17 Tahun Berkarya, D’Masiv Gapai Impian Rekaman di Abbey Road

6 min read
0
13

Group band D’Masiv luncurkan album ke-7 dengan tajuk ‘Live Accoustic @Abbey Rd’. Personil band yang terdiri dari Rian, Kiki, Rai, Rama dan Wahyu mengungkapkan bahwa album ini adalah pengalaman yang luar biasa.

Mimpi D’Masiv ini berawal pada tahun 2012 saat membuat cover album kedua yang bertajuk ‘Persiapan’, yang juga sangat tertarik dengan poster The Beatles yang sedang ‘nyebrang’ di zebra cross. Impian ini selalu diucapkan dalam setiap sesi Latihan di studio.

DMSV ABBEYRD ACSTC REVISI(1)


Dan benar, akhir tahun 2019, doa dan impian D’Masiv terwujud.

“Jadi sebenernya ini berawal dari mimpi-mimpi dan omongan positif yang selalu kita ucapkan setiap latihan di studio. Dari dulu pengen banget bisa manggung disana. Akhirnya tahun 2019, doa kita terjawab, D’MASIV dapat kesempatan untuk beneran manggung di London. Dan yang lebih lagi, ternyata kita bisa rekaman juga di Abbey Road Studios,” ungkap Rian, sang vokalis.

Untuk menyapa Massivers dan masyarakat Indonesia, Musica Studio dan D’MASIV gelar jumpa pers secara virtual melalui Zoom pada Senin (21/9). Acara ini menjadi sarana bincang-bincang D’MASIV dan media sekaligus menjadi ajang launching album terbarunya ini.

Tentu perjalanan dari album terbaru nya ini memiliki cerita yang menarik dan mengharukan. Perjalanan karir D’MASIV sebagai group band tidak lepas dari berbagai cerita dan perjuangan. Rayyi Kurniawan yang menjadi Bass sempat keluar dari D’MASIV. Pada 2005, Rai sempat gamang saat ayahnya melihat profesi musisi tidak terlalu menjanjikan di masa depan, namun setelah menyakinkan orangtuanya, ia Kembali bergabung dengan D’MASIV.

“Waktu itu akhir pas di masa-masa ketika gua baru lulus SMA, gua ngalamin dilema karena gua harus melanjutkan pendidikan atau tetap nge-band, Ya, tipikal orang tua saat itu ya pengen anaknya dapet Pendidikan yang lebih bagus dulu,” tutur Rai saat gelaran jumpa pers virtual, Senin 21 September 2020.

Saat sedang gamang, Rai sempat dirawat di Rumah sakit dan dikunjungi teman-teman D’MASIV. Saat vakum manggung, Rai juga sempat beberapa kali menonton D’MASIV . Saat Rai dating di panggung SMA 90, Rian mengajak Rai naik kepanggung dan main bass. “Sejak itu gua semakin yakin pingin menunjukkan ke orang pilihan yang gua pilih itu benar dan gua enggak akan salah pilih ambil profesi musisi,” cerita Rai saat virtual gathering.

Saat D’MASIV menuju London, cerita menarik juga menghiasi album ini, misalnya Kiki yang ditinggal teman-temannya, slot rekaman yang sudah penuh hingga waktu rekaman yang singkat. Menariknya saat D’MASIV rekaman di Abbey Road London, waktu yang disediakan sangat sempit, sehingga mereka harus merekam 20 lagu tanpa mengulang.

IMG_3506


“Dari 20 lagu yang kita rekam disana, akhirnya kita memutuskan untuk memasukkan 10 lagu saja di album ini,” ujar Rian. “Untuk list lagu sendiri kami pasti diskusikan dengan Bu Acin dan pihak Musica Studios. Sebenarnya kami yang mana saja oke-oke saja karena lagu-lagunya sudah banyak orang yang tahu juga,” ujar Rian.

“Album ini menjadi sejarah juga buat kita, karena semua lagunya direkam one take ok. Jadi pasti akan kerasa banget bedanya karena ada beberapa lagu yang diaransemen dengan versi live dan akustik. Kalau kalian dengar pasti ada salah-salahnya, tapi itu justru yang membuat dinamikanya jadi seru,” tambah Rama.

Sepuluh lagu hit tersebut ialah “Merindukanmu”, “Di Antara Kalian”, “Jangan Menyerah”, “Sudahi Perih Ini”, “Rindu Setengah Mati”, “Diam Tanpa Kata”, “Natural”, “Salah Paham”, “Melodi”, dan “Pernah Memiliki”.

Album bertajuk ‘Live Acoustic @Abbey Rd bisa dinikmati di seluruh portal musik digital, seperti MAxStream, Joox, Langit musik dan sebagainya, mulai tanggal 18 September 2020. Sedangkan bentuk fisik seperti vinyl, CD, dan DVD akan dirilis dalam waktu dekat. D’MASIV juga akan menyapa semua massivers dengan berbagai konser live streaming untuk mempromosikan album ini.

WhatsApp Image 2020-09-21 at 16.53.27

“Kami merilis album ini dalam rangka 17 tahun D’Masiv. Ini hadiah untuk seluruh Masivers. Terimakasih selalu setia. Semoga kalian suka dan terus dengerin lagunya,” tutup Rian yang dilanjutkan foto bareng secara virtual.

Load More Related Articles
Load More By Pras Chandrawardhana
Load More In News