Home Tips 5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Membuat Konsep Video

5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Membuat Konsep Video

6 menit waktu baca
19

Kalian suka videografi? Kalian suka genre video yang gimana sih? Action, horor, drama atau komedi? Atau kalian bukan hanya suka menonton saja tapi juga suka membuat video.

Kalian tidak punya peralatan yang memadai? Atau malah peralatan sudah ada, tapi masih bingung harus memulai dari mana?

Tenang, kali ini gw akan sharing bagaiamana sih cara kita prepare konsep video dari pre produksi, produksi sampai menjadi satu konten yang menarik untuk dibagikan. Lets check it out!

Mulai aja dulu

Ketika ngomongin “mulai aja dulu”, hal yang pertama kali lo lakukan adalah buka mata dan pandangan lo, untuk dapat membuat konten visual kalian harus tau apa sih yang jadi keresahan lo, atau juga apa sih yang menjadi minat lo.

Nah, ketika ide itu sudah ada, catet dan tulis. Ketika ada ide lagi catet dan tulis, sampai di mana lo sudah mempunyai list ide yang di mana lo bisa memilih ide apa yang mesti lo tuangkan ke dalam konten visual.

Story telling

Ketika lo sudah menemukan satu ide, langkah selanjutnya lo harus membuat story telling. Apa itu story telling?

Bercerita atau mendongeng cara yang dilakukan untuk menyampaikan suatu cerita kepada para penyimak, baik dalam bentuk kata-kata, gambar, foto, maupun suara. Bercerita sering digunakan dalam proses belajar mengajar utamanya pada tingkat pemula atau anak-anak (sumber: Wikipedia). Simple-nya story telling itu bercerita dengan baik, dan bagaimana konten visual membawa emosi penonton.

Breakdown

Setelah membuat konten visual lo dalam bentuk tulisan, saatnya untuk membedah tulisan lo ke dalam story board.

Apa itu story board? Story board itu adalah gambaran dari cerita lo dengan berurutan sesuai alur dari cerita lo. Tenang gambarnya gak usah bagus kok, yang penting maksud dan tujuan lo bisa tersampaikan. Hal ini juga akan memudahkan aktor/aktris untuk dapat melihat gambaran apa yang harus mereka lakukan saat proses syuting, terlebih lagi buat editor untuk dapat mengerti alur dari cerita yang lo buat.

Kenapa story board sangat penting? Karena proses dari story board ini akan sangat-sangat membantu untuk mengingat langkah apa saja ketika proses produksi dilakukan, intinya sebagai panduan kalian. Tapi kadang story board yang sudah dibuat akan sedikit jauh berbeda saat ketika di lapangan, tapi sekali lagi story board dibuat agar kalian tidak keluar dari jalur yang terlalu jauh sehingga tujuan tetap sama walau improvisasi saat di lapangan.

Tekad

Nah, yang satu ini lo harus wajib punya, karna kalau lo gak ada tekad, karya apa yang mau lo buat gak akan pernah ter-realisasi. Kalau lo sudah punya tekad masalah yang datang bukan menjadi halangan lo untuk create suatu karya. Karena tekad lebih dari sebuah ide atau gear yang kalian punya.

So, bagaiamana lo meng-create tekad itu sendiri? Mulailah melihat orang lain dan terus bercerminlah. Kalau orang lain bisa, lo pasti bisa! Jangan menyerah dengan keadaan tapi keadaanlah yang menyerah dengan tekad lo.

Do it!

Ketika lo sudah bisa mempraktikan tahap 1 sampai ke 4, maka lo sudah bisa memulai create konten lo. Usahakan tetap pada lajur. Ketika lo memikirkan konsep sampai breakdown, konsep menjadi sebuah narasi yang bercerita dengan tekad lo untuk menuangkan narasi menjadi visual karya terbaik lo.

Nah, sekian tips kali ini. Sekali lagi tips di atas tidak menuntut lo harus persis sama. Ingat, cara orang bisa berbeda – beda. Namun tips di atas sepengal dari pengalaman gw, ketika akan meng-create sebuah video.

Oke deh, tetap terus stay tune di web genpijogja.com. See you!

Sedikit referensi visual buat teman-teman.

  • 5 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membuat Video Traveling

    Ngomongin masalah traveling! tidak lepas dari sebuah perjalanan, perjalanan seru, gabut, a…
Muat Lagi Dari gerryherbiyan
Muat Lebih Banyak Di Tips