Home Tips 8 Tips Ini Bikin Video Travelingmu Makin Kece

8 Tips Ini Bikin Video Travelingmu Makin Kece

5 menit waktu baca
61

Bikin video pas lagi traveling? Apa ngga repot tuh, Bang? Ya, semua tergantung niat dan tujuan. Kalau memang ingin menikmati liburan penuh. Silakan berhenti baca dan siapkan keperluan pribadimu untuk traveling.

Tapi kalau kamu mau liburanmu bisa dikenang dan mungkin bisa bermanfaat buat orang disekitarmu, mari siapkan peralatan tempur (dibaca: kamera) dan simak sedikit tips membuat video traveling ala Bang Gie.

Simple Set Bang Gie
Simple Set Bang Gie

1. Video yang baik harus punya perencanaan yang baik juga.

Kamu harus sudah memikirkan bagaimana konsep dari video yang akan kamu buat nantinya. Kenapa begitu? Karena ada beragam video traveling, mulai dari dokumentasi perjalanan, video seru-seruan bareng teman, vlog traveling, liputan destinasi wisata, atau malah update instastory sampe titik-titik.

2. Konsep didapat, kamera don’t forget.

Kamera adalah elemen utama dalam tahap produksi video traveling (ya iyalah masa ya… sudahlah). Kamu ga butuh kamera super wah, cukup siapkan yang praktis. Maksudnya, kamera kamu tidak memberatkan dan mudah digunakan dengan cepat menangkap momen selama perjalanan.

Kamera kaya apa, tuh? Action cam atau mirrorless sudah cukup. Kalau kamu punya DSLR entry level atau handycam juga oke. Pakai handphone bisa ga, Bang? Bisa saja, kamera handphone sekarang sudah canggih kok.

3. Siapkan memory segudang.

Lho kok banyak banget? Yaelah canda, boi. Maksudnya siapkan memory cadangan. Amannya perbanyak stock video yang kamu ambil, jangan takut dan ragu untuk mengambil banyak gambar pokoknya. Karena semakin banyak pilihan gambar, semakin memudahkan kita dalam tahap editing. Ini penting untuk menghindari penyesalan di kemudian hari karena kekurangan stock gambar.

4. Tidak hanya pacar, baterai pun juga butuh cadangan.

Membuat video sudah pasti banyak menguras konsumsi baterai. Masa iya kamu lagi di pedalaman daerah, yang untuk menuju ke sana saja butuh naik turun gunung 5 (lima) hari, viewnya bagus pake banget tapi pas mau ngerekam ternyata baterai kameramu habis? Itulah dimana ada luka tapi tidak berdarah. Hikss..

5. Hindari guncangan yang terlalu ekstrim saat mengambil gambar.

Kalau kamu punya gimbal silahkan gunakan. Kalau “alat tempur”-mu punya OIS atau EIS silakan difungsikan. Kalau ga punya itu semua? Gunakan fitur stabilize pada aplikasi editing. Gambar dengan guncangan yang berlebihan akan sangat mengurangi keindahan video yang kamu buat.

6. Cari angle yang berbeda dan menarik.

Perbanyak lihat referensi video travel dari berbagai channel youtube agar konten yang kamu buat terlihat menarik dan tidak membosankan. Saya sendiri suka sama Adinda Thomas. Eh.. maksudnya channelnya Adinda Thomas, Barry Kusuma, Fiersa Besari, travelogy dan banyak channel kreatif lainnya seputar video traveling.

7. Edit video sesimple dan seinformatif mungkin.

Video traveling yang baik tidak hanya memperlihatkan keindahan, tetapi juga mampu menampilkan informasi dan edukasi seputar tempat yang kamu kunjungi. Misalnya, kasih penjelasan tentang rute yang harus ditempuh, tarif yang harus dikeluarkan, dan penjelasan lain yang menurutmu penonton harus tahu.

8. Satu hal penting dalam editing video traveling.

Kalau kamu menggunakan musik atau karya seni orang lain, jangan lupa cantumkan credit kepada pengkarya. Jangan hanya asal comot, semua butuh izin. Apa kamu mau video travelingmu sudah ditonton 9.861.341.987x tapi dihapus sama youtube hanya karena kamu melanggar peraturan yang ada? Huhuhu. Lagi-lagi luka tapi tidak berdarah.

Sekian 8 (delapan) tips dari Bang Gie yang bakal bikin video travelingmu makin kece. Berikut salah satu contoh video dari Bang Gie. Semoga bermanfaat.

Muat Lagi Dari Ghifari Albar
Muat Lebih Banyak Di Tips