Home Kuliner 5 Kuliner Kulon Progo yang Wajib Kamu Coba!

5 Kuliner Kulon Progo yang Wajib Kamu Coba!

7 min read
0
0
289

Kulon Progo merupakan salah satu dari empat kabupaten yang berada di DIY. Terletak di sisi barat, Kulon Progo berbatasan dengan kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah. Sebagai daerah perbatasan, Kulon Progo menyimpan banyak kuliner unik yang hanya bisa kita temui di daerah tersebut.

Saat ini Kulon Progo tengah gencar melakukan pengembangan potensi daerah. Terlihat nyata dengan adanya pembangunan bandara baru di Kulon Progo, New Yogyakarta Airport (NYIA). Dengan adanya bandara ini diharapkan jumlah wisatawan akan meningkat, pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata meningkat sehingga kesejahteraan warga pun juga meningkat.

Tim Web Genpi Jogja membuatkan daftar 5 kuliner Kulon Progo yang wajib kamu coba jika kamu berkunjung ke sisi barat DIY ini.

Sate Congot Pak Sabar

Sate Congot Pak Sabar

Warung sate congot Pak Sabar berdiri kokoh di tepian jalan Daendels Pantai Selatan, tepatnya di Dusun Ngelak, Jangkaran, Temon, Kulon Progo. Menu utamanya sate kambing, gulai kambing dan tongseng kambing, ada juga menu olahan daging ayam.

Satenya didominasi daging yang empuk cenderung kenyal. Dibakar dengan durasi pembakaran yang tepat sehingga saat digigit bumbunya lebih terasa di lidah. Satu porsi olahan daging kambing komplit bisa kalian nikmati hanya dengan harga Rp 33.000,- sedangkan untuk olahan ayam 1 porsinya seharga Rp 23.000,-.

Warung sate Congot Pak Sabar sudah mulai beroperasi sejak tahun 2010. Sebelum itu, kesuksesan Pak Sabar dalam usahanya tak luput dari perjuangan panjang. Pak sabar yang asli warga Jangkaran sempat menjadi driver di Arab Saudi, sementara sang istri, Tarsiyah, menjadi penjual kuliner di warung yang sekarang ini. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

Angkringan Mbak Ika Karangnongko

mbak ika 1

Dengan pemandangan monumen Nyi Ageng Serang yang disorot lampu kota, serta hiruk pikuk keramaian jalan nasional Jogja-Purworejo yang menjadi nadi transportasi antar provinsi. Angkringan mbak Ika memiliki nuansa tersendiri dibandingkan dengan angkringan-angkringan lain di Wates.

Angkringan Mbak Ika buka setiap hari meskipun hari sedang libur. Meski jam buka baru dimulai sekitar jam 19.00 WIB akan tetapi jika Anda datang sedikit lebih malam, menu angkringan akan segera habis diborong pembeli. Terutama wedang bajigur yang menjadi favorit para pelanggan.

Selain wedang bajigur adapula kupat tahu dan menu khas angkringan pada umumnya. Sate usus, bakso tusuk, sate telur puyuh, gorengan, sego kucing dan sebagainya. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

Wedang Ronde Pak Chip

pak chip 1

Setelah melewati monumen Nyi Ageng Serang, lurus menuju utara melewati perempatan Pasar Wates arah stasiun. Lapak Wedang Ronde Pak Chip berada di persimpangan jalan stasiun sebelah kiri jalan. Disana telah berjejer kursi plastik di belakang gerobaknya penuh dengan pembeli yang menunggu pesanan mereka selesai dibuat.

Pak Chip telah berjualan sejak tahun 1982 berkeliling kota Wates dan Pengasih. Namun karena sudah mulia banyak pelanggan, beliau memutuskan untuk membuka lapak gerobaknya didekat rumah sejak 1991.

Satu porsi Ronde Pak Chip biasa dijual dengan harga Rp 6.000. Dalam 1 (satu) mangkuk ronde berisi 2 biji bola ronde, kolang-kaling, roti dan kacang kupas yang disangrai. Seluruhnya dicampur dengan sirup jahe dan air panas. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

Soto Bathok Wulung

soto bathok

Selain suasana yang asik, lokasi soto Bathok Wulung berada di dekat pusat kota, yaitu di tepi jalur alternatif Jogja-Wates. Jika kamu dari arah Jogja, bisa melewati jalan alternatif Jogja-Wates via jalan Sentolo. Lokasinya berada di sekitar 400 m selatan taman Bhinangun, Kulon Progo.

Kalau kamu dari arah kota Wates (Alun-Alun Wates), kalian tinggal menuju ke arah timur arah kampus UNY Wates kemudian berbelok ke utara di simpang empat SGO. Soto Bathok Wulung berada di sebelah barat (kiri) jalan.

Soto Bathok Wulung menyajikan Soto Ayam dan Soto Sapi. Soto ayam dibanderol dengan harga Rp 5.ooo/porsi sedangkan soto sapi Rp 8.000/porsi.

Pesanan soto biasanya disajikan bersama makanan pendamping yang tak kalah nikmat, ada mendoan, tahu bacem, sate usus, sate telur puyuh dan perkedel. Khusus mendoan, dimasak dadakan sehingga masih hangat ketika disajikan bersama soto. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

Seafood di Wates

tuancrabs 1

Seafood di Wates, memang ada? Ada donk. Tuancrabs berlokasi di Komplek Kasatrian, Gunung Gempal, Giri Peni, Wates, Kulon Progo.

Kalau kalian dari arah Kota Yogyakarta, kalian bisa menemukan plakat kuning bertuliskan Tuancrabs setelah melewati Mapolres Kulon Progo. Plakat kuning bertuliskan Tuancrabs akan terlihat di sebelah kiri jalan Wates km.27. Tuancrabs buka dari jam 10.00 hingga jam 19.00 WIB setiap hari, kecuali hari Senin. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini. 

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In Kuliner