5 Langkah Membuat Google Form Dalam 5 Menit

7 min read
0
39

genpijogja.com – Sebagai mahasiswa yang punya segudang kejeniusan untuk melakukan riset, kamu pernah ga sih merasa bingung ketika harus mencari data dari responden? Nah, gini lho, gaes. Ternyata mbah google ga cuma punya jawaban dari seribu satu pertanyaan kita, tapi mbah google juga bisa kita andalkan untuk mengumpulkan data. Ih, keren banget ga sih?

Namanya Google Form. Kalian pasti sering dengar aplikasi ini. Menurut Wikipedia, google form adalah layanan yang dapat digunakan untuk membuat formulir online. Ini aplikasi ajaib yang bertujuan mengumpulkan data. Kamu bisa bikin dalam 5 menit, bagikan lewat media sosial dan jreng! Semua data langsung masuk ke emailmu.

Buat kamu yang belum tahu cara membuat google form, nih aku buatkan 5 langkah mudah membuat google form dalam 5 menit! Cara ini bahkan lebih efektif daripada merayu gebetanmu yang cuma 5 langkah dari rumah, gaes. Beneran deh.

1. Pastikan kamu punya akun Gmail

Kalau kamu mau membuat google form, hal yang wajib kamu miliki bukan punya pacar, gaes. Tapi akun email di google alias Gmail. Buat kamu yang punya hape android, biasanya kalian sudah memiliki akun gmail. Bagaimana jika lupa? Tenang saja. Membuat akun gmail itu mudah. Kamu tinggal membuka gmail.com, mengisi data dan mendaftar akun baru.

2. Buka situs Google Form

Setelah akun gmail-mu jadi, sekarang kamu bisa langsung menuju google form. Di situ, kamu bisa langsung memilih template formulir yang ingin kamu gunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu, ya? Tenang saja, google menyediakan bermacam-macam template yang bisa kamu gunakan secara gratis. Tapi, jangan sampai karena pusing memilih template terus kamu melupakan deadline-mu ya?

5 Langkah Membuat Google Form Dalam 5 Menit
5 Langkah Membuat Google Form Dalam 5 Menit

Tidak ketinggalan, jika ingin membuat formulir dari google drive, kamu bisa menekan menu ‘New’ yang terletak di sudut kiri atas. Klik ‘More’ lalu pilih ‘Google Forms’. Semisal kamu membutuhkan data surveimu langsung masuk ke dalam spreadsheet-mu di google sheet, kamu bisa membuatnya dengan klik ‘Insert’ lalu pilih ‘Form’.

Sampai tahap ini, bagaimana? Mudah kan?

3. Membuat sebuah form

Tahukah kamu bahwa google form memiliki banyak variasi pilihan pertanyaan yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis data yang dibutuhkan? Nah, jenis-jenis pertanyaan yang bisa kamu berikan kepada respondenmu antara lain: jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda hingga kotak centang.

Dijamin kamu tidak bakalan kehabisan ide untuk membuat variasi pertanyaan. Tapi, jika kamu tidak menemukan istilah pilihan di atas, mungkin kamu harus melihat pengaturan google-mu dan memastikan kamu memilih bahasa Indonesia.

5 Langkah Membuat Google Form Dalam 5 Menit
5 Langkah Membuat Google Form Dalam 5 Menit

Tidak hanya sampai di situ, kamu juga bisa membuat respondenmu mengunggah file seperti foto maupun dokumen, seperti CV atau pun transkrip nilai kuliah. Ada juga fitur-fitur umum lain yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Seperti menambahkan gambar dan video di dalam google form milikmu.

Jika semua telah selesai, kamu tinggal menekan tombol ‘Kirim’ yang terletak di sudut atas. Jreng! Google form milikmu sudah jadi. Sekarang, kamu tinggal membagikan link google form-mu kepada para responden. Kalau kamu merasa link-mu terlalu panjang, rumit dan ruwet seperti hidupmu, jangan khawatir. Kamu bisa mencentang perpendek URL agar kamu mendapatkan link yang lebih singkat untuk dibagikan.

5 Langkah Membuat Google Form Dalam 5 Menit
5 Langkah Membuat Google Form Dalam 5 Menit

4. Pastikan responden memberi jawaban yang kamu mau

Kamu menggunakan metode survei kuantitas? Buka symbol titik tiga, nanti akan muncul pilihan: jawaban singkat, jawaban paragraf, pilihan ganda dan lain-lain. Jika kamu memilih opsi pilihan ganda, kamu bisa mengatur responden hanya boleh memilih satu jawaban saja, di antara beberapa pilihan yang kamu berikan. Namun jika kamu memilih kotak centang, responden bisa memilih lebih dari satu jawaban.

5 Langkah Membuat Google Form Dalam 5 Menit
5 Langkah Membuat Google Form Dalam 5 Menit

5. Lihat tanggapan responden

Kamu sudah membagikan link google form-mu kepada tetangga, mantan, arisan trah, teman SD-SMP-SMA bahkan ke group-group komunitas yang kamu miliki? Tentu kamu tidak ingin membiarkan hasil survei menjadi berlumut, kan?

Siapa yang ingin melihat hasil surveinya? Nah, untuk melihat hasilnya, kamu klik ‘Tanggapan’ yang ada di sebelah bagian ‘Pertanyaan’. Dengan melihat hasil survey ini, kamu bisa tahu berapa jumlah responden yang telah menjawab survei. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat versi spreadsheet-nya dengan melakukan klik pada ikon berwarna merah yang terletak di sebelah pojok kanan atas.

Bagaimana, gaes? Ternyata membuat google form mudah, praktis dan cepat ya? Lebih cepat dari pacar lima langkahmu. Selamat mencoba ya!

Baca juga artikel terkait Tips atau tulisan menarik lainnya Latifah.
Load More Related Articles
Load More By Latifah Nur Istiqomah
Load More In Tips Fotografi