6 Tips Penting Sebelum Mengerjakan Foto Dokumenter

7 min read
8
114

genpijogja.c0m – Pada dasarnya foto dokumenter merupakan kumpulan rekaman realita yang terjadi di sekitar kita. Dalam Documentary Photography Time Life Library of Photography dijelaskan bahwa foto dokumenter adalah gambaran dunia nyata yang disampaikan melalui media fotografi, sehingga mudah di pahami oleh pembaca.

Awal kemunculan foto dokumenter tidak lepas dari peran fotografer Jacob Riis. Jacob seorang jurnalis yang senang memotret kehidupan perkotaan hingga menghasilkan buku How the Other Half Lives dan The Childern of the Slums.

Foto-foto dari Jacob Riis banyak menginspirasi fotografer lain dalam membuat projek foto dokumenter dengan mengangkat kisah kemiskinan, tempat kumuh, penderitaan, hingga kehidupan sosial nan eksotis.

Dalam pengerjaannya, foto dokumenter tidak terikat oleh tenggat waktu publikasi. Dengan demikian seorang fotografer dokumenter dapat mengatur kapan projek tersebut akan selesai dan dipublikasikan.

Biasanya fotografer dokumenter akan mengerjakan projeknya semenarik mungkin dengan membuat sebuah deskripsi ataupun narasi hingga proses editorial. Sehingga sebuah projek foto dokumenter terlihat menarik tanpa menghilangkan objektivitas dalam realita yang ada pada topik pembahasannya.

Dengan penjelasan di atas, tim dari Genpi Jogja akan membagikan 6 (enam) tips yang perlu kamu tahu sebelum mengerjakan foto dokumenter. Check it out!

1. Memilih Topik

Pilih topik foto dokumenter yang berada di sekitar kita. Kita bisa memulai dengan mendokumentasikan kehidupan di keluarga kita. Topik ini merupakan sebuah modal, sehingga kita lebih fokus untuk mengerjakan project foto dokumenter.

Topik pembahasan foto dokumenter bisa diperoleh dari mana saja, seperti dari jalan dan fenomena sosial, dari tingkah laku orang sekitar kita. Ide cerita foto dokumenter juga bisa dari pengalaman pribadi. Beberapa fotografer membuat foto dokumenter tentang ibu mereka yang menderita Alzheimer, saudara mereka yang kecanduan alkohol dan lain-lain.

Tips Mengerjakan Foto Dokumenter
Pilih Topik Sebelum Mengerjakan Foto Dokumenter | Foto milik Zakaria Saputra

2. Riset

Riset atau pencarian data untuk foto dokumenter adalah kunci keberhasilan. Salah satu hal yang membuat para fotografer ternama menghasilkan banyak foto dengan cerita yang kuat adalah mereka melakukan riset secara mendalam. Tanpa bekal informasi, kita akan kehabisan energi, waktu dan biaya menyelesaikan foto dokumenter.

Riset sangat penting untuk memahami topik yang kita pilih dan bagaimana kita akan mengerjakan foto dokumenter. Dalam riset, kumpulkan sebanyak mungkin informasi menggunakan metode 5W+1H (Apa, Siapa, Di mana, Mengapa, Kapan dan Bagaimana?).

Tips Mengerjakan Foto Dokumenter
Riset Sebelum Mengerjakan Foto Dokumenter | Foto milik Zakaria Saputra

3. Persiapan

Suatu projek foto dokumenter berjalan lancar dapat dilihat dari kesiapan fotografer dalam pengerjaan foto dokumenter. Persiapan itu meliputi peralatan apa saja yang akan digunakan untuk mengerjakan projek foto dokumenter. Tak perlu berkecil hati jika kita tidak mempunyai peralatan yang memadai. Ada banyak penyewaan peralatan kamera untuk menunjang pengerjaan projek foto dokumenter kita.

4. Memotret

Potret sebanyak mungkin tentang tema foto dokumenter yang dipilih dan jangan terburu-buru menghapus foto. Seringkali untuk menghubungkan foto satu dan yang lain diperlukan foto penghubung dan bisa saja yang Anda perlukan adalah foto yang semula tidak kita anggap penting bagi project foto dokumenter. Atau, bisa saja tema yang kita pilih akan menjadi lebih kuat apabila menggunakan foto tersebut.

5. Editing

Setelah materi foto terkumpul, tahap pengerjaan foto dokumenter berikutnya adalah editing. Di tahap ini bukan berarti pemotretan telah selesai. Ada kalanya foto tambahan atau terdapat foto yang hasilnya tidak sesuai ekspektasi sehingga harus di ulang pemotretannya.

Editing adalah melakukan seleksi pada foto-foto untuk disusun menjadi satu kesatuan. Saat editing, pilih foto dan tulisan yang dapat mendeskripsikan tema foto dokumenter yang kita pilih. Pastikan kita fokus dan konsisten pada tema yang telah dipilih.

6 Tips Penting Sebelum Mengerjakan Foto Dokumenter
Editing Sebelum Mengerjakan Foto Dokumenter | Foto milik Zakaria Saputra

6. Teks

Sebuah foto akan memiliki nilai penting karena merekam informasi di dalamnya. Di sana pentingnya teks untuk melengkapi foto yaitu memberi konteks pada foto dokumenter tersebut.

Narasi yang tepat akan membuat sebuah foto tidak saja mempesona untuk dilihat, akan tetapi mampu menyampaikan emosi yang kuat terhadap yang melihat. Bahkan kisah paling sederhana pun bisa fenomenal dalam serangkaian foto.

Nah, bagaimana dengan 6 (enam) tips sederhana di atas? Jika Anda bisa melakukan dengan konsisten, dijamin Anda akan menghasilkan foto dokumenter yang menakjubkan.

Load More Related Articles
Load More By Zakaria Saputra
Load More In Tips Fotografi