10 Tips Ini Bikin Kamu Lebih Sering Jalan-Jalan

8 min read
0
36

Banyak di antara kita yang berpikir seribu kali sebelum memutuskan bepergian. “Saya tidak punya cukup uang untuk jalan-jalan”, biasanya menjadi keberatan pertama yang kita ungkapkan ketika teman mengajak bepergian. Atau, “Kebutuhan lain yang lebih penting masih banyak”

Sobat Genpi, sebenarnya mengatur budget travel itu tidak terlalu sulit lho. Sebagian besar travel writer yang sudah melakukan perjalanan keliling dunia mengaku bisa melakukannya dengan pengaturan budget ketat. Dan budget yang mereka keluarkan ternyata tidak spektakuler seperti dugaan awal.

Baca juga: Tips Aman Menginap di Bandara.

10 Tips Ini Bikin Kamu Lebih Sering Jalan-Jalan
10 Tips Ini Bikin Kamu Lebih Sering Jalan-Jalan

Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang sudah Genpi Jogja rangkum dari banyak sumber supaya kamu bisa lebih sering bepergian tanpa harus menguras habis isi tabungan kamu. Selamat mencoba ya!

1. Buat Rekening Khusus Jalan-Jalan

Ini adalah trik pertama yang harus dilakukan traveler yang ingin bepergian selama beberapa kali setahun. Saat ini hampir semua bank menyediakan fasilitas tabungan yang bisa diisi dengan langsung memotong rekening utama kamu. Kamu bisa menentukan sendiri besarnya tabungan traveling kamu setiap bulannya, Rp100.000, Rp300.000 hingga  Rp500,000. Dengan cara ini, kamu akan “dipaksa” menyisihkan uang untuk keperluan jalan-jalan.

2. Pangkas Uang Kopi Dan Cemilan

Kalau selama ini kamu suka “nongkrong” di kedai-kedai kopi sambil mengobrol dengan teman-teman, atau sekedar membeli kopi di mesin kopi, sebaiknya kebiasaan itu kamu tinggalkan untuk sementara waktu. Membeli kopi di kedai kopi di mall setidaknya menghabiskan Rp25.000-Rp50.000, sedangkan di mesin kopi mungkin hanya menghabiskan sekitar Rp8.000 untuk sekali pembelian. Kurangi konsumsi kopi kamu atau beralih dari kopi premium ke kopi hitam biasa atau bawa saja kopi dari rumah untuk kamu nikmati di kantor.

3. Belajar Memasak

Setiap orang setidaknya harus punya keahlian dasar memasak. Mengapa tidak mengasah keahlian itu untuk membantu kamu jalan-jalan lebih sering? Daripada membeli makanan di luar, kamu bisa menghemat biaya makan kamu setiap bulan dengan memasak. Nah, selisih uang yang berhasil kamu pangkas bisa langsung kamu masukkan ke tabungan traveling.

4. Kurangi Rokok

Kalau ada alasan yang bagus supaya kamu bisa berhenti merokok, inilah saatnya. Bayangkan saja, kalau pengeluaran Rp8.000 – Rp15.000 setiap hari bisa kamu pangkas, kamu sudah bisa mendapat tambahan uang cukup banyak untuk merencanakan liburan. Atau kalau kamu benar-benar tidak bisa berhenti merokok, ajak teman untuk “patungan” membeli sebungkus rokok atau batasi konsumsi rokok sebungkus untuk beberapa hari.

5. Daftar Newsletter Tentang Travel

Newsletter memang bisa membuat inbox kamu penuh, tapi mendaftar di mailing list berbagai maskapai penerbangan dan perusahaan travel adalah cara yang bagus supaya kamu bisa mendapat informasi terbaru soal promo dan diskon yang mereka adakan.

6. Apply Kartu Kredit Khusus Travel

Kartu kredit travel bisa memberikan banyak keuntungan mulai dari potongan harga besar untuk tiket pesawat, kamar hotel, lounge di bandara dan bonus-bonus lainnya. Apalagi, kalau kamu bepergian dengan teman-teman gunakan dulu kartu kredit kamu sehingga transaksi semakin banyak. Artinya, bonus dan reward poin yang kamu dapat juga semakin besar, dan itu berarti semakin banyak keuntungan yang bisa kamu nikmati.

7. Cari Pekerjaan Freelance

Kalau masih memungkinkan, kamu bisa mencari-cari pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan hanya bermodalkan komputer dan internet. Ini juga menjadi cara favorit untuk menambah bugjet liburan kalau gaji bulanan kamu di kantor sudah banyak dialokasikan untuk kebutuhan lain.

8. Dengarkan Nasehat Para Ahli Travel

Hampir semua travel writer senang membagikan pengalaman dan tips mereka. Kamu bisa mencari blog-blog pribadi mereka di internet untuk mencari tahu trik mereka melakukan begitu banyak perjalanan. Kamu juga bisa follow akun media sosial mereka untuk mendapat update terbaru setiap hari, karena terkadang penulis travel yang sudah terkenal senang membagikan hadiah untuk para followernya.

9. Aktif Ikut Berbagai Lomba

Saat ini ada begitu banyak lomba yang diadakan, entah itu lomba menulis, fotografi maupun videografi. Lomba-lomba dengan hadiah yang begitu menakjubkan. Kamu bisa mengikuti salah satu lomba sesuai skill kamu. Jika dalam 6 bulan kamu bisa memenangkan beberapa hadiah, uangnya bisa kamu tabung untuk keperluan liburan. Bisa jadi, salah satu lomba tersebut hadiahnya liburan ke destinasi impianmu. Lebih asik, kan?

10. Bangun Jejaring Komunitas

Membangun jejaring komunitas saat ini banyak dilakukan oleh anak muda agar memiliki kenalan di berbagai kota di belahan dunia. Dengan memiliki banyak kenalan di banyak kota dan negara, kamu bisa mendapatkan informasi up to date yang tidak ada di internet untuk menekan budget liburanmu semakin murah. Couchsurfing, Komunitas One Day Traveling (ODT), Komunitas Pendaki Gunung Indonesia, Backpacker Dunia, Forum Backpacker Indonesia, GenPi (Generasi Pesona Indonesia) adalah beberapa komunitas dimana kamu bisa bergabung. Siapa tahu kan bergabung dalam komunitas ini kamu tidak hanya menemukan teman, tapi juga travelmate yang cocok jadi tambatan hati.

Baca juga artikel menarik lainnya pacarkecilku.

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In Tips Traveling