360 Dome Theatre, Wisata Berbasis Teknologi untuk Semua Usia

6 min read
0
50

Apa kesan pertama ketika mendengar kata Jogja?  Pasti daerah yang identik dengan wisata budaya. Benar sih, karena memang demikian adanya. Namun jangan salah, Jogja juga punya wisata unik yang berbeda dengan biasanya. Sebuah wisata edukasi dengan balutan teknologi kini hadir di Jogja, tepatnya di kabupaten Bantul.

Namanya 360 Dome Theatre, berlokasi di jalan Parangtritis Km 5,5 Komplek PYRAMID, Sewon, Bantul, DIY. Tempat ini memang hadirnya belum lama. Baru tanggal 1 Mei 2019 lalu tempat ini di buka. Namun lumayan membawa nuansa baru sebagai pilihan destinasi wisata di Jogja. Menjadi alternatif wisata edukatif selain museum,  candi,  maupun taman pintar yang sudah sejak lama ada.

Baca juga: 5 HaL Unik Desa Wisata Kampoeng Mataraman

360 Dome Theatre Jogja
360 Dome Theatre Jogja

Sebagai informasi, 360 Dome Theatre adalah wahana yang pertama ada di Jogja. Di sini, teman-teman bisa merasakan pengalaman baru menonton video di dalam bangunan berbentuk Dome atau setengah bola raksasa dengan diameter 30 meter dan tinggi 15 meter.

Dengan konsep wisata edukasi , 360 Dome Theatre berusaha menghadirkan cara baru dalam belajar mengenal alam bagi anak-anak usia sekolah maupun  keluarga. Tidak main-main, layar dari video  terpasang melingkar di dinding dome, sehingga hal ini membuat para penonton seolah bisa berinteraksi dengan video yang ada.

Lantas apa saja keistimewa 360 Dome Theatre ini? Berikut saya rangkumkan untuk Anda para pembaca:

1. Lokasi strategis

Berada di jalan utama yang menghubungkan kota Yogyakarta dengan pantai Parangtritis membuat lokasi dari 360 Dome Theathre ini mudah dicari. Kalau dari tengah kota, kita tinggal arahkan kendaraan menuju ke arah selatan, ke arah pantai Parangtritis. Lokasi 360 Dome Theatre kurang lebih 12 km berada di sisi timur jalan.

2. Cocok untuk semua usia

Film yang diputar di 360 Dome Theatre adalah film edukasi. Sehingga aman dinikmati segala usia,  termasuk anak-anak juga. Hanya saja berhubung bahasa pengantar yang disajikan bahasa Inggris, mungkin anak-anak perlu pendampingan agar paham dengan isinya.

Meskipun yang disajikan film edukatif, tapi animasi yang ditampilkan sangat menarik dengan tampilan warna-warna ceria. Secara garis besar, film-film yang diputar di 360 Dome Theatre tidak memunculkan rasa bosan, malah pengunjung justru tertarik untuk menikmatinya.

360 Dome Theatre Jogja
360 Dome Theatre Jogja

3. Memberi pengalaman baru dalam menonton film

Kalau biasanya kita melihat sajian film dalam sebuah layar datar,  di 360 Dome Theatre ini beda. Sesuai namanya,  kita akan menonton film dalam bangunan berbentuk dome. Layar dari video  terpasang melingkar di dinding dome.

Kita bisa menonton  video dengan duduk atau berbaring nyaman di atas rumput sintetis yang terhampar di lantai bangunan. Di dalam 360 Dome Theatre juga disematkan enam proyektor 16.000 lumens dan sound berkualitas tinggi yang mendukung kualitas suara dari sajian pertunjukan.

360 Dome Theatre Jogja
360 Dome Theatre Jogja

4. Banyak spot instagramable

Sesuai dengan konsep wisata kekinian, 360 Dome Theatre juga menyediakan spot-spot foto ciamik yang  memungkinkan pengunjung untuk mengabadikan momen berkunjung.

5. Tersedia kafe yang representatif

Selayaknya tempat wisata, 360 Dome Theatre dilengkapi dengan tempat makan dengan konsep food court. Banyak aneka pilihan menu yang bisa dipilih sesuai selera. Untuk masalah harga, jangan khawatir, harga makanan di food court masih terjangkau.

Aneka hidangan mulai dari mie,  seblak,  nasi goreng,  bakso jadi pilihan di food court ini.  Minumannya pun variatif dari juice buah, teh,  jeruk sampai minuman tradisional. Selepas menikmati film yang ditayangkan di 360Dome Theatre, jika merasa lapar pengunjung tidak perlu mencari-cari tempat makan di luar areal. Anda cukup nongkrong di kafe dome saja.

Jadi bagaimana, kamu tertarik menonton film bareng keluarga di 360 Dome Theatre? Gas, agendakan weekend ini kamu berpetualang ke sana.

Baca juga artikel menarik lainnya Sapti Nurul Hidayati.

Load More Related Articles
Load More By sapti nurul hidayati
Load More In Destinasi Wisata