Home Destinasi Digital 10 Hal Unik Yang Kamu Harus Tahu Tentang Pasar Kakilangit

10 Hal Unik Yang Kamu Harus Tahu Tentang Pasar Kakilangit

6 menit waktu baca
86

Halo, sobat Genpi Jogja. Kalian pasti sudah tahu kan kalau Genpi Jogja punya Destinasi Digital bernama Pasar Kakilangit?

Pasar Kakilangit merupakan destinasi digital pertama milik Genpi Jogja yang berlokasi di Sendang Mangunan, Bantul. Ada banyak hal unik yang menjadi ciri khas Pasar Kakilangit. Pada penasaran kan?

Yuk, simak 10 hal unik yang kamu harus tahu tentang Pasar Kakilangit.

Gubuk Pedagang

Gubuk yang ada di Pasar Kakilangit itu terlihat cocok berada di destinasi tersebut, dengan display tradisional. Unsur uniknya itu bisa sangat terasa.

Pasar Kakilangit

Sistem pembayaran

Sistem pembayaran yang terdapat di Pasar Kakilangit menggunakan koin kayu (kreweng). Nominal yang tertera di koin kayu Pasar Kakilangit itu sesuai dengan nominal rupiah, seperti ada koin angka 5 yaitu setara dengan nilai Rp 5.000, koin angka 10 setara dengan nilai Rp 10.000.

Koin-koin tersebut dimasukkan ke dalam kantong tertera tulisan Pasar Kakilangit dengan desain gambar yang menggemaskan. Koin-koin tersebut dapat dipergunakan untuk membeli apa saja yang ada di Pasar Kakilangit, bisa membeli makanannya, minumannya, atau membeli merchandise khas Pasar Kakilangit.

Pasar Kakilangit

Rupiah ga laku!

Makanan yang ada di Pasar Kakilangit dipatok dengan harga sekitar Rp 2.000-Rp 20.000 tentu ramah di kantong. Eh iya, ada info penting, kalau ada yang membayar menggunakan uang rupiah biasa, tidak diterima loh di Pasar Kakilangit. Jadi, tukarkan dulu nilai rupiahmu dan pastikan kamu tidak kekurangan koin untuk berbelanja di Pasar Kakilangit.

Hidangan tradisional

Hidangan yang ada di Pasar Kakilangit mengandung bahan-bahan yang alami, seperti umbi-umbian, sayuran, dan hasil bumi lainnya dengan acuan resep sajian tradisional khas Kakilangit, tentunya tidak menggunakan bahan pengawet atau pemanis buatan.

Memasaknya pun ada yang masih menggunakan alat yang tradisional, seperti tungku kompor dari tanah liat, mencetak bentuk makanan dengan menggunakan alat sederhana bukan menggunakan mesin, dan masih banyak lagi.

Pasar Kakilangit

Jajanan tempo dulu

Jenis makanan yang ada di Pasar Kakilangit meliputi makanan berat dan makanan ringan. Makanan berat, seperti gudeg manggar, mides, lotek, soto, dan masih banyak lagi deh.

Makanan ringan, contohnya thiwul panggang, klepon, cemplon, lemet, masih banyak lagi deh macamnya. Mides artinya itu mie pedes dan mie itu terbuat dari singkong loh. Rasanya kenyal, ada pedesnya gitu, jadi ada paduannya itu perfect banget.

Pasar Kakilangit

Alat Penyajian

Penyajian hidangan di Pasar Kakilangit menggunakan perkakas tradisional, seperti mangkuk dari tempurung kelapa, piring dari anyaman rotan, alat makan terbuat dari bambu, serta kemasan untuk membungkus makanan terbuat dari daun pisang.

Kesenian khas Kakilangit

Kesenian khas yang ada di Pasar Kakilangit yaitu gejog lesung. Cara memainkan gejog lesung yaitu dengan memukulkan tongkat dari kayu (alu) ke badan lesung yang berbentuk perahu, sehingga menimbulkan suara yang berirama.

Gejog lesung yang ada di Pasar Kakilangit dimainkan oleh  ibu-ibu desa Kakilangit, mereka berpakaian lurik berwarna hijau. Bagi yang mau mencoba memainkan alat musik kesenian gejog lesung diperbolehkan kok dan jangan lupa mengambil gambar untuk bukti bahwa kamu pernah ke Pasar Kakilangit ya!

Pasar Kakilangit

Furniture

Kursi dari batang pohon? Dari pohon bisa disulap jadi tempat duduk, keren nggak sih? Biasanya kalian duduk di sofa empuk atau kursi plastik yang ada di kafe, di Pasar Kakilangit bisa nyobain duduk nyaman walaupun dari batang kayu.

Permainan Tradisional Anak-anak

Permainan untuk anak-anak seperti gangsing, miniatur mobil yang terbuat dari kayu, ketapel, yoyo, dan yang tentunya mainan-mainan yang senang dimainkan oleh anak-anak juga tersedia di Pasar Kakilangit. Hal itu mengantisipasi agar anak-anak yang datang ke Pasar Kakilangit tidak merasa bosan.

Merchandise

Sudah menjadi destinasi wisata masa sih tidak bisa melukiskan kenangan bagi para pengunjung? Yup, Pasar Kakilangit juga mempunyai berbagai merchandise dan minuman instan yang dapat dibawa pulang atau untuk oleh-oleh keluarga di rumah, dijual dengan harga ramah di kantong.

Merchandise itu meliputi payung dan tas khas Pasar Kakilangit. Oleh-oleh berbentuk instan memudahkan penyimpanan dan lama waktu daluarsanya, ada wedang uwuh celup, secang saset, serta ada diskon diskon yang selalu datang loh. Makanya simak terus info ter-update Pasar Kakilangit ya.

Muat Lagi Dari Latifah Nur Istiqomah
Muat Lebih Banyak Di Destinasi Digital