7 Kuliner Yang Wajib Kamu Coba Di Pameran Sekaten 2019

9 min read
0
47

genpijogja.com – Kamu sudah datang ke pameran Sekaten Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat 2019, belum? Yuk, segera mampir. Banyak pementasan seni serta prosesi kebudayaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang bisa kamu nikmati.

Untuk menyemarakkan Sekaten, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menyelenggarakan pameran Sekaten dari tanggal 1 hingga 9 November 2019. Tema pameran Sekaten yang tahun ini diangkat adalah “Sri Sultan Hamengku Buwono I: Menghadang Gelombang, Menantang Zaman”.

Tidak hanya mengadakan pameran tematik, jika tahun sebelumnya Sekaten identik dengan pasar malam dan jajanan kuliner kekinian. Tahun ini, perayaan Sekaten lebih mengedepankan budaya dan tradisi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

7 Kuliner Wajib Coba Di Pameran Sekaten 2019
7 Kuliner Wajib Coba Di Pameran Sekaten 2019

Ada banyak hal yang bisa dinikmati dalam perayaan Sekaten 2019. Salah satunya adalah sajian kuliner tradisional dan produk UMKM lokal. Stand kuliner dan UMKM lokal ini berada di depan Bangsal Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kali ini Genpi Jogja akan membahas kuliner dan produk UMKM lokal yang wajib kamu coba di pameran Sekaten 2019.

1. Jenang

Jenang selalu ada di setiap upacara masyarakat Jawa. Hal ini karena jenang menjadi simbol doa, harapan, persatuan serta semangat masyarakat. Jenang biasanya berbahan baku tepung beras, tepung ketan atau tepung garut.

Pada Sekaten kali ini ada berbagai macam jenang yang bisa dicoba. Diantaranya jenang gula merah, jenang kacang ijo, jenang ketan hitam, jenang pandan, jenang mutiara, jenang sumsum, jenang ngangrang, jenang  grendul serta gempol.

7 Kuliner Wajib Coba Di Pameran Sekaten 2019
7 Kuliner Wajib Coba Di Pameran Sekaten 2019

Jenang-jenang tersebut tidak hanya memiliki tampilan yang berbeda tapi juga memiliki keunikan rasa tersendiri di setiap jenisnya. Seperti gempol misalnya, gempol terbuat dari tepung beras yang digiling, dikukus lalu diberi kuah gula jawa dan santan. Rasanya gurih dan manis berpadu di lidah. Satu porsi jenang seharga Rp10.000. Kamu bisa memilih hingga maksimal 4 variant rasa dalam 1 porsi.

2. Cenggereng

Cenggereng merupakan makanan khas dari daerah Panggang, Gunungkidul. Komposisinya terdiri dari nasi putih, lauk oseng tempe serta sayur rambak.

Bagi kamu pecinta makanan pedas, cenggereng sangat direkomendasikan untuk kamu coba cicipi. Rasanya nendang! Cenggereng disajikan dalam tampilan yang sangat menggoda, dibungkus daun klaras (daun pisang kering), kuliner ini layak kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk 1 porsinya kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000.

3. Beraneka Bothok

Konon bothok telah dikenal masyarakat Jawa semenjak Mataram Kuno. Keahlian membuat makanan yang berbahan dasar parutan kelapa dicampur petai china. Umumnya bothok dibungkus daun pisang, sehingga saat dikukus akan menimbulkan aroma yang menggugah selera.

Yang menarik, Bothok yang tersedia di pameran Sekaten 2019 terdiri dari berbagai macam variasi. Mulai dari Bothok Kecombrang, Udang Kali, Terlur Asin, hingga bothok pedas yang berisi cabe. Dijamin bikin kamu ketagihan!

4. Sego Gurih

Kalau kamu mau tahu, apa sih kuliner paling khas dari tradisi masyarakat Jawa. Ini jawabannya, sego gurih. Hampir setiap prosesi budaya Jawa menggunakan menu kuliner ini.

Sego gurih tidak bisa disajikan begitu saja. Ada menu-menu tambahan yang dijadikan pelengkap pada sajiannya. Diantaranya adalah kering tempe, irisan telur dadar, suwir ingkung, kacang, kedelai hitam goreng dan lalapan berupa kubis dan cabai. Rasanya tidak kalah dengan masakan chef restoran.

5. Sego  Boran

Sego boran sebenarnya makanan tradisional khas Lamongan, Jawa Timur. Kata boranan merujuk pada tempat nasi terbuat dari anyaman bambu yang di gendong dengan selendang pada punggung, Nasi boranan belum banyak dikenal di luar Lamongan karena memang hanya dijual di Lamongan.

7 Kuliner Wajib Coba Di Pameran Sekaten 2019
7 Kuliner Wajib Coba Di Pameran Sekaten 2019

Nasi boranan, terdiri dari nasi, bumbu, lauk, rempeyek (sejenis kerupuk dengan bahan baku tepung beras yang dibumbui dan digoreng). Yang khas dari nasi boranan adalah bumbu rempah-rempah yang sudah dihaluskan, variasi lauk, diantaranya daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe, empuk, pletuk hingga ikan sili.

Empuk terbuat dari tepung terigu yang dibumbui, Pletuk terbuat dari nasi yang dikeringkan atau kacang, lalu dibumbui dan digoreng. Namanya diambil dari bunyi yang ditimbulkan saat makanan ini dikunyah, ‘pletuk, pletuk’.

Lauk ikan sili ini yang tak bisa ditemui setiap saat, karena termasuk ikan musiman. Ikan sili dulu lebih dikenal sebagai ikan hias, harganya lebih mahal dibanding daging ayam. Bentuk ikan ini panjang seperti belut, tidak kentara mana bagian kepala atau ekornya. Durinya pun hanya ada di bagian tengah. Penasaran, kan?

6. Wedang Bajigur

Apa yang terlintas dalam pikiranmu tentang kata “Bajigur”, eit…ini nama kuliner ya. Wedang bajigur adalah jenis minuman yang terbuat dari rempah-rempah. Minuman ini sangat cocok diminum saat udara dingin, namun bisa juga disajikan dengan es. Rasa jahe dan cengkeh yang terdapat pada kuah minuman ini menjadikannya begitu nikmat. Untuk campuran isiannya biasa diberi kolang-kaling, roti dan irisan kelapa muda. Satu porsinya Rp10.000.

7. Es Limun

Mendengar kata limun membuat saya bernostalgia dengan masa lalu. Limun merupakan minuman yang sangat populer di era 90-an. Limun hampir mirip dengan minuman bersoda dengan kandungan karbonat di dalamnya yang lebih rendah daripada minuman bersoda yang umum di jual. Minuman ini biasa disajikan dalam kondisi dingin.

Ada berbagai rasa yang dapat kamu temui di warung UMKM Pameran Sekaten 2019 ini. Hanya dengan Rp10.000 saja, kamu dapat menikmati kesegaran es limun yang melegenda.

Itulah 7 (tujuh) kuliner dan produk UMKM yang wajib kamu coba saat bertandang ke Pameran Sekaten 2019. Pedagang akan siap melayani mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Meski begitu, saran saya datanglah lebih awal ke Pameran Sekaten 2019 agar tidak kehabisan menu-menu di atas. Selamat mencoba.

Load More Related Articles
Load More By Dody Hendro W
Load More In Kuliner