5 Langkah Mudah Desain Majalah Bermodal Handphone

7 min read
0
34

genpijogja.com – Sering ga sih merasa, kamu harus membuat report kegiatan tapi gitu-gitu ajah? Kalau report-nya buat dosen di kampus sih, wajar lah ya, semua report isinya kata-kata doank. Tapi gimana kalau report-nya buat klien? Kudu kreative lah ya, biar kamu ga tergerus persaingan bisnis konten kreator.

Desain magazine adalah cara tepat untuk mengumpulkan berita menjadi satu laporan berkala yang dapat dibaca dengan mudah oleh pembaca. Pastikan report Anda benar-benar dibaca dengan mendesainnya secantik dan semenarik mungkin, tentunya juga mudah dibaca.

Dengan desain yang menarik, tentunya report kamu bisa mendapatkan perhatian dari klien. Ya, donk. Mubazir kan, kamu susah-susah bikin report, tapi ga dibaca sama klien.

Ini penting banget, mengingat minat literasi masyarakat Indonesia di nomor urut 61 diantara 62 negara. Kebayang ga sih gimana susahnya membuat mereka tahu dan paham karya kamu, padahal mereka malas baca report dari kamu.

Buat ngakalinnya, berarti desain unik dan menarik, punya komposisi penting dalam menyajikan data-data penting kamu. Nah, kali ini Genpi Jogja akan mengulas cara membuat desain secara online dengan gratis biar report kegiatan kamu menjadi lebih menarik layaknya majalah cetak.

Kamu bisa mengandalkan aplikasi Canva untuk menelusuri template desain online secara profesional, lalu memodifikasi sesuai seleramu. Canva memberikan alat bantu desain praktis dengan berbagai elemen desain seperti gambar, font dan warna. Terakhir, kamu bisa download desainmu sebagai PDF siap cetak langsung dari Canva.

Ini dia 5 (lima) langkah mudah untuk mendesain report kamu bak majalah profesional hanya bermodal handphone. Check it out!

Pertama. Unduh aplikasi Canva.

Unduh aplikasi Canva di handphone kamu. Aplikasi ini gratis dan sangat banyak menyediakan berbagai template untuk berbagai kebutuhan konten kita. Kamu bisa mendapatkan aplikasi Canva di Google Store atau Apps Store. Setelah mengunduh aplikasi Canva, kemudian install di handphone kamu.

5 Langkah Mudah Desain Majalah Bermodal Handphone
5 Langkah Mudah Desain Majalah Bermodal Handphone

Kedua. Pilih menu ‘Magazine’.

Setelah mengunduh aplikasi Canva, kemudian install di handphone kamu. Pastikan ter-install dengan benar. Buka aplikasi Canva lalu pilih menu ‘sampul majalah’. Pilih template yang kamu inginkan. Canva menyediakan berbagai jenis template, mulai dari yang klasik hingga modern.

5 Langkah Mudah Desain Majalah Bermodal Handphone
5 Langkah Mudah Desain Majalah Bermodal Handphone

Ketiga. Pilih foto yang kamu mau.

Klik gambar lalu ubah dengan foto atau gambar yang ingin kamu padu padankan dengan template tersebut. Foto kita pun bisa diposisikan semenarik mungkin agar tampilan desain menjadi jauh lebih menarik.

Tentunya foto kita akan semakin hidup ketika ada cerita di baliknya. Kamu bisa menambahkan tulisan yang menceritakan foto tersebut. Canva menyediakan berbagai jenis karakter tulisan yang beragam untuk memudahkan kamu berkreasi.

Keempat. Komposisi adalah koentji.

Atur tata letak tulisan, warna dan gambar agar pas dengan keinginanmu. Tenang, Canva menyediakan semuanya biar tampilan sampul magazine-mu semakin hidup.

Kelima. Tambahkan caption yang menarik.

Untuk tulisan feature maupun tulisan yang menggunakan paragraf dan gambar, kamu bisa menyesuaikan letak tulisan dan gambar agar lebih proporsional. Misalnya dengan menempatkan tulisan rata kiri dan gambar berada di sebelah kanan. Atau sebaliknya.

Pemilihan warna tulisan juga akan sangat berperan menjadikan headline/ judul tulisanmu menjadi lebih berkarakter. Pastikan kamu merapikan konten dengan memberi jarak di sebelah kiri dan kanan tulisan atau gambar.

5 Langkah Mudah Desain Majalah Bermodal Handphone
5 Langkah Mudah Desain Majalah Bermodal Handphone

Aplikasi Canva ini awalnya hanya dapat digunakan menggunakan laptop atau PC, akan tetapi beberapa tahun terakhir ini Canva juga menyediakan aplikasi untuk handphone. Aplikasi ini tentu memiliki kelebihan karena memudahkan kita untuk membuat magazine secara cepat.

Jika tidak puas dengan template yang ada, kamu bisa menambah jumlah template dengan berlangganan secara berbayar di aplikasi  Canva ini.

Dibandingkan dengan aplikasi lain, Canva lebih unggul dalam hal kemudahan dan kecepatan pembuatan. Yah, berdasarkan estimasi waktu dari Genpi Jogja, membuat konten magazine menggunakan aplikasi Canva hanya memakan waktu sekitar 5 sampai 7 menit. Tergantung kepada isi konten magazine tersebut. Cepat bukan?

Zaman sekarang sudah bukan saatnya lagi kamu punya konten yang tidak menarik, bukan? Canva adalah aplikasi penyelamat pembuat desain secara online, gratis pula. Kamu, kapan mau mencoba?

Baca juga artikel tentang Tips Fotografi atau tulisan menarik lainnya Prast Chandra.
Load More Related Articles
Load More By Pras Chandrawardhana
Load More In Tips Fotografi