Asyiknya GenPI Jogja Kulineran di Embrio Pasar Ngingrong

3 min read
0
102

YOGYAKARTA – Sabtu, 14 April 2018 GenPI Jogja berkesempatan menjelajahi pesona alam yang ada di Desa Mulo, Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar pukul 06.30 WIB 20 orang dari perwakilan GenPI Jogja yang berisi dari Koordinator GenPI Jogja, Lurah Pasar, dan Staf Pasar Digital berangkat menuju lokasi pertama yaitu embrio destinasi digital berupa Pasar Ngingrong.

Menempuh perjalanan 1 jam 30 menit rombongan sampai di embrio Pasar Ngingrong. Diawali dengan diskusi dengan pengelola pasar offline dan disambut oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul yang akan membersamai selama kegiatan. Hal ini dapat berlangsung berkat koordinasi yang baik antara GenPI Jogja dengan Dinas Pariwisata Gunungkidul.

Menurut Suwarno selaku kepala pasar Ngingrong kedatangan GenPI Jogja untuk belanja konten dan berkoordinasi lebih lanjut mengenai Destinasi Digital sangat diharapkan warga khususnya para pedagang. Lokasi embrio Pasar Ngingrong yang berada parkiran Geosite Ngingrong dipadati lapak pedagang yang berjumlah 35 lapak.

Berbagai macam kuliner dan kudapan khas dijual dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp500 dapat menikmati Emplek. Emplek merupakan kudapan khas yang terbagi dalam dua jenis bahan dasar.  Ada yang berbahan dasar Jagung dengan rasa manis jika dirasakan dan berbahan dasar beras yang terasa gurih. Selain harga yang murah kemasan dan cara memasaknya juga butuh kesabaran untuk membuatnya. Emplek di kemas menggunakan daun pisan dan kemudian dikukus selama 3 jam.

Menurut Ibu Tumirah selaku pedagang jika memasak Emplek memang harus lama. Hal ini supaya tidak keras nantinya jika digigit. Serta harus dibungkus menggunakan daun pisang sebagai penambah aroma. Tidak hanya Emplek, jajanan lainya yaitu Brangkal, Bongko, Jada Tolo dan masih banyak lagi.

Sudah tidak sabar menunggu embrio Pasar Ngingrong menjadi Destinasi Digital yang sesungguhnya. Ditambah lagi terdapat fly fox yang berada di samping embrio pasar dan Gua Ngingrong yang bisa dijelajahi. Selain itu penambahan spot untuk berswafoto semakin menarik wisatan untuk datang dan berlama-lama berwisata di Ngingrong.

Kontributor : Monyoku

Load More Related Articles
Load More By monyoku
Load More In Destinasi Digital