalam kemasan dus biasa, maka Bakpia Salak Alris hanya mampu bertahan 10 hari saja. Namun buat aku pribadi, 10 (sepuluh) hari pun tak masalah.

Pasalnya, dalam waktu sekejap Bakpia Salak Alris bisa langsung terbabat habis, apalagi kalau lagi kumpul bersama teman-teman atau saudara.

Soal cita rasa, Bakpia Salak Alris cocok bagi kalian yang tak terlalu gemar makanan manis. Sebab, Bakpia Salak Alris sendiri rendah gula sehingga rasa manis tak terlalu dominan.

Meski beberapa pcs isian bakpia salak tidak merata, namun jangan risau, rasa salak yang ditawarkan bakpia UMKM Sleman ini sangat kuat. Meski begitu, Bakpia Salak Alris tetap layak untuk dicoba.

Nikmatnya Bakpia Salak Alris turut didukung dengan kulit bakpia yang tak kalah bersaing dengan produk lainnya. Kulit Bakpia Salak Alris kress, lembut, dan tidak cracky. Bisa dibilang cukup oke untuk simbah-simbah yang tak lagi punya gigi.

Ada satu lagi nih rahasia Bakpia Salak Alris. Disebutkan bahwa bakpia salak ini tidak menggunakan bahan dasar telur sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang pantang memakan protein.

Baca juga: Kecap Manis Sang Surya, Kecap Manis Tanpa Penyedap dan Pengawet

Bakpia Salak Alris

Untukmu yang mau mencoba, Bakpia Salak Alris bisa didapatkan melalui portal slemanmart.id. Kemasan seberat 425 gram dengan isi 15 pcs, Bakpia Salak Alris dibanderol dengan harga Rp30.000 saja.

Selain itu, Bakpia Salak Alris juga bisa didapatkan langsung di Griya Omah Salak dengan menghubungi melalui WhatsApp di wa.me/+6287738109493 atau di akun facebook Bakpia Salak Jogja Alris.

Baca juga artikel tentang Kuliner atau tulisan menarik lainnya Hernawan.

Cara membeli Bakpia Salak Alris

Bakpia Salak Alris bisa dibeli secara online melalui Slemanmart.id, akun instagram @SlemanMart atau langsung chat admin wa.me/+6289523390203

Selain itu, Bakpia Salak Alris juga tersedia di Griya Omah Salak, untuk info lebih lanjut kamu bisa chat ke WhatsApp di wa.me/+6287738109493 atau di akun facebook Bakpia Salak Jogja Alris.

Satu kemasan Bakpia Salak Alris seberat 425 gram dengan isi 15 pcs, dibanderol dengan harga Rp30.000.

Lokasi PLUT Koperasi & UKM Sleman

PLUT Sleman berlokasi di jalan Candi Gebang, Beran Kidul, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511. Tepat di depan rumah dinas Bupati Sleman.

Silakan klik google maps untuk lokasi PLUT Sleman yang lebih lengkap.

Sleman Mart adalah fasilitas layanan dari Pemerintah Kabupaten Sleman di bawah garis komando Dinas Koperasi dan UKM Sleman melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sleman.

Produk-produk yang dijual di PLUT Sleman adalah produk UMKM Sleman.

Ayo, kita borong bareng produk UMKM!

Load More Related Articles
Load More By Hernawan
Load More In Review