5 Cara Mudah Edit Video Slow Motion Langsung di TikTok

7 min read
0
637

genpijogja.com – Sudah tahu kan aplikasi yang kini tengah digandrungi masyarakat Indonesia? Rilis pertama kali di tahun 2016 aplikasi ini sudah menarik perhatian netizen. Karena pengguna TikTok yang bisa menjadi popular dengan unggahan video TikTok. Salah-satu yang kontroversi yaitu pengguna dengan nama Bowo Apenliebe.

TikTok membawa nama Bowo Apenliebe hingga masuk stasiun tivi. Tetapi, Bowo kini dikabarkan tidak bisa menggunakan aplikasi TikTok karena wajahnya telah diblokir oleh pihak TikTok. Karena banyak yang melaporkannya, entah apa yang membuat banyak orang melaporkannya. Apakah kamu tahu penyebabnya?

Tahun 2020 ini menjadi tahun cemerlang untuk aplikasi yang berasal dari Tiongkok. Sebab sekarang para artis hingga pejabat negara membuat TikTok. Bagi penulis pribadi TikTok adalah salah satu aplikasi yang dapat menghilangkan kejenuhan dan memberikan hiburan yang gratis. Siapapun bisa membuat video pendek menggunakan TikTok. Tidak peduli apa profesinya, TikTok menjadi alat yang murah untuk mendapatkan hiburan.

Screenshot_20200227-175144

 

Bahkan lewat TikTok, lagu-lagu Indonesia bisa mendunia seperti lagu berjudul “Bagaikan Langit” milik Melly Goeslaw. Bagaikan Langit menjadi backsound yang dimainkan sederet tokoh publik dunia mulai dari aktor Terry Crews dan Howie Mandel, Juri World of Dance Derek Hough, Jennifer Lopez, Ne-Yo hingga pemain bola asal Spanyol Sergio Ramos.

Banyak hal positif yang bisa diambil dari perjalanan yang cukup panjang hingga aplikasi TikTok dapat diterima oleh seluruh kalangan. Lewat update aplikasinya, TikTok pun menyuguhkan beberapa inovasi agar penggunanya tetap kreatif, salah satunya lewat slow motion. Lewat aplikasi ini, gerakan kita bisa dilambatkan menyesuaikan alunan irama musik.

Penasaran bagaimana caranya? Kali ini, Tim Web Genpi Jogja akan menyuguhkan 5 (lima) cara mudah edit video slow motion di aplikasi TikTok.

1. Pertama. Unduh aplikasi TikTok di Playstore atau Appstore.

Jika sudah memiliki aplikasi TikTok silakan klik dan mendaftar untuk membuat akun TikTok. Untuk membuat akun TikTok bisa menggunakan nomor telepon, email, facebook, google, instagram, line dan twitter. Pilihan ini sangat memudahkan pengguna baru untuk membuat akun di TikTok. Selain itu, pilihan bahasa di aplikasi TikTok sudah menggunakan bahasa Indonesia.

Screenshot_20200227-174956

Tampilan untuk TikTok versi 9.9.6 ada 5 menu di bawah yang memiliki fungsi masing-masing. Kami jelaskan sedikit bagi pengguna baru yang ingin membuat video TikTok terkait menu Beranda, Temukan, Unggah, Kotak Masuk dan Saya.

Di menu Beranda ada fitur untuk melihat video-video yang telah diunggah oleh pengguna lainnya.

Lalu, menu Temukan adalah untuk mencari akun, tagar atau backsound musik.

Di menu dengan ikon tanda tambah berfungsi untuk menggunggah video atau membuat.

Menu kotak masuk berfungsi melihat aktivitas pengguna yang menyukai atau berkomentar di video yang sudah di unggah.

Terakhir menu Saya digunakan untuk melihat profil akun TikTok.

2. Kedua. Cara mudah membuat video slow motion di TikTok.

Sudah paham tentang menu Beranda, Temukan, Unggah, Kotak Masuk dan Saya? Nah, sekarang giliran kita membuat video slow motion. Perhatikan layar handphone, akan muncul menu dengan berbagai fitur yang beragam. Jangan bingung. Untuk merekam video, klik saja lingkaran merah. Bisa memilih durasi 15 detik atau 16 detik.

3. Ketiga. Cara masukkan musik ke video TikTok.

Sebelum kamu klik lingkaran merah, pastikan kamu memilih backsound musik di ikon Suara. Klik dan pilih musik yang kamu sukai. Jika berhasil memilih maka ikon Suara akan berubah dengan judul musik yang telah kamu pilih.

Klik lingkaran merah jika kamu sudah siap merekam tarian kamu. Pastikan hasilnya bagus. Kalau merasa gagal, tidak usah khawatir, kamu bisa lakukan berulang-ulang sampai mencapai rekaman yang kamu mau. Jika video telah selesai maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Screenshot_20200227-180247

4. Keempat. Masukkan efek Slow Motion ke video TikTok.

Sudah rekam semua gerakan kamu? Sudah pastikan dapat rekaman paling oke? Sudah siap membagikan ke banyak teman-temanmu? Sekarang giliran edit video kamu dengan gerakan slow motion agar video TikTok-mu makin kekinian.

Caranya bagaimana? Gampang. Kamu tinggal pilih menu Efek, setelah itu klik waktu/time dan pilih Gerak Lambat/Slow Motion.

Screenshot_20200227-180554

5. Kelima. Edit slow motion langsung di video TikTok.

Sudah dapatkan video TikTok yang kamu mau? Jika telah selesai, langsung saja klik Simpan dan pilih Berikutnya. Terakhir posting video slow motion di aplikasi Tiktok dengan klik Posting. Bagikan ke semua followermu dan siap-siap karyamu menjadi viral di dunia maya.

Bagaimana menurut kamu aplikasi TikTok? Mudah dan menyenangkan, kan? Sekarang kamu sudah bisa membuat video slow motion langsung di TikTok. Merasa belum maksimal? Tidak masalah, ulangi dan ikuti langkah-langkah di atas dengan seksama. Selamat mencoba.

Reporter: Monyo
Editor: Pieta Dhamayanti

Load More Related Articles
Load More By monyoku
Load More In Tips Fotografi