10 Kuliner Yang Wajib Kamu Cicipi di Jogja

10 min read
0
228

Mengunjungi Jogja di akhir pekan maupun di waktu liburan saat ini menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh generasi milenial untuk mengatasi rasa bosan akan rutinitas sehari-hari. Jogja, sebagai destinasi wisata paling favorit bagi wisatawan domestik dianggap sebagai kota dengan paketan lengkap. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, maupun kuliner.

Semenjak kemunculan film Aruna dan Lidahnya di bulan Agustus 2018, trip-trip kuliner dengan tema tertentu makin marak di tawarkan oleh tour travel demi permintaan pasar yang kian membludak. Uniknya, makan di restoran mewah tidak lagi masuk dalam paketan trip kuliner ini.

Wisatawan mulai beralih orientasi pada rumah makan tradisional yang menyediakan taste tertentu, sensasi makan di pawon (dapur-bahasa Jawa), maupun rumah makan legendaris dengan kisah sejarah tertentu.

Kali ini, Genpi Jogja membuatkan daftar 10 kuliner yang wajib kamu cicipi jika kamu berkunjung di Jogja.

  1. Entok Slenget Kang Tanir

Entok Slenget Kang Tanir
Entok Slenget Kang Tanir

Entok Slenget Kang Tanir yang dimasak dengan konsep open kitchen pada sebuah pawon ndeso memberikan sensasi tersendiri karena kita bisa menikmati makanan sejak sebelum makanan tersebut di proses.

Beralamat di jalan raya Pakem – Turi di Kabupaten Sleman, kamu bisa menikmati seporsi Entok Slenget Kang Tanir dengan harga 25 ribu. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

2. Gudeg Kangen Bu Manto

Berlokasi di Jalan Affandi No. 15, Soropadan, Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman. Tak jauh dari perempatan lampu merah ringroad utara, Condong Catur ke selatan sedikit persis depan Masjid Ash-Shobar atau Pom Bensin kamu akan menemukan orang-orang yang berbaris mengantri.

Nah, disitulah letak gudeg yang menjadi incaran banyak orang, namanya Gudeg Kangen Bu Manto. Buka pukul 07.00 – 12.00 WIB. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

3. Mie Ayam Sendowo Pak Wiyono

Pak Wiyono beserta istrinya telah berjualan sejak tahun 1984. Mie ayam Sendowo memiliki tekstur kenyal dengan ukuran mie dan potongan ayam yang besar dan bumbu yang meresap. Bakso gorengnya tak kalah nikmat, apalagi setelah direndam dengan kuah dari mie ayam yang manis gurih khas mie ayam Wonogiri.

Seporsi mie ayam bakso goreng ini hanya di banderol Rp 8.500 saja dan segelas es teh dihargai Rp 2.500. Mie ayam Sendowo salah satu kuliner legendaris di antara mahasiswa UGM karena lokasinya yang tidak jauh dari kampus negeri pertama di negri ini. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

4. Soto Bathok Wulung

Warung Soto Bathok Wulung ini dirintis oleh Arif Rahmanto. Pria alumni SMA 1 Pengasih ini memulai bisnis kulinernya sejak tahun 2016 lalu. Suasananya yang asik, lokasinya berada di dekat pusat kota, dan di tepi jalur alternatif Jogja-Wates mejadikan warung ini tujuan pecinta kuliner karena mudah di jangkau.

Soto Ayam di banderol dengan harga Rp 5.000,-/porsi sedangkan Soto Sapi Rp 8.000,-/porsi. Pesanan soto biasanya disajikan bersama makanan pendamping yang tak kalah nikmat, ada mendoan, tahu bacem, sate usus, sate telur puyuh, dan perkedel. Khusus untuk mendoan, di masak dadakan sehingga masih hangat ketika disajikan bersama soto. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

5. Soto Tahu Kemasan

Warung Soto Tahu Kemasan berlokasi persis di Jalan Ringroad Selatan. Soto ini menjadikan tahu sebagai lauk utama di dalam sotonya. Cocok bagi para vegetarian, karena potongan daging yang sering mengisi soto digantikan dengan irisan tahu bacem yang sama nikmatnya. Selain tahu, di dalam kuah soto kamu bisa menemukan nasi, kubis, tauge dan berbagai sayuran lain yang memang biasanya ada di dalam penyajian soto.

Semangkuk soto sebagai sajian utama hanya dibandrol sebesar Rp. 9000. Harga aneka lauk tambahannya cukup bervariasi, mulai dari Rp. 3000 hingga Rp. 5000 saja. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

6. Seafood Kondang

Rumah makan Seafood Kondang telah ada lebih dari 20 tahun. Tidak heran jika rasanya sangat sedap. Terletak di utara JEC, tepatnya di Jalan Arimbi, Banguntapan, Bantul.

Kamu hanya perlu masuk kampung yang berada di utaranya, dan ambil jalan ke barat sekitar 200 meter saja. Harga makanan yang disajikan pun sangat beragam namun sangat terjangkau, yaitu mulai 14 ribu hingga 20 ribuan saja. Harga yang murah untuk seafood legendaris. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

7. Sate Kambing Pak Jogo

Warung “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo” berlokasi di Jalan Plumbon, Modalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Tidak sampai 5 menit jika kamu berjalan kaki ke arah barat dari Jogja Expo Center (JEC). Tepat di sebelah utara pohon beringin yang ada di dekat sana.

Sangat cocok buat kamu yang sedang berada di JEC dan ingin mampir ke kuliner khas Bantul yang legendaris ini. Warung “Sate Kambing & Ayam Pak Jogo” buka dari pukul 09.00 WIB dan akan tutup pada pukul 21.00 WIB. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

8. Ketoprak Kuburan

Menu ketoprak mulai gampang ditemukan di Yogyakarta. Dari beberapa tempat yang menjual makanan dengan siraman bumbu kacang tersebut, Ketoprak Kuburan adalah salah satu yang paling terkenal.

Cobalah lewat ke Jalan HOS Cokroaminoto, Wirobrajan, Yogyakarta di selatan Pasar Klitikan Kuncen. Di sana ada warung ketoprak yang beda dari lainnya karena menggunakan mobil VW kombi antik lansiran 1973. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

9. Mie Ayam Lempar Cak Uji

Mie Ayam Lempar Cak Uji
Mie Ayam Lempar Cak Uji

Sesuai namanya Mie Ayam Lempar Cak Uji identik dengan cara masak yang di lempar-lempar, tujuannya untuk meniriskan mie ayam tersebut. Cara itulah yang bikin mie ayam ini unik dan istimewa. Cak Uji telah melakukan keahlian tersebut sejak tahun 1991.

Mie Ayam Lempar Cak Uji berada di tengah kota Yogyakarta, tak jauh dari pusat kota hanya sekitar 15 menit. Lokasinya di sebelah pojokan perempatan barat traffic light jalan Taman Siswa (bagian selatan). Mie Ayam Lempar Cak Uji buka pada pukul 17.30 – 01.00 WIB. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

10. Bothok Toko Angkring

Berapa macam bothok yang pernah kamu coba? 1, 2 atau 3 macam? Kamu bakal kaget dengan yang satu ini. Toko Bothok Angkring menyediakan 28 macam bothok.

Diperkenalkan pertama kali pada Pasar Kangen 2018, sekarang Toko Bothok sudah memiliki lokasi berjualan yang tetap di Jl. Karawitan No.III, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184.

Selain menu Bothok yang khas, tetapi juga menyediakan berbagai makanan khas Jawa yaitu Gecok Menthok, aneka Lodeh, Bobor, hingga Brongkos. Untuk info lebih lengkap silakan klik di sini.

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In Kuliner