Asin Pedas Sambel Welut Pak Shobirin Bantul

6 min read
0
56

genpijogja.com – Menu sambal berbagai level sudah biasa. Menu serba geprek juga sudah banyak. Nah, bagaimana dengan Sambal Welut? Sudah pernah coba?

Sambal Welut, dibuat dari belut goreng dan bumbu pilihan seperti bawang, kencur, gula jawa, garam dan cabai. Sambel Welut berbahan dasar welut atau belut siap masak. Welut tersebut dibumbui, digoreng setengah matang, lalu diuleg dengan sambal. Sambal Welut disajikan dengan sepiring nasi dan lalapan seperti daun kemangi segar dan irisan mentimun.

Rasa gurih dan pedas menguar dari setiap suapan sambal welut. Tekstur lembut dari sambal dan welut yang gurih pas dipadukan dengan nasi hangat mengepul dan lalapan segar.

Seporsi Sambal Welut Pak Shobirin
Seporsi Sambal Welut Pak Shobirin

Warung Sambal Welut Pak Shobirin tak hanya mengandalkan menu Sambal Welut, tapi juga aneka pilihan sarapan maupun santap siang, seperti Soto Ayam, Lotek, Gado-Gado, Kupat Tahu, dsb.

Lokasi Warung Sambal Welut Pak Shobirin memang masuk desa dan harus mengandalkan GPS (Gunakan Penduduk Sekitar). Kamu perlu bertanya jika baru pertama kali datang ke tempat ini.

Sekilas, warung ini tampak seperti warung tegal dan terkesan sempit. Namun saat memasuki warung, tersedia sejumlah tempat duduk yang bisa menampung sekitar 30 orang.

Tempat parkir tidak ada, karena letak warung berada di tengah pemukiman warga. Tetapi pengunjung bisa parkir kendaraan di sepanjang jalan. Lalu lintas lancar karena jalanan desa relatif sepi.

Sesuai namanya, untuk mengunjungi Warung Sambal Welut Pak Shobirin, pengunjung memang harus sabar mengantre pesanan, apalagi ketika rolasan atau jam makan siang tiba.

Umumnya, mereka yang datang menyerbu Warung Sambal Welut Pak Shobirin adalah pekerja yang sedang istirahat dan ibu-ibu yang membeli lauk untuk keluarganya.

Suasana Warung Sambal Welut Pak Shobirin hangat dan akrab, apalagi jika kamu datang bersama kawan dan kerabat. Interior rumah dari dinding bambu dan lantai tanah, menambah kesan ndeso dan tradisional dari warung welut ini.

Semua menu Warung Sambal Welut Pak Shobirin langsung dibuat begitu dipesan. Sayur-sayurannya pun masih segar. Misalnya saja menu Sambal Welut yang diuleg satu persatu sesuai pesanan. Pastikan Anda tidak salah menyebut jumlah cabai jika memesan Warung Sambal Welut Pak Shobirin. Level pedas bisa Anda atur sendiri.

“Beberapa kali ke sini karena diajak teman. Rasanya asin banget, kencurnya kerasa. Ini mau beli lagi buat ibu di rumah”, ujar Nia, salah satu pembeli Sambal Welut yang dijumpai saat istirahat makan siang.

Menu Warung Sambal Welut Pak Shobirin berkisar antara Rp8.000 sampai Rp20.000. Saya pun memilih pesan satu porsi Nasi Sambel Welut seharga Rp20.000 dengan porsi besar dan mengenyangkan.

Tersedia aneka gorengan, sate dan kerupuk untuk menemani teman makan. Segelas es teh atau es jeruk pun siap menghilangkan dahaga, mengimbangi asin pedas Sambal Welut Pak Shobirin.

Warung Sambal Welut Pak Shobirin bukan satu-satunya warung makan yang menyediakan menu Sambal Welut di Bantul. Tetapi tidak ada salahnya mencicipi seporsi Nasi Sambal Welut sambil bercengkrama dengan pengunjung yang juga penduduk sekitar.

Terkadang, beberapa pembeli pun berasal dari luar kota yang datang untuk mencoba berbagai menu dan menikmati suasana pedesaan batas kota.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Warung Sambal Welut Pak Shobirin adalah pukul 11.00 WIB saat warung belum terlalu ramai. Datang saat jam makan siang pun tak masalah, karena semua pembeli dilayani meski harus sabar mengantre. Semua menu tersedia, namun menu andalan tentu saja Sambal Welut yang patut dicoba bagi Anda pecinta sambal.

Warung Makan Kang Shobirin
Semail, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188 (dekat Lapangan Semail)
Buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Load More Related Articles
Load More By hsnfarra
Load More In Kuliner